Pilih Operator Kost atau Kelola Sendiri, Mana yang Baik?

0
38
Pakai Operator Kost Atau Kelola Sendiri

Pakai Operator Kost Atau Kelola Sendiri, Mana yang Lebih Baik?

Hallo! Sobat kostpreneur. Jumpa lagi bersama kami di Yukbisniskost.

Sharing kita pada kali ini akan membahas tentang pertanyaan dari salah satu sobat kostpreneur kita mengenai bisnis properti kost. Nah, apa saja pertanyaan yang akan kita bahas? Langsung saja kita mulai. Tetapi, sebelumnya tidak lupa kami infokan kepada Anda yang belum gabung bersama kami. Anda bisa bisa join di KSI Community (Membership Premium berbayar). Atau bisa juga Anda Join di Channel Telegram Bisnis Kost (GRATIS).

Oke, langsung masuk kepada pembahasan.

“Bagaiman cara terbaik untuk memutuskan apakah Bisnis Properti Kost dikelola sendiri atau menggunakan Operator kost?” Untuk mengetahui jawaban ini, sempatkan baca artikel ini sampai tuntas, ya guys. 🙂

Operator Kost Vs Kelola Sendiri

Pakai Operator Kost Atau Kelola Sendiri

Artikel ini kami buat agar Anda sobar kostpreneur tidak salah dalam mendapat gambaran mana yang lebih baik dari keduanya.

Nah, sebelum memutuskan untuk menggunakan operator, ada tiga hal yang perlu Anda ketahui dulu dan harus diperhatikan.

  1. Hitung jumlah pintu kost.

Yang pertama harus Anda ketahui dulu adalah posisi pintu atau rumah kostnya ada berapa? Jangan sampai Anda memiliki rumah kostnya satu unit dan jumlah ruang kostnya hanya ada sepuluh. Jika Anda menggunakan operator menurut kami memang cukup bijak dan kami mewajibkan kepada Anda untuk menggunakannya jika memang memiliki keterbatasan waktu.

Karena jika kita hitung apabila jumlah kamar kost ada sepeuluh, dan harga perbulan dari setiap kamar adalah 1,5 juta. Maka pendapatan sebulan bisa mencapai 15 juta. Sedangkan menggunakan operator kost, biasanya mereka hanya meminta 10% hingga 15% saja. Jika dari 15 juta diambil untuk biaya operator 10%, biaya yang harus dikeluarkan sekitar 1,5 juta. Nah, hal ini tentu jauh lebih menguntungkan waktu Anda.

Anda tak perlu repot-repot memikirkan hal tersebut, waktu Anda bisa digunakan untuk hal lainnya yang jauh lebih menguntungkan lagi. Karena bisnis kost Anda sudah bisa berjalan tanpa kehadiran Anda.

  1. pintu kost atau kamar lebih dari 100.

Berbeda halnya dengan perkara yang kedua. Dimana jika Anda memiliki 100 kamar kost atau lebih. Nah, menurut hemat kami, lebih baik Anda mengelolanya sendiri. Karena kenapa? Karena jika kita perhitungkan dari seratus pintu maka omset yang akan Anda peroleh adalah 150 juta.

Jika dari 150 juta diambil 10% untuk management fee operatornya, maka Anda harus mengeluarkan sekitar 15 juta. Tentunya sangat disayangkan jika Anda harus mengeluarkan biaya besar seperti itu.

Lantas harus seperti apa? Satu hal yang harus kami tekankan di sini yaitu, dengan mengelola sendiri bukan berarti Anda harus terjun langsung sendiri. Maksudnya Anda bisa merekrut managemen hotel atau kost sebagai operator kost Anda untuk membantu dalam mengelola bisnis properti kost.

  1. Total waktu vs penghasilan.

Selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah berapa total waktu yang bisa Anda adapatkan jika Anda menggunakan operator kost, jika waktu Anda akan sangat longgar dan bisa menghasilkan yang lebih dari yang lain, pastinya menggunakan operator kost jauh lebih menguntungkan bagi Anda.

Nah, dari sini kita dapat memahami bahwa bukan berarti jika kita bisa menggunakan operator itu jelek, sekali lagi tidak demikian. Dan bukan berarti jika Anda mengelola sendiri juga memperkerjakan diri sendiri, tentu tidak demikian.

Jika terjadi demikian, menurut kami, perkara tersebut merupakan suatu menset yang keliru. Karena sistem mengelola sendiri yang dimaksud di sini adalah Anda membangun sebuah tim, dimana tim ini yang akan membantu Anda dalam mengelola bisnis properti kost Anda.

Oke, mungkin itu sharing dari kami pada edisi kali ini. Sekian semoga bermanfaat.