Menjadikan Rumah Sebagai Property Cash Machine Yang Menguntungkan

0
8

Memiliki properti sekaligus bisa anda jadikan sebagai tempat untuk berbisnis memang sangat menguntungkan bukan? terlebih lagi membayar pajak maupun perawatan rumah lainnya memang tidaklah murah. Untuk itulah, anda diharuskan memutar otak agar arus keuangan anda tersebut tetap memutar. Salah satunya adalah dengan menjadikan rumah sebagai property cash machine.

Dengan menjadikan rumah anda sebagai cash machine tentu akan memberikan banyak keuntungan bahkan bisa anda jadikan sebagai investasi anda di masa depan. Salah satu cara menggunakan rumah anda sebagai cash machine adalah mengubahkan menjadi rumah kost untuk disewakan.

Saat ini keberadaan situs cari kost memang semakin dicari oleh masyarakat yang membutuhkan kost untuk rumah kedua mereka. Entah untuk bekerja ataupun bersekolah di tempat yang jauh dari tempat tinggal. Jangan salah! Keuntungan yang bisa anda dapatkan dari mendirikan rumah kost tersebut ternyata sangat fantastis loh.

Tentu saja anda tidak boleh melewatkan peluang untuk menjadikan rumah anda tersebut sebagai rumah kost. Tugas anda hanyalah memilih konsep rumah kost yang nyaman dan aman sehingga banyak orang yang akan menyewa kamar kost anda tersebut.

Tips dalam mengubah rumah menjadi rumah kost 

  1. Lakukan renovasi rumah anda ke dalam beberapa kamar 

Hal utama yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan renovasi rumah anda tersebut menjadi beberapa kamar. Terutama buat anda yang memiliki ruangan luas di rumah anda maka anda bisa memberikan sekat dengan dinding agar menjadi kamar.

Selain itu, jangan lupa bagian atap rumah bisa di cor dimana nantinya bisa digunakan sebagai tempat untuk berjemur pakaian. Dengan begini, maka para penyewa akan merasa nyaman ketika berada di dalamnya.

  1. Menyediakan fasilitas umum untuk rumah kost 

Tips penting lainnya yang wajib untuk anda perhatikan adalah dengan menyediakan fasilitas umum untuk rumah kost tersebut. fasilitas umum pada rumah kost yang dimaksud adalah adanya area parkir untuk menaruh kendaraan, dapur bersama, ruang tamu, ruang untuk menonton tv hingga fasilitas sebagainya.

Dengan memberikan fasilitas umum untuk penghuni kost itulah maka mereka akan semakin nyaman ketika berada didalamnya.

  1. Tentukan pasar penghuni kost tersebut 

Menjadikan rumah anda sebagai property cash machine, anda pun juga harus memperhatikan pangsa pasar seperti apakah yang akan anda bidik tersebut. apakah anda memiliki pasar pasutri, mahasiswa, karyawan ataukah anak sekolahan?

Menentukan dahulu target pasar tersebut memang sangat penting agar anda diberikan kemudahan untuk mengaplikasikan tips-tips yang lainnya. Selain itu, anda juga akan mengetahui seperti apakah anda akan mendesain kamar tersebut. dan diberikan kemudahan dalam kegiatan promosi.

  1. Memperhatikan desain dari kamar kost 

Jika tips diatas sudah anda lakukan, maka saatnya buat mengatur kamar kost yang akan anda sewakan tersebut. pemilihan desain ini sendiri bisa anda sesuaikan dengan pangsa pasar yang anda pilih tersebut.

Sebagai contohnya, apabila anda mempunyai target pangsa pasar anak kuliahan, anda bisa menambahkan beberapa properti yang dibutuhkan oleh mahasiswa seperti meja dan kursi belajar. Jangan lupa untuk memperbaiki area dinding yang rusak maupun bagian lainnya yang mengalami kerusakan.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan perabotan lainnya seperti lemari, meja, bed, ac, kursi dan kipas angin sesuai dengan jumlah kamar yang ada di dalam rumah kost tersebut.

