Merancang Budget Bisnis Kost Ekslusif Tanpa Menjebol Kantong

0
358

Merancang Budget Bisnis Kost Eksklusif Tanpa Menjebol Kantong

Banyaknya karakter orang dengan preferensi yang berbeda membuat pemilik usaha kost tidak ingin melewatkan kesempatan membuka bisnis kost eksklusif. Dilatarbelakangi oleh kebutuhan dan kemampuan ekonomi, banyak mahasiswa maupun pegawai mencari kamar kost yang lebih nyaman dengan fasilitas lebih baik.

Sebagai penyedia jasa, Anda harus memperhatikan bahwa beberapa aspek kamar eksklusif berbeda dengan kamar kos biasa. Demi menyediakan sebuah desain yang bagus tanpa menguras kantong, Anda perlu menyimak penjelasan di bawah ini.

  1. Pembuatan Desain

Lain halnya dengan desain kamar kos pada umumnya, kost eksklusif memiliki perbedaan yang bisa dilihat dari luas ruangan dan tersedianya kamar mandi dalam. Selaras dengan luas yang dibuat, maka jumlah barang yang disediakan akan semakin banyak. Maka demi menekan biaya tanpa harus mengurangi kualitas, Anda bisa menggunakan jasa arsitek untuk bisa menuangkan rencana dan ide Anda ke dalam anggaran yang lebih masuk akal.

Selanjutnya, desain interior adalah hal lain yang memerlukan perhatian khusus. Tata letak dekorasi, pemilihan cat, hingga perabotan yang besar adalah contohnya. Tanpa harus mengurangi keindahan desain ruangan, Anda bisa memilih produk dengan kualitas yang setara dengan brand ternama tapi dengan harga lebih terjangkau. Kemudian, untuk pemilihan dekorasi, Anda bisa menggunakan kreativitas Anda sendiri untuk bisa menciptakan dekorasi yang cantik dengan memanfaatkan barang-barang yang masih bisa digunakan. Jika Anda bingung dan ingin mencari jasa desain interior kost, maka Anda dapat menghubungi Cherry Home Design.

  1. Memperhitungkan Pengeluaran Bulanan

Demi menghindari kerugian yang bisa saja terjadi, Anda harus memperhitungkan dengan matang pengeluaran pra-pembangunan hingga pasca. Biaya sewa kamar eksklusif sudah pasti lebih mahal, tapi akan sebanding pula dengan pengeluaran bulanan terkait pembayaran air dan listrik.

Solusi yang mungkin masih bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan sumur bor untuk konsumsi air, meski tidak semua tempatĀ  masih memiliki pasokan air tanah yang bisa dimanfaatkan. Kalaupun Anda harus menggunakan jasa PDAM, trik untuk menghemat harus Anda terapkan.

Pengeluaran lainnya adalah dari segi biaya listrik. Fasilitas yang biasa ada di kamar eksklusif ialah adanya televisi, AC, dan juga pemanas air. Demi mengurangi biaya yang bisa membengkak, pemilihan alat elektronik adalah kuncinya. Sebagai contoh, Anda bisa membeli televisi dengan penggunaan daya yang lebih sedikit dibandingkan yang lainnya. Di awal memang harga untuk pembelian unit lebih tinggi, tapi untuk per bulannya Anda bisa lebih hemat.

  1. Aspek Keamanan

Hal ini mungkin terlihat sepele, tapi dampaknya bisa menjadi besar bila Anda tidak mengantisipasinya. Kost eksklusif dihuni oleh orang dengan ekonomi yang mampu. Barang-barang yang mereka bawa tentu merepresentasikan hal tersebut. Demi mencegah hilangnya barang berharga dari penghuni, Anda bisa menggunakan jasa penjaga keamanan. Tentu saja selain memperingatkan para penghuni untuk tetap berjaga dengan barang bawaan mereka. Memberikan gaji kepada satpam setiap bulan tidak akan sebanding bila nanti di kemudian hari terjadi tindak kriminal yang bisa mengakibatkan kerugian lebih besar.

Fasilitas yang lebih banyak dan kondisi lingkungan kos yang lebih aman adalah pertimbangan yang digunakan untuk lebih memilih tinggal di kost eksklusif. Maka dari itu, demi memenuhi ekspektasi tersebut tanpa mengurangi fasilitas yang ada, sebagai pemilik bisnis kost eksklusif, Anda harus lebih cermat dalam menghitung anggaran pengeluaran dengan pemilihan fasilitas yang akan digunakan.