Bisnis Kost Kostan Tanpa Modal? Simak Ulasan dan Tipsnya Berikut

0
29

Bisnis kost kostan merupakan salah satu pilihan yang dianggap punya proses cerah di masa depan. Peningkatan jumlah kaum pelajar, mahasiswa, hingga pekerja di berbagai wilayah Indonesia turut menumbuhkan peluang bisnis ini. Bahkan, tidak sedikit yang mengawali bisnis kos kosan tanpa modal.

Wah, benarkah itu? Tentunya yang dimaksud adalah modal dalam nilai yang sering dianggap memberatkan para pemula. Untuk menjalankan bisnis, tidak mungkin kita mengawalinya tanpa modal. Yang jadi poin pentingnya adalah apakah modal itu berupa finansial atau yang lainnya. Tidak ada perkecualian.

Kita juga tidak dapat melepaskan dari konteks kondisi zaman sekarang. Apakah masih mungkin dan menghasilkan profit jika menjalankan bisnis kos kosan saat pandemi? Bukannya selama pandemi ini banyak aktivitas yang sementara dikurangi bahkan dihentikan? Faktanya, kita sedang memasuki masa New Normal. Hampir semua jenis aktivitas dibolehkan kembali termasuk kegiatan belajar di sekolah, kampus, dan bekerja. Tentu saja semuanya wajib mematuhi dan menerapkan protokol ketat.

Artinya, peluang membuka bisnis kos kosan untuk pemula tetap terbuka. Bahkan, praktik bisnis ini tidak memandang usia. Cukup banyak kok anak muda yang menjalankan bisnis ini. Wah, pasti mereka sebenarnya sudah tajir jadi tidak sulit merintis dan mengembangkan cara sukses bisnis kost. Jangan salah, justru rata-rata pebisnis muda bisa dibilang memulai dari nol.

Jika masalah yang sedang dihadapi adalah kendala modal, tidak usah menunda atau membatalkan rencana mengembangkan bisnis kos kosan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat diterapkan untuk merintis dan mengembangkan bisnis kos-kosan tanpa modal.

Peluang Menjadi Agen Pemasaran

Tidak harus memiliki bangunan kos kosan sendiri jika ingin memulai bisnis ini. Anda dapat mencoba peluang menjadi bagian dari jaringan pemasaran. Agen pemasaran bertugas melakukan praktik promosi dan pemasaran supaya sebuah bisnis kos kosan berjalan laris.

Nah, bagaimana cara menjadi agen pemasaran kos kosan ini? Anda dapat langsung menghubungi pemilik bisnis kos kemudian memperkenalkan diri sekaligus menawarkan jasa sebagai agen pemasaran. Selama bertugas sebagai agen pemasaran kos, Anda dapat mempromosikan dan menarik klien sebanyak mungkin melalui strategi bisnis yang diterapkan.

Menjadi Pengelola Harian Kos

Belum punya modal untuk membuka kos kosan sendiri tidaklah jadi halangan. Caranya hampir mirip dengan mencoba menjadi agen pemasaran. Jika Anda ingin memulai bisnis ini sebagai pengelola harian, silahkan mencari kesempatan kerja dari pemilik kos yang menyediakannya. Bisnis ini tidak melulu Anda sendiri yang mengerjakan semua urusan rumah tangga harian kos kosan tersebut. Anda dapat membentuk tim khusus yang dibagi sesuai deskripsi tugasnya masing-masing. Dengan kata lain, Anda yang melimpahkan beberapa tugas ke sejumlah orang yang dipercaya untuk mengurus kos kosan tersebut.

Memanfaatkan Rumah Sendiri

Bisnis kost kostan tidak harus pusing-pusing mencari dan membeli properti. Anda malah dapat memanfaatkan rumah sendiri apalagi jika ada beberapa kamar yang kosong. Tentunya, Anda harus menyiapkan setiap kamar sesuai standar kos kosan dan harga yang cocok. Awalnya mungkin agak terasa aneh karena Anda mesti berbagi atap dan fasilitas dengan penghuni baru. Namun dengan hak Anda sebagai pemilik bangunan, semestinya dapat mengontrol siapa saja yang akan masuk sebagai anak kos.

