5 Cara Memulai Bisnis Properti Syahriah

0
186

Ini Dia 5 Cara Mudah Memulai Bisnis Properti Syariah

Dari waktu ke waktu, bisnis properti kian digemari oleh masyarakat. Pasalnya, bidang bisnis ini memiliki prospek yang begitu menjanjikan di masa mendatang. Harga properti yang semakin tinggi membuat properti laik menjadi salah satu sumber investasi. Meskipun tak pernah lepas dari cicilan dan bunga, bisnis ini tetap akan memberikan keuntungan yang lebih besar.

Meskipun demikian, hampir semua bisnis tak lepas dari unsur riba, tak terkecuali dengan bisnis properti. Bagi pemeluk agama Islam, riba menjadi satu hal yang harus dihindari. Oleh karena itu, muncullah berbagai bisnis berbasis syariah yang mengedepankan ajaran agama Islam. Bagi Anda yang tertarik untuk menekuni bisnis ini, berikut cara mudah yang bisa dilakukan:

  • Pastikan Anda Memiliki Modal yang Cukup

Modal menjadi hal yang mutlak Anda miliki jika ingin membangun sebuah bisnis baru. Dalam bisnis properti, modal ini akan digunakan untuk menjaga kelancaran pembangunan berikut pengaturan cash flow-nya. Berhubung Anda sedang menjalankan bisnis berbasis syariah, adanya bunga tidak diperkenankan dalam proses pembayaran cicilannya, sehingga keuntungan yang akan diperoleh murni berasal dari harga jual properti.

  • Memilih Lokasi untuk Membangun Properti

Setelah memastikan modal yang Anda miliki cukup untuk membangun sebuah bisnis properti syariah, kini saatnya mencari lahan yang tepat untuk realisasinya. Saat memilih lokasi, pertimbangkan target pasar yang Anda sasar, juga kemudahan aksesnya. Jangan lupa, hindari pemilihan lahan yang dekat dengan lokasi-lokasi yang diharamkan oleh syariat Islam, seperti diskotik atau club malam.

  • Cari Konsultan atau Pengembang yang Memahami Prinsip Syariat

Selama menjalankan proses pembangunan properti, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan konsultan atau pengembang yang tentunya beragama Islam dan memiliki pemahaman terhadap dasar-dasar jual beli yang sesuai dengan syariat Islam. Adanya konsultan atau pengembang tak hanya memudahkan Anda dalam proses pembangunan properti, tetapi juga hingga segi pemasaran dan urusan jual belinya.

  • Penuhi Semua Unsur Perjanjian Syariah

Semua bisnis yang mengandung unsur jual beli selalu memiliki perjanjian. Dalam bisnis properti, surat perjanjian yang Anda buat harus memiliki poin-poin berupa spesifikasi properti, lama pengerjaan, dan waktu penyerahterimaan properti kepada pihak pembeli. Pastikan surat perjanjian yang Anda buat tidak terdapat unsur riba di dalamnya. Siapkan surat-surat ini sebelum Anda melakukan launching.

  • Siapkan Strategi Pemasaran yang Tepat

Strategi pemasaran yang tepat sasaran pasti dibutuhkan agar peluncuran bisnis properti syariah yang Anda miliki berjalan dengan lancar. Ada banyak media promosi yang bisa Anda manfaatkan, seperti laman sosial media, memasang iklan di situs properti terkemuka, atau dengan membagikan brosur.

Memang, membangun bisnis properti berbasis syariah bukanlah hal yang mudah dilakukan, tetapi bukan berarti Anda tak bisa melakukannya. Jika ingin mendapatkan lebih banyak cara sukses dalam menjalankan bisnis properti syariah, segera bergabung dengan komunitas KSI (Kost Strategi Investing) dan mengikuti berbagai workshop­-nya. Para anggota KSI akan siap membantu dalam menjalankan usaha properti Anda. Selamat mencoba!