fbpx
HomeBisnis KostBerbagai Tantangan Memiliki Usaha Rumah Kost

Berbagai Tantangan Memiliki Usaha Rumah Kost

Banyak orang menganggap usaha rumah kost adalah sumber uang yang mudah. Walaupun tergolong investasi properti yang mampu menghasilkan secara pasif, tantangan usahanya tidak semudah yang Anda duga.

Tanpa strategy yang baik, tantangan memiliki usaha rumah kost bisa menghambat kesuksesan Anda. Walaupun kos kosan dapat menghasilkan selama ada penyewa, bagaimana cara Anda mengembangkan pemasukan ini? Untuk membantu Anda memaksimalkan potensi usaha kos kosan, mari bahas beberapa tantangan yang harus Anda ketahui agar bisa melakukan persiapan!

Image Usaha Ditentukan Penghuni

Cara investasi properti yang menguntungkan lewat kos kosan adalah menjual image tempat tinggal yang nyaman. Tapi saat penghuni Anda suka ricuh, memiliki track record yang buruk dan sering buat masalah, tentu kos kosan Anda juga dapat turun pamornya. Pastikan dapat mendisiplinkan para penghuni dan mengatur aturan seputar hal ini.

Perlu Pengawasan Ketat

Rumah kost perlu pengawasan untuk kedisiplinan penghuni dan juga bahaya dari luar. Rumah kost bisa saja jadi tempat keluar masuk para kenalan penghuni. Jika ada kenalan penghuni yang memiliki niat buruk, yang rugi adalah pihak lain yang tinggal di kost tersebut.

Penghuni nakal juga perlu pengawasan ketat. Banyak kasus anak kost yang menggunakan kamarnya sebagai tempat pesta narkoba ataupun berhubungan tidak senonoh. Karena masalah ini bisa menghancurkan image bisnis Anda., lebih baik diawasi dengan ketat rumah kost ini.

Resiko Sosial yang Tinggi

Karena dalam rumah kost orang yang tinggal bisa berbeda – beda background, perselisihan bisa muncul. Hal ini akan mempengaruhi atmosfer tinggal di kos kosan. Banyak orang memilih keluar daripada menghadapi atmosfer sosial yang tidak nyaman. Karena itu, Anda harus mampu menengahi ataupun mencari solusi jika ada masalah yang muncul antar penghuni kost.

Maintenance   

Banyak orang menggap kos kosan bisa berjalan sendiri tanpa harus ada pekerjaan yang berat. Hal ini tentu tidak sepenuhnya benar. Sebagai pemilik kos kosan, Anda bertanggung jawab akan maintenance-nya. Walaupun penyewa adalah yang menggunakan, mereka sudah membayar uang untuk bisa tinggal di situ. Andalah yang bertanggung jawab menjaga semua perangkat yang ditawarkan bekerja baik.

Hal seperti Wi-Fi, lampu dan juga tingkat kebersihan kost adalah tanggung jawab Anda. Tentu Anda dan penyewa bisa melakukan diskusi dulu seputar ini. Banyak pihak pemilik yang menyerahkan tanggung jawab maintenance pada penghuni. Tapi biasanya, hasilnya sering tidak sesuai harapan. Daripada kecewa, lebih baik tanggung jawab ini Anda hadapi sendiri.

Selama bisa menghadapi tantangan di atas, jalan sukses usaha rumah kost Anda akan terbuka. Bagi yang butuh masukan dan arahan seputar bisnis rumah kost, silahkan hubungi seminar dan workshop kami. Untuk penawaran belajar bisnis kost baik dari buku maupun seminar kami dengan contact 0878 8214 4118. Hubungi segera jika ingin peluang sukses kos kosan yang lebih baik.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?