Cara Investasi Properti yang Menguntungkan dengan Bisnis Kost

0
13

Bagaimana cara investasi properti yang menguntungkan? Misalnya Anda punya modal yang cukup dan berpikir merintis bisnis properti, hendak dibuat apa kalau sudah dibeli? Kenapa tidak membikin kos kosan saja?

Ada beberapa alasan kenapa sebaiknya merintis bisnis properti dengan kos kosan. Simak beberapa alasannya berikut.

Selalu Dibutuhkan Orang

Alasan kenapa bisnis kos adalah investasi properti yang menguntungkan adalah kebutuhan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Kita lihat saja contohnya di Yogyakarta. Ada banyak perantau di kota ini, mulai dari pelajar hingga pekerja. Dikabarkan juga bahwa jumlah pendatang di kota ini semakin bertambah. Nah, kos kosan merupakan pilihan yang dianggap paling terjangkau dan dapat menghemat biaya para pendatang tersebut. Tidak jauh berbeda dari kota-kota lainnya. Oleh karena itu, bisnis kos kosan lebih menguntungkan karena selalu dibutuhkan.

Pengelolaan Bisa Disederhanakan

Jika Anda mengamati bagaimana cara sukses bisnis kost selama ini, salah satu kuncinya adalah pengelolaan sederhana. Anda hanya menyiapkan bangunan dan beberapa unit kamar dengan sistem pembayaran dapat diatur setiap bulan, per 3 bulan, per semester, atau tahunan. Begitu juga masalah penyediaan fasilitas yang dapat disederhanakan sesuai kebutuhan.

Timeless

Tidak ada yang namanya bisnis kos kosan itu musiman. Anda cek sendiri berapa banyak orang yang mengeluarkan modal untuk membangun usaha kos kosan. Dari penjelasan diatas pun sudah terbukti bahwa bisnis ini sifatnya timeless, tidak terikat waktu.

Memungkinkan Cepat Balik Modal

Perputaran modal bisnis ini juga cenderung memuaskan. Modal cepat berputar dan seringkali yang baru memulainya lebih cepat balik modal. Makanya itu, kalau mau menanyakan apa kiat sukses bisnis kos kosan jawabannya pasti dari manajemen pemasukan dan pengeluaran.

Nilai Jual Lebih Tinggi

Anda dapat membuktikan sendiri bahwa nilai juga properti ini cenderung lebih tinggi. Awalnya, biaya buat kos kosan adalah sekian. Namun, setahun kemudian, nilai jualnya pasti lebih tinggi. Begitu juga saat menerapkan biaya pembayaran. Yang namanya biaya sewa kos selalu naik dalam periode tertentu pasti bukan hal yang asing buat Anda, bukan?

Dari beberapa alasan diatas, sudah jelas bahwa membuka bisnis kos kosan adalah cara investasi properti yang menguntungkan. Nah, lalu bagaimana penerapannya? Simak berikut ini!

Perhatikan Faktor Lingkungan

Jangan jauh-jauh dulu memikirkan bagaimana aturan rumah kost akan diterapkan dan semacamnya. Hal pertama yang harus Anda survei adalah faktor lingkungan. Apakah lingkungan di sekitar bangunan properti itu nyaman? Lebih baik lagi jika bangunan tersebut berada di lingkungan yang asri, jauh dari polusi dan kebisingan.

Bayangkan saja, orang yang menyewa kamar kos tentunya butuh tempat beristirahat setelah hampir seharian bersekolah atau bekerja. Jadi, lingkungan yang nyaman merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis properti termasuk kos kosan. Oleh karena itu, cek dengan teliti apakah lingkungan di properti tersebut benar-benar memuaskan.

Biaya Wajib Pajak

Bisnis dengan investasi rumah kost juga wajib memperhatikan masalah ini. Jangan sampai di masa mendatang malah memberikan masalah karena tidak taat pajak atau terlibat sengketa. Bagaimana jika nilai pajaknya cenderung tinggi? Anda sebenarnya dapat membandingkan apakah potensi pendapatan dari bisnis tersebut juga sepadan.

Selalu penuhi kewajiban pajak properti dan dijamin bisnis Anda akan selalu aman. Oleh karena itu, sesuaikan rasio dari nilai jual dan nilai pakai bangunan tersebut.

