Bisnis Kost Ekslusif Pasti Menguntungkan?

0
85

Kelebihan dan Kekurangan dalam Bisnis Kost Eksklusif

Kost sangat digemari oleh sebagian masyarakat yang diharuskan tinggal jauh dari rumah mereka. Karena itu, banyak orang yang menggeluti bisnis di bidang ini. Bisnis kost eksklusif memang memiliki banyak kelebihan, namun juga terdapat kekurangan. Simak penjelasannya berikut ini.

KEKURANGAN

  1. Merekrut Pengelola Kost

Jika baru saja memulai bisnis kost eksklusif, maka akan sangat melelahkan jika Anda mengurus kost seorang diri. Apalagi jika kesibukan sangat padat, bisa-bisa kost menjadi terbengkalai. Perlu untuk merekrut pengelola kost, asisten rumah tangga, dan pengawas kost.

Memang lebih mudah jika ada banyak orang yang membantu mengurus kost. Namun, karena perekrutan tersebut, tanggungan menjadi bertambah karena membayar gaji dan memberikan komisi tambahan untuk para pengelola kost. Belum lagi jika jumlah pengelolanya yang lumayan.

2. Kurang Lancarnya Pembayaran Sewa

Tidak semua orang membayar sewa kost tepat waktu. Apalagi jika penghuninya adalah mahasiswa yang belum mampu menghasilkan uang sendiri dan masih bergantung dari kiriman orang tua atau walinya. Untuk mendisiplinkan tenggat waktu memang sulit, tapi mau tak mau harus rutin mengingatkan para penghuni kost. Jangan lupa beritahu dari awal batas pembayaran uang kos, agar penyewa sadar mengenai hal pembayaran uang kos.

KELEBIHAN

  1. Permintaan yang Tinggi terhadap Kost

Mengapa banyak orang lebih memilih kost dibanding mengontrak sebuah rumah? Selain lebih terjangkau untuk penghuni perseorangan, mungkin saja mereka hanya ingin tinggal dalam waktu yang tidak lama. Ada yang meneruskan pendidikan selanjutnya dengan masuk ke sekolah atau kampus yang jauh, ada pula yang ingin merantau dan bekerja di daerah lain. Permintaan yang tinggi ini dapat Anda manfaatkan. Saat membangun kost eksklusif pastikan Anda memenuhi fasilitas yang harus disediakan oleh kost eksklusif.

  1. Penghasilan Rutin dan Lebih Tinggi daripada Sewa Rumah

Dikarenakan sistem sewa per kamar, harga sewa kost menjadi lebih tinggi dibanding mengontrak sebuah rumah. Bagi keluarga atau beberapa orang yang tinggal bersama selama bertahun-tahun, sewa rumah memang menjadi pilihan karena pembayaran bisa dibagi rata.

Namun, jika penghuni hanya tinggal sendirian atau berdua, akan lebih mudah tinggal di sebuah kost yang kecil. Hal ini dikarenakan lingkupnya yang kecil dan perawatan ruangannya yang lebih mudah. Begitu pula harga sewa kost yang lebih terjangkau. Tak hanya itu, penghasilan yang Anda dapatkan otomatis lebih banyak dari mengontrakkan satu rumah.

  1. Manajemen yang Cenderung Mudah

Anda mungkin disulitkan dalam hal manajemen saat awal merintis bisnis ini. Tapi, setelah berjalan dan lancar, Anda akan merasakan hasil yang menggiurkan. Memang tidak semua pengelolaan diserahkan kepada pengelola kost. Tentunya Anda harus awasi bagaimana kinerja orang yang dipekerjakan. Setelah itu, Anda bisa bersantai atau mengurus pekerjaan yang lain.

  1. Membangun Relasi dengan Banyak Orang

Bisnis kost tidak harus selalu mengenai uang. Berkat bisnis ini, Anda dapat mengenal berbagai macam individu, mulai dari asalnya yang berbeda, hingga sifat-sifat mereka. Selain menjalin relasi, bahkan tak jarang Anda terbantu banyak hal yang mungkin sebelumnya tak terbayangkan. Jika bisnis kost Anda merupakan bisnis kost eksklusif, maka orang-orang yang akan Anda temui juga memiliki kondisi ekonomi yang baik pula. Anda bisa menambah relasi Anda dengan penyewa Anda juga.

Nah, sekian informasi tentang kelebihan dan kekurangan dalam bisnis kost eksklusif yang patut Anda ketahui. Dibandingkan dengan kekurangannya, bisnis kost lebih banyak keunggulannya. Apakah Anda tertarik untuk berbisnis kost eksklusif?