5 Keunggulan Bisnis Properti Kost Dibanding Investasi Lainnya

0
243

5 Keunggulan dari Bisnis Properti Kost

Dewasa ini, bisnis properti kian diminati. Maklum saja, setiap tahun harga bangunan semakin melambung. Tingginya harga tanah dan mahalnya rumah siap huni membuat sejumlah orang memutuskan untuk menyewa ketimbang membeli properti. Permasalahan tersebut menjadi peluang yang bagus bagi Anda yang menginginkan penghasilan tambahan.

Jika Anda memiliki sepetak tanah atau rumah yang tak ditempati, tidak ada salahnya untuk membangun dan mengubah hunian tersebut menjadi sebuah rumah kost. Mengapa harus bisnis kost? Karena bisnis ini memiliki banyak keunggulan, di antaranya sebagai berikut.

  1. Peminat Selalu Ada

Tidak dapat dimungkiri bahwa permintaan pasar terhadap rumah kost tergolong tinggi, terutama di kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Hal ini tak lepas dari banyaknya kampus dan perkantoran yang tersebar di kawasan tersebut.

Rumah kost tidak hanya dibutuhkan oleh kalangan mahasiswa dan pekerja kantoran saja, pasangan suami istri yang belum memiliki rumah atau terkendala masalah finansial pun lebih memilih kost dibanding mengontrak rumah. Alasannya sederhana, biaya indekos relatif lebih murah, fasilitas sudah tersedia, dan tidak perlu membeli perabot rumah tangga. Pangsa pasar yang luas dan peminat yang tak ada habisnya menjadi salah satu keunggulan bisnis kost.

  1. Modal Minimal, Hasil Maksimal

Di awal memulai usaha indekos, modal menjadi salah satu kendala yang kerap dikeluhkan. Tak sedikit dana yang dibutuhkan untuk menyulap sebuah rumah menjadi tempat kost. Bahkan, Anda rela untuk menjalin kerja sama, mencari investor, hingga mengajukan kredit pada bank demi mewujudkan rumah kost idaman.

Semua kesulitan yang pernah Anda lalui di awal usaha akan berbuah manis pada waktunya. Potensi keuntungan bisnis kost sangatlah besar, melebihi modal yang dikeluarkan. Tingkat capital gain yang diperoleh dari usaha indekos tergolong tinggi ketimbang investasi properti lainnya. Tidak hanya itu saja, persentase cap rate rumah kost mencapai lebih dari 5%.

Dengan kelebihan tersebut, jangka waktu balik modal lebih cepat. Semakin tinggi capital gain dan cap rate, semakin cepat uang Anda kembali.

  1. Penghasilan Rutin

Bayangkan, betapa menyenangkan setiap bulan mendapatkan pasif income tanpa menghabiskan banyak waktu dan meninggalkan pekerjaan utama Anda. Bisnis properti kost sangat fleksibel. Selama sistem dan tenggat pembayaran jelas, uang akan mengalir setiap bulan ke kantong Anda.

  1. Mudah Dikelola

Dalam mengelola rumah kost, Anda tidak harus turun tangan secara langsung. Anda dapat menyewa orang untuk melakukan tugas rutin, seperti manajemen kost, kebersihan dan keamanan. Mengeluarkan dana tambahan, tidak ada artinya dengan waktu dan tenaga yang dapat Anda hemat.

  1. Membuka Peluang Bisnis Lain

Rumah kost bukan sekadar tempat untuk tinggal, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat usaha lain, semisal jasa fotokopi, warung kelontong, warung makan, atau laundry. Peluang untuk menghasilan tambahan dari usaha kost, tidak terbatas.

Dengan melihat banyaknya keunggulan dari bisnis properti kost di atas, tidak mengherankan jika usaha ini membuat sejumlah orang tergiur. Belum ditambah fakta bahwa investasi properti dapat diwariskan secara turun temurun pada anggota keluarga.

Anda tertarik dan ingin mempelajarinya lebih lanjut? Segera bergabung dengan KSI Community, gudangnya pebisnis kost.