3 Masalah Utama Bisnis Kost

0
317

3 Masalah Utama yang Sering Terjadi dalam Bisnis Kost

Sejak dulu, properti merupakan bidang usaha yang paling digemari. Selain prospeknya cerah, bisnis ini juga dikenal mampu menghasilkan keuntungan yang lumayan dengan biaya dan modal minimal. Ini karena hunian merupakan kebutuhan pokok manusia selain sandang dan pangan.

Salah satu jenis properti yang paling banyak dijadikan lahan bisnis adalah bisnis kos-kosan. Kost biasanya disewakan untuk pelajar, mahasiswa, atau karyawan, sehingga investasi properti jenis ini lebih umum ditemukan di dekat kampus, sekolah, atau area industri dan perkantoran.

Meski menjadi sumber passive income, bisnis properti semacam ini tentu memiliki risiko yang tidak boleh diabaikan. Bisnis properti kos ini memang sangat menguntungkan. Namun apabila Anda tidak tahu ilmunya dan hanya asal-asalan berinvestasi, maka bukannya mendapat untung, Anda hanya akan mengalami kerugian yang tentunya jumlahnya akan sangat banyak. Nah, Anda yang tertarik untuk menjalankan usaha di bidang ini, ada baiknya kenali dulu masalah-masalah dalam bisnis kost yang paling umum terjadi.

  1. Tunggakan Sewa Kost

Tidak semua penyewa disiplin dalam melunasi tagihan. Tunggakan dalam pembayaran uang sewa kost merupakan masalah yang paling sering dialami setiap pemilik usaha ini. Sebagai pengelola, Anda tentu berhak menerapkan aturan dan kebijakan mengenai waktu pembayaran uang kost. Namun, tetap pastikan bahwa hal tersebut tidak merugikan Anda dan penyewa. Ketahui dan carilah ilmu mengenai tips dan trik khusus yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan masalah tunggakan sewa. Karena jika ada tunggakan sewa tak terbayarkan, Anda bukannya untung tapi malah akan rugi dalam bisnis kost ini.

  1. Faktor Kenyamanan Penghuni

Meski terkesan remeh dan tidak penting, namun kenyamanan penghuni atau penyewa kost wajib menjadi perhatian utama Anda sebagai pemilik kost. Kost yang nyaman adalah yang bersih, tenang, aliran listrik dan air bersih lancar, serta privasi terjaga. Anda harus memastikan semua hal tersebut bisa dinikmati oleh penyewa kost. Sebab jika ada masalah dan dibiarkan berlarut-larut, lama-kelamaan bisnis Anda akan tutup buku. Tidak ada orang yang mau tempat tinggal yang mereka sewa kotor, berisik, banyak masalah kebocoran, apalagi tidak ada keamanan.

  1. Manajemen Kost yang Buruk

Kost memang jenis usaha yang “santai”, tapi bukan berarti Anda juga boleh santai dan sembarangan dalam mengelolanya. Strategisnya lokasi pun bukan jaminan kost Anda otomatis ramai disewa orang. Di sisi lain, manajemen kost yang buruk secara tidak langsung akan mengurangi minat penyewa. Lama-kelamaan, bukan tidak mungkin kost Anda akan terjadi gulung tikar.

Untuk itu diperlukan pengelolaan kost yang baik. Manajemen kost di antaranya meliputi pengelolaan dan perawatan bangunan, sistem pembayaran sewa kost, promosi, serta kegiatan operasional kost lainnya.

Tidak perlu gusar jika Anda tak punya cukup waktu dan tenaga untuk sekadar mengurus hal ini. Manfaatkan saja jasa pengelolaan kost profesional seperti BLL Management. Selain sudah berpengalaman di bidang manajemen kost, BLL Management juga terdiri dari tenaga profesional yang andal dan mumpuni.

Dengan bantuan BLL Management, Anda pun tidak perlu ikut campur apalagi pusing dalam menangani segala permasalahan yang terjadi pada investasi properti kost Anda. Tidak hanya itu, strategi marketing yang tepat dari BLL pun akan membuat kost Anda semakin ramai dilirik konsumen. Tanpa perlu banyak tenaga, investasi Anda akan menghasilkan keuntungan yang berlipat-lipat dari biasanya. Menggiurkan sekali, bukan?