fbpx
HomePersiapan PensiunPersiapan Masa Pensiun PNS

Persiapan Masa Pensiun PNS

Setiap orang memiliki peluang besar untuk mengalami pensiun. Namun berdasarkan gaya hidup dari orang tersebut, masa PNS bisa dijalani dengan mudah atau susah. Jika Anda ingin masa tersebut berjalan dengan baik, lakukan persiapan di masa pensiun untuk PNS sejak sekarang.

Persiapan masa pensiun PNS

Persiapan di masa pensiun untuk PNS bisa dilakukan dengan membuka bisnis sejak dini. Mengapa? Karena bisnis adalah usaha yang bisa mendatangkan keuntungan dengan jumlah besar. Namun jenis bisnis yang dipilih pun harus tepat, karena ada jenis bisnis yang bisa mendatangkan penghasilan pasif. Ada juga yang tidak.

Mengapa Harus Fokus Pada Penghasilan Pasif?

Ketika mengalami pensiun, Anda memiliki fisik yang tak lagi kuat untuk diajak bekerja. Sehingga nantinya tubuh tidak lagi kuat untuk digunakan menjalani bisnis yang memerlukan kerja fisik cukup berat. Jadi, ketika Anda ingin menjalani pensiun dengan baik pastikan untuk menjalani bisnis yang termasuk sumber penghasilan pasif.

Memang ada sebagian orang yang berkeinginan untuk tetap bekerja hingga akhir, walaupun sudah menjalani pensiun. Akhirnya, jenis orang seperti ini memilih untuk menjalankan bisnis dengan sumber penghasilan aktif. Contohnya : berdagang produk tekstil maupun makanan. Akan tetapi orang tersebut tidak selamanya memiliki fisik yang kuat.

Inilah sebabnya, Anda disarankan untuk memiliki sumber penghasilan pasif yang matang untuk menunjang hari tua. Sehingga nantinya Anda tidak perlu lagi bekerja untuk menghasilkan penghasilan aktif dan bergantung hanya dari sumber tersebut. Karena yang perlu kita tahu, penghasilan dari berbisnis bisa naik dan bisa turun.

Jika Anda tidak menyiapkan dana darurat dari sumber penghasilan pasif, nantinya Anda akan kelabakan sendiri ketika menjalani masa pensiun. Anda juga tidak perlu panik jika di masa depan ternyata ada kebutuhan dana mendadak berukuran besar yang harus dipenuhi sesegera mungkin.

Menjalani Bisnis Properti untuk Persiapan Masa Pensiun

persiapan masa pensiun

Bisnis properti belakangan ini begitu diminati. Jenis bisnis yang satu ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk persiapan masa pensiun dengan sangat baik. Properti yang dijadikan objek bisnis ini berupa properti tempat tinggal / hunian, properti kos, apartemen, ruko, dan lain sebagainya.

Bisnis ini bisa dilakukan dengan cara menjual atau membeli properti, serta menyewakan properti tersebut pada orang lain. Sehingga nantinya properti tersebut bisa mendatangkan keuntungan bagi para pemiliknya. Tentunya keuntungan didapatkan dari margin harga jual – beli atau akumulasi dari harga sewa properti tersebut.

Berikut ini berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dengan berbisnis properti :

1. Modalnya bisa sedikit

Banyak orang memandang bahwa ketika menjalani bisnis properti, modal yang harus dipersiapkan berjumlah banyak. Padahal tidak semua bisnis properti harus dijalankan dengan modal awal begitu besar.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal yang sedikit.  Caranya yaitu menabung sejak dini, atau dengan mulai menawarkan properti milik orang lain pada klien. Nantinya, keuntungan tersebut bisa ditabung agar bisa dijadikan modal membangun / membeli properti.

2. Punya prospek yang sangat baik

Selain itu, keuntungan dari bisnis properti yaitu prospeknya yang sangat baik. Bisnis properti memiliki nilai keuntungan yang bisa meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan bisnis ini berpotensi mendatangkan keuntungan marginal yang besar tiap waktunya.

Sehingga banyak orang mengatakan jika bisnis properti merupakan jenis bisnis yang bisa dijadikan investasi masa depan. Hal ini dikarenakan bisnis ini memiliki nilai yang terus berlipat ganda jika disimpan dalam waktu yang lama.