  1. Perhatikan perizinan rumah kost 

Apabila rumah kost tersebut sudah jadi, maka jangan sampai lupa untuk memperhatikan izin rumah kost tersebut. izin tersebut ternyata sangat penting agar rumah kost yang anda dirikan tersebut bisa dianggap legal.

Untuk memperoleh imb rumah kost, maka anda bisa datang ke kantor izin mendirikan bangunan dengan membawa beberapa syarat seperti surat permohonan, surat rekomendasi dari keluarga, FC KTP, FC alas tanah, FC surat setoran pajak daerah dan yang lainnya.

Perhatikan juga pajak rumah kost tersebut. untuk pajak kos-kosan sendiri dikenakan tarif sebesar 1% dari total pendapatan yang sudah diterima oleh pemilik kost dalam satu bulan. Semua tarif pajak berkisar 5-10% dari jumlah pendapatan.

Jangan lupa mengetahui cara manajemen rumah kost 

Sudah tahu bukan bagaimana cara mengubah rumah kos-kosan tersebut menjadi cash machine? Sebagai seseorang yang akan melakukan investasi rumah kost memang sangat penting untuk mengetahui bagaimanakah cara untuk memanajemen rumah kost tersebut. hal ini bukan tanpa alasan karena manajemen yang buruk jelas akan memberikan kerugian bagi anda tersebut bukan.

  1. Jangan lupa untuk terapkan peraturan pada penghuni kost 

Hal paling utama apabila anda ingin melakukan manajemen kost adalah dengan screening atau memberikan peraturan pada penghuni rumah kost yang ada didalamnya. Ada banyak peraturan yang bisa anda berikan kepada penghuni.

Sebagai contohnya, apabila rumah kost anda tersebut memiliki  pangsa pasar para mahasiswa, maka anda bisa memberikan peraturan untuk tidak membawa teman maupun lawan jenis ke dalam kamar. Hal tersebut untuk menghindari adanya cap negatif dari masyarakat yang ada di sekitar sehingga secara tidak langsung  akan berimbas pada nama baik anda bukan?

Selain itu, sebaiknya anda juga mencari tahu seperti apakah latar belakang dari calon penghuni rumah kost. Anda pastinya tidak ingin bukan apabila penghuni rumah kost anda tersebut ternyata terlibat dalam tindakan criminal.

  1. Jangan lupa menambah biaya listrik 

Karena digunakan oleh banyak orang memang kebutuhan akan listrik pada rumah kost anda tersebut akan semakin meningkat bukan termasuk tagihan semakin membengkak ? untuk itulah, sebaiknya anda juga tidak lupa untuk adanya tambahan biaya listrik. Seperti adanya tambahan alat elektronik yang digunakan oleh para penghuni kamar kost.

Agar lebih efektif, cobalah untuk membedakan mesin listrik pada setiap kamarnya. Hal tersebut berguna agar para penghuni memiliki tanggung jawab terhadap token listrik mereka masing-masing.

  1. jangan lupa menjadi pemilik kost yang peduli dengan para penghuni

terakhir, sebagai seorang pemilik kost sebaiknya anda juga tidak lupa untuk menjadi pemilik kost yang peduli dengan para penghuni kos anda tersebut. cobalah untuk tetap menjalin hubungan yang baik termasuk komunikasi dengan mereka. Dengan begini, maka para penghuni pun semakin nyaman berada didalamnya.

Itulah beberapa cara dalam melakukan Manajemen rumah  kost pada rumah kost. Menjadikan rumah anda sebagai bisnis cash machine memang akan memberikan keuntungan. Salah satunya adalah anda akan cepat balik modal dan pendapatan anda perbulan bisa mencapai jutaan rupiah. Dibandingkan dengan usaha kavling, usaha kost-kostan ini memang akan memberikan cash flow yang lebih tinggi.

Ingin mendirikan bisnis yang menguntungkan dan mampu memenuhi kebutuhan ekonomi anda? menjadi rumah sebagai property cash machine adalah pilihan yang terbaik untuk anda karena memberikan capital gain dan capitalization rate yang cukup tinggi. demikian beberapa tips penting yang wajib untuk anda terapkan.