Tips Penting Merintis Bisnis Kosan Tanpa untuk Pemula

Salah satu pertanyaan yang kerap muncul bisnis kos kosan apakah menguntungkan? Ya dan tidak. Sama halnya dengan semua bentuk bisnis lain yang dikelola pelakunya. Artinya, Anda mesti menerapkan strategi yang tepat dengan sejumlah tips yang dapat diterapkan berikut ini.

Lokasi Strategis

Bila Anda mengamati selama ini, hampir semua bangunan kos kosan pasti terletak tidak jauh dari sekolah, kampus, atau kawasan perkantoran. Ya, karena di titik-titik itulah banyak yang membutuhkan kamar kos. Alasannya selain jaraknya dekat, biaya pun lebih terjangkau dibandingkan menyewa rumah kontrakan atau apartemen. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan baik apakah lokasi bisnis kos kosan yang akan Anda kelola itu sudah layak dan strategis?

Jumlah Unit Kamar

Sebenarnya tidak usah banyak-banyak memiliki kamar kos apalagi masih pemula. Namun, jika lokasi sudah strategis dan jelas bakal banyak orang yang berminat pada tempat Anda, niscaya seluruh unit kamar akan selalu penuh.

Misalnya Anda akan mendirikan bangunan kos, jangan lupa mempertimbangkan faktor unit kamar yang tersedia. Jumlah unit kamar juga berpengaruh pada pemasukan Anda setiap bulan atau selama setahun, tergantung bagaimana Anda menerapkan sistem pembayaran sewa kamar kos tersebut.

Kelengkapan Perabotan dan Fasilitas

Banyak orang yang mampu mengelola bisnis kos kosan modal kecil dan berkembang pesat karena ditunjang oleh kelengkapan perabotan dan fasilitas. Anda harus memikirkan apakah unit kamar itu menyediakan kamar mandi dalam atau kamar mandi luar. Selain itu, apakah ada dapur yang disediakan?

Lengkapnya perabotan dan fasilitas kos kosan akan menciptakan nilai lebih di pasaran. Orang-orang yang sedang mencari kos pastinya selalu mempertimbangkan faktor fasilitas dan harga. Kalau harganya cocok, apalagi fasilitasnya sudah dianggap cukup atau memuaskan, mereka pasti akan memilih unit kamar yang Anda sewakan.

Perluas Peluang Menanam Modal/Investasi

Sulitnya mengumpulkan modal awal usaha kos kosan sering jadi kendala yang menimbulkan masalah di kemudian hari. Bahkan, tidak sedikit pelaku bisnis ini yang mendadak putus di tengah jalan akibat kesulitan mengelola perputaran modal.

Nah, solusinya adalah dengan memperluas peluang penanaman modal atau investasi. Anda dapat mengajak teman atau anggota keluarga untuk turut membangun dan mengembangkan bisnis kos kosan tersebut. Semakin banyak partner akan menambah suntikan modal demi mengembangkan bisnis kos kosan yang sedang Anda rintis.

Promosi

Bisnis kost harian, bulanan, atau tahunan, apapun konsepnya, jangan pernah kendor melakukan promosi. Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi di zaman sekarang seperti penggunaan media sosial hingga website.

Hasil promosi sebenarnya lumayan karena tiap tahun ajaran baru pasti ada saja pelajar atau mahasiswa yang sedang mencari kos kosan. Dan jika berdekatan dengan kawasan perkantoran, niscaya akan selalu ada orang yang mencari kamar kos.

Meningkatkan Kualitas

Ingat, persaingan di bidang ini semakin ketat. Semakin banyak bisnis kos kosan yang tersebar di kota kecil hingga kota besar. Jadi, Anda sebaiknya memahami peta pasar sebelum memutuskan serius di bidang bisnis ini. Konsekuensinya adalah selalu meningkatkan kualitas. Ikuti perkembangan zaman dan relevansi kebutuhan kamar kos.

Kualitas bangunan kos kosan dan fasilitasnya juga harus diimbangi oleh attitude pemilik yang bagus. Anak-anak kos akan semakin menghargai Anda dan memudahkan kelancaran pengelolaan bisnis ini.

Penawaran belajar bisnis kost baik dari buku maupun seminar kami dengan contact 0878 8214 4118 akan membantu Anda merintis dan mengembangkannya. Bisnis kost kostan tidak akan sulit jika Anda menerapkannya secara tepat dan profesional.