3. Pengelolaan tak terlalu rumit

Pelaku bisnis properti harus mengelola aset yang mereka miliki dengan proses pengelolaan tidak terlalu rumit. Sehingga bisnis properti yang dimiliki bisa dijalankan dengan baik setiap waktu.

Selain itu, ketika akan menjual atau membeli properti pada pihak lainnya, nanti Anda tidak perlu langkah yang terlalu rumit. Anda pun juga bisa menyewa agen properti untuk membantu proses finalisasi transaksi pada bisnis properti yang dijalankan.

4. Bisa mendatangkan penghasilan pasif

Berikutnya, keuntungan menjalankan bisnis properti yaitu bisa mendatangkan penghasilan secara pasif. Pelaku bisnis properti bisa mendapatkan penghasilan tetap dari uang sewa properti mereka atau keuntungan properti yang dijual.

Yang pasti, bisnis properti bisa mendatangkan penghasilan pasif, dan bisa dijadikan sumber income bagi Anda yang sedang mempersiapkan masa pensiun. Selain itu, jenis bisnis ini juga bisa dijalankan untuk mengisi waktu pensiun Anda.

Itulah beberapa keuntungan menjalankan bisnis properti ketika Anda mempersiapkan bisnis pensiun. Yang pasti, selama Anda masih sehat, bisnis properti seperti bisnis sewa rumah atau rumah kost bisa dijalankan dengan baik. Keuntungan yang didapatkan dari jenis bisnis yang satu ini, sehingga Anda tidak perlu khawatir masalah pemasukan.

Tips Sukses Berbisnis Properti untuk Persiapan di Masa Pensiun

Seperti yang Anda ketahui, masa pensiun bisa dilakukan dengan menjalani bisnis properti sejak dini. Hanya saja banyak orang yang masih belum paham terkait langkah apa saja yang harus mereka siapkan jika ingin menjalani bisnis ini. Oleh karena itu, pada artikel berikut ini kami akan memberikan tips sukses berbisnis properti untuk persiapan masa pensiun.

Berikut ini berbagai tips sukses tersebut :

1. Pelajari ilmunya secara mendalam

Ketika Anda ingin terjun ke dunia bisnis properti, Anda sedang terjun ke dunia bisnis yang sangat dalam. Jika Anda tidak menguasai ilmu dan triknya, maka Anda akan tenggelam. Anda tidak mau hal itu terjadi, bukan?

Sehingga jika Anda ingin berbisnis properti, pastikan untuk mempelajari ilmunya terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara bergabung dengan komunitas bisnis properti atau sekolah properti secara online maupun offline.

Salah satu komunitas bisnis properti yang sangat profesional dalam membimbing para peserta yaitu KSI. Anda bisa belajar langsung dari ahlinya jika bergabung dengan mentor bisnis yang satu ini.

2. Bekerjasama dengan agen

Jika Anda ingin berbisnis properti, carilah agen properti yang bisa membantu Anda menjual dan membeli produk dengan baik. Mereka akan membantu Anda memilih properti yang benar-benar prospektif dan memiliki tingkat kenaikan harga cukup tinggi.

Ketika bekerjasama dengan agen, nantinya Anda bisa mengalami kemudahan untuk menjual, membeli, atau menyewakan properti. Sehingga waktu Anda bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis tersebut agar lebih meluas.

3. Gencar mempromosikan properti

Berikutnya, tips sukses untuk berbisnis properti yaitu gencar mempromosikan properti. Baik secara online maupun offline, properti hendaknya selalu dipromosikan agar bisa menarik klien.

Contohnya, Anda bisa mempromosikan bisnis kost dengan memasang iklan di situs Papi Kost. Sesuaikan tempat pengiklanan dengan target pasar dari jenis properti yang Anda handle agar bisa lebih strategis.

Jika diperlukan, gunakan jasa pengiklanan berbayar agar Anda bisa menjangkau target pasar dengan lebih cepat. Sehingga nantinya properti yang diiklankan cepat laku terjual atau disewa.

Yang pasti, jika Anda ingin melakukan persiapan masa pensiun PNS, Anda butuh menjalani bisnis properti karena menguntungkan. Jenis bisnis ini mudah dioperasikan dan bahkan mampu mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Jadi, mari berbisnis properti sejak dini!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?