Akses Strategis ke Kawasan Pendidikan atau Kantoran

Apakah usaha rumah kost yang dikelola dari properti itu punya akses strategis? Lebih bagus lagi kalau properti tersebut punya akses terbaik ke kedua kawasan tersebut. Misalnya tidak, harus benar-benar memenuhi kebutuhan orang yang mencari kos. Kadang, ada orang yang cari kos agak jauh dari tempatnya beraktivitas karena alasan kenyamanan. Hal semacam itulah yang akan jadi nilai tambah bagi properti kos.

Makanya itu, akan lebih baik lagi jika usaha kos kosan tersebut selain punya akses strategis juga nyaman bagi penghuninya. Jadi, apakah Anda dapat mengupayakan properti sesuai kategori tersebut?

Risiko Kriminalitas

Bagaimana dengan risiko kriminalitas di kawasan tersebut? Apakah pernah atau jangan-jangan sering terjadi tindak kejahatan? Yang akan dirugikan tentu saja anak kos apalagi kalau sampai kejadian kemalingan atau tindak kriminalitas lainnya. Oleh karena itu, cukup banyak orang yang menaruh curiga pada harga rumah kost yang dianggap terlalu murah karena bisa jadi ada potensi semacam itu.

Tugas Anda adalah membangun kepercayaan pada klien bahwa properti Anda memang bebas dari risiko-risiko tersebut. Nah, paling aman tentu saja melakukan survei secara cermat demi menghindari segala bentuk kejadian riskan yang merugikan anak kos.

Ketersediaan Fasilitas Umum dan Kos

Seperti halnya orang yang mau mencari rumah, faktor fasilitas publik juga jadi perhatian khusus. Misalnya, apakah ada taman bermain untuk anak-anak, apakah dekat dengan toko kebutuhan harian, dan sebagainya. Sama halnya kalau Anda merintis bisnis kos kosan, ketersediaan fasilitas umum tidak boleh diabaikan.

Pengembangan

Jenis properti apapun akan dilihat dari nilai jualnya di masa mendatang. Begitu juga dengan properti kos kosan. Anda harus peka melihat potensi pengembangan properti dan kawasan di sekitarnya. Hari ini mungkin masih terdiri dari beberapa infrastruktur biasa. Namun, bagaimana di masa depan? Apakah ada kemungkinan dibangun kawasan perhotelan, mal, atau tempat wisata?

Sementara itu, perhatikan juga potensi pengembangan bangunan properti itu sendiri. Pengembangan harus diterapkan sesuai kebutuhan pasar dan zaman. Saat ini mungkin hanya bangunan sederhana dengan beberapa unit kamar untuk disewakan. Namun, siapa yang bisa menduga bahwa di masa depan properti itu kian berkembang dengan berbagai fasilitas yang semakin lengkap, seiring peningkatan jumlah anak kos yang menyewanya.

Potensi Bencana Alam

Hal ini jangan sampai terlewatkan karena potensi bencana alam, apapun bentuknya, mesti dicermati. Anda harus menghindari kerugian akibat risiko bencana entah karena badai, banjir, tanah longsor, hingga gempa. Bukan untuk menakut-nakuti, tapi semua bentuk potensi tersebut harus diwaspadai, sekecil apapun resikonya.

Estimasi Pendapatan dalam Periode Tertentu

Jika Anda mengembangkan properti kos kosan, apakah Anda sudah merancang estimasi pendapatannya? Misal dalam kurun waktu sebulan, ada berapa pemasukan dari masing-masing unit kamar yang disewa?

Anda dapat belajar banyak dari cara bisnis properti kos kosan. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat belajar dari pakarnya langsung. Penawaran belajar bisnis kost baik dari buku maupun seminar kami dengan contact 0878 8214 4118. Praktiknya bakal lebih mudah jika sudah menguasai dasar-dasarnya.

Itulah beberapa cara investasi yang menguntungkan dari kos kosan. Tidak usah ragu merintis jenis usaha ini jika sudah punya modal yang cukup dan tekad kuat. Rencanakan sebaik mungkin untuk hasil profit memuaskan. Dijamin, cara investasi properti yang menguntungkan melalui kos kosan akan membuat penghasilan Anda bertambah berkali lipat dari biasanya.