Bisnis Kost Eksklusif

0
46
Bisnis Kost eksklusif

Bisnis properti merupakan jenis bisnis yang populer belakangan ini, karena diyakini mampu mendatangkan dalam jumlah besar dengan waktu yang cukup singkat. Salah satu jenis bisnis properti yang sangat banyak ditekuni oleh masyarakat Indonesia yaitu bisnis kos-kosan. Mulai dari bisnis kos biasa hingga bisnis kost eksklusif, ranah usaha rumah kos sudah menjamur di negara kita.

Persaingan di bidang bisnis kost premium atau eksklusif pun juga cukup tinggi, bahkan jenis kost yang agak mewah mampu menyaingi bisnis sewa apartemen. Tentu saja bisnis kost premium ini cukup menguntungkan karena biaya sewanya tidak akan semahal biaya sewa apartemen. Untuk mengetahui tips mendirikan bisnis kost eksklusif yang berdaya saing tinggi, pastikan untuk membaca artikel kami selengkapnya.

Tips Mendirikan Bisnis Kost Eksklusif yang Berdaya Saing Tinggi

Kebanyakan target pasar dari bisnis kost yaitu para penyewa yang membutuhkan hunian dengan biaya sewa terjangkau. Akan tetapi bisnis kost premium atau eksklusif belakangan ini juga semakin populer, karena kaum millenial menginginkan tempat tinggal yang lebih layak walaupun harga sewa lebih tinggi.

Bagi para pemilik kost yang ingin mendirikan kost yang cukup eksklusif, hendaknya memiliki strategi bisnis kos-kosan yang mumpuni. Berikut ini berbagai tips mendirikan bisnis kost eksklusif yang berdaya saing tinggi :

1. Siapkan budget untuk mendirikan kost

Budget yang diperlukan untuk mendirikan kost dengan kualitas sangat baik pada umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan kost biasa. Perhitungkan budget untuk mempersiapkan bahan-bahan pembuatan kost agar nantinya tidak pembangunan kost tidak terhambat. Anda bisa mencari modal awal untuk membuat kost melalui berbagai cara, contohnya yaitu dari modal pribadi maupun dengan bantuan dari lembaga keuangan.

2. Pilih lokasi kost yang strategis

Berikutnya, pastikan untuk memilih lokasi kost yang strategis. Pastikan kost yang ingin Anda buat dekat dengan berbagai fasilitas umum. Contohnya seperti rumah sakit, kantor, pabrik, dan lain sebagainya. Kost yang eksklusif hendaknya ditempatkan sangat dekat dengan lokasi fasilitas umum agar nantinya penyewa kost tidak merasa susah ketika ingin berkegiatan.

3. Berikan kenyamanan ekstra

Selanjutnya, pastikan para penyewa kost yang menyewa kost Anda mendapatkan kenyamanan yang lebih ekstra. Biasanya pemilik kost menyediakan berbagai perabotan tambahan di dalam kamar kost agar membuat para penyewa merasa betah. Selain itu, selalu jaga keamanan dan kenyamanan kamar kost di tempat Anda sehingga nantinya penyewa kost tidak beralih ke kost eksklusif lainnya.

4. Perhitungkan masalah harga

Berikutnya, perhitungkan masalah harga dari kost yang disewakan agar nantinya tidak kalah saing dengan rumah kost lain. Pastikan harga yang Anda tetapkan tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah, serta sudah meng-cover berbagai biaya lainnya. Dalam kata lain, buatlah rentang harga sewa kost agar bisa cepat balik modal.

5. Berikan service terbaik untuk para penyewa

Salah satu strategi bisnis rumah kost yang harus Anda terapkan yaitu dengan memberikan service terbaik untuk para penyewa. Contohnya, dengan memberikan kenyamanan pada para penyewa dengan cara bersikap baik pada mereka. Selain itu, jika ada keterlambatan pembayaran kost, pastikan untuk menagih biaya pembayaran dengan sikap yang sopan pula.

6. Maksimalkan proses promosi

Yang terakhir, usahakan untuk selalu memaksimalkan proses promosi. Sebuah kost yang benar-benar baik kualitasnya namun jarang dipromosikan tentu saja bisa kalah saing dengan rumah kost milik orang lain. Anda bisa mempromosikan kost melalui media sosial atau website di internet agar nantinya penyewa bisa lebih mudah mengetahui informasi yang diberikan.

Bisnis Kost Ekslusif

Tips design kamar kost

Itulah berbagai hal yang perlu Anda terapkan ketika Anda ingin berbisnis investasi kos-kosan yang ranahnya yaitu kost eksklusif. Pastikan untuk menerapkan berbagai saran yang telah kami berikan di atas, ya! Semoga berhasil.