Metode Membangun Kos Hanya Bermodalkan Tanah

0
28
Membangun Kos

Membangun kos memang bisa menjadi passiv income yang menjanjikan bagi seseorang. Karena kebutuhan akan tempat tinggal sementara semakin meningkat di Indonesia, terutama ketika pandemi berakhir nantinya dan kehidupan berjalan normal seperti biasa. Sehingga banyak para pebisnis yang memutuskan untuk membangun kos yang nantinya bisa profitable dan sangat beneficial.

Sebenarnya membangun kos adalah hal yang cukup mudah jika Anda memiliki ilmunya. Karena ilmu adalah hal yang lebih penting dari harta. Karena nyatanya di luar sana ada banyak sekali orang yang punya banyak harta namun tidak memiliki ilmu, yang nantinya bisa berujung pada kerugian finansial cukup besar.

Lakukan Analisis Untuk Sukses Berbisnis Kos!

Bisnis Kos

Berbisnis apapun itu, proses analisis adalah langkah yang sangat penting dan urgent. Proses perencanaan pun akan membutuhkan analisa yang tepat dan akurat, agar bisa menghasilkan planning yang bernilai uang. Banyak orang yang gagal menjadi pebisnis kos (Kostpreneur) karena kurangnya analisis, terlebih bisnis ini termasuk bisnis sewa properti dengan nilai ratusan juta.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendalami bisnis kos, Anda harus melakukan berbagai analisis berbagai hal berikut :

1. Potensi bisnis

Analisa potensi bisnis sangat diperlukan sebagai dasar membangun sebuah usaha bisnis kos yang menguntungkan dan bisa mendatangkan banyak cuan. Pertanyaan mendasar dari analisis potensi bisnis adalah, “Bisakah bisnis ini nantinya mendatangkan keuntungan untuk saya di masa depan?”.

Dengan satu pertanyaan tersebut, Anda akan terseret ke hadapan pertanyaan-pertanyaan lain yang juga harus dijawab seakurat mungkin. Seperti “Benarkah masyarakat di lingkungan ini butuh properti kos saya?”, “Berapa kira-kira orang yang akan menyewa properti saya tanpa atau dengan proses promosi”, “Berapa kira-kira keuntungan yang bisa saya dapat?”, dan pertanyaaan –pertanyaan lain yang sejenis.

Dengan menganalisa potensi bisnis, Anda akan mengerti seberapa menguntungkan bisnis tersebut jika Anda jalankan nantinya. Selain itu, Anda juga akan bisa mengerti seberapa unggul bisnis tersebut dibandingkan para kompetitor.

2. Target pasar

Analisis target pasar berbeda dengan analisis potensi bisnis, karena pada jenis analisis ini Anda akan terfokus pada klien yang ingin ditargetkan. Pada analisis ini Anda akan menentukan dari golongan siapakah klien penyewa properti kos Anda berasal, bagaimana cara mempromosikan kos sesuai dengan target pasar yang diinginkan, serta berapa rentang harga yang perlu diterapkan agar nantinya sesuai dengan pendapatan target pasar tersebut.

3. Modal usaha

Analisis modal usaha memang sangat diperlukan, terutama jika Anda belum memiliki modal untuk membangun sebuah kos-kosan. Anda yang melakukan analisis modal usaha ini harus menemukan sumber pendanaan yang tepat untuk mendirikan kos-kosan nantinya. Karena jika Anda menggunakan sumber pendanaan yang tidak tepat, bisa jadi Anda tidak akan mendapatkan untung dari bisnis tersebut.

Dan masih sangat banyak lagi berbagai jenis analisis yang perlu Anda lakukan untuk bisa membangun properti kos terutama ketika belum memiliki pendanaan yang mencukupi. Namun jangan khawatir, Anda bisa mendapatkan berbagai ilmu tersebut dengan bergabung di KSI melalui @yukbisniskost.

Langkah Bangun Kos Hanya Dengan Bermodalkan Tanah

Salah satu metode analisis bisnis yang telah kami sebutkan di atas adalah analisa modal usaha. Nah, di luar sana ada banyak orang yang punya tanah maupun rumah namun masih merasa bingung jika ingin membangun kos-kosan. Alhasil mereka meminjam uang dari pinjaman online yang tidak kredibel, atau terpaksa meminjam dana ke bank dengan bunga tinggi.

Padahal jika diteliti lebih lanjut, tanah atau rumah tersebut sudah merupakan modal yang bisa digunakan untuk membangun kos-kosan. Tentu saja tidak melalui cara yang instan. Nah, berikut ini kami beri bocoran terkait beberapa langkah yang bisa dilakukan jika ingin bangun kos hanya dengan bermodalkan tanah :

  • Membangun kos di lahan sendiri, dan tentu saja lahan tersebut terlebih dahulu digadaikan pada pihak yang kredibel seperti Pegadaian
  • Melakukan refinance lahan tersebut ke lembaga keuangan
  • Menjual lahan tersebut dan membeli lahan serta membangun kos di tempat lain

Dengan beberapa langkah tersebut, Anda bisa membangun kos Anda sendiri hanya dengan bermodalkan tanah. Dan untuk mengetahui langkah-langkahnya dengan lebih lengkap, kami akan membantu Anda melalui komunitas KSI. Jadi, yuk mari gabung dengan KSI agar wawasan Anda semakin luas!