Mindset yang Perlu Dimiliki oleh Seorang Pebisnis Kost

0
31
Mindset

Mindset

Hallo sobat! Apa kabar semuanya? Semoga kalian dalam keadaan sehat selalu.

Oke, senang sekali kami bisa jumpa lagi dengan Anda semua sobat kostpreneur. Dimana pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pentingnya memiliki sebuah mindset yang benar bagi para pebisnis properti kost.

Sebagaiman yang telah kita ketahui bersama mindset atau pola pikir merupakan yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Karena kenapa? Sebab jika pola pikir Anda keliru, bisa dipastikan semua tatanan usaha pada bisnis yang sedang Anda jalankan akan mengalami berbagai problem dan masalah yang silih berganti.

Oleh karenan cara pola pikir yang baik dan benar sangat diperlukan teruntuk bagi Anda yang ingin usaha atau bisnis yang dikelola bisa berjalan dengan baik, lancar, serta menguntungkan.

Terkhusus bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis properti kost, maka sangat penting mengetahui seperti apa mindset yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis properti kost. Nah, oleh karenanya pada edisi yang baik ini izinkanlah kami untuk menyampaikan sebuah mindset yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis properti kost. Seperti apa mindset yang dimaksud? Berikut sedikit pemaparan dari kami spesial untuk Anda sobat-sobat kostpreneur.

Mindset yang Harus Dimiliki Seorang Pebisnis Properti Kost.

Banyak sekali di luar sana para pemain properti, terutama para pebisnis properti pemula yang baru masuk kedalamnya, banyak melakukan kesalahan-kesalahan yang berakibat fatal. Apa itu yang dimaksud? Yang dimaksud adalah mereka terlalu condong dan fokus pada capital gainnya, bukan pada cash flownya.

Nah, menurut kami hal ini merupakan perkara yang sangat fatal, dimana mindset Anda terlalu fokus pada capital gain dibandingkan terhadap cash flow. Setelah ini kami harapkan bagi Anda sobat kostpreneur kesalahan ini tidak terulang kembali. Karena kenap? Salah satu alasan yang membuat kami hal itu merupakan kesalahan yang fatal Sebab nanti Anda tidak bisa membeli properti tanpa modal ataupun dengan modal yang sangat minimal. Kita mabil contoh, misalnya Anda mengambil kredit, anggaplah cicilannya 10 juta. Dari 10 juta ini, Anda harus mengangsur properti ini supaya Anda tidak mengeluarkan uang dari saku pribadi untuk menyuntik pembiayaan dari properti tersebut.

Caranya seperti apa? Caranya dengan menyewakan properti ini kepada orang lain. Lalu orang lain itu membayarkan sewa kepada Anda. Nah, dari biaya tersebut, setelah dipotong biaya operasional, Anda angsurkan untung biaya cicilan bank ataupun hutang, entah itu kepada orang lain, teman, tetangga, maupun keluarga.

Maka buat Anda jika membeli proprti itu dengan cara bagi hasil, saweran, pembiayaan bank. Saya harapkan Anda membeli properti kost berdasarkan dengan hitungan sebagaiman yang telah kami bahas pada artikel-artikel sebelumnya.

Terlebih dahulu Anda lihat potensinya seperti apa. Apakah ini bisa diupgrade? Atau bisa ditingkatkan lebih baik lagi atau tidak? Jangan sampai Anda melihatnya ini hanya lokasinya saja yang prime sehingga Anda melihat jika ini dibeli 1 atau dua tahun ke depan harganya naik, nah itu namanya capital gain. Oke, sekali lagi kami ingatkan ini bukan jenis properti yang kita cari atau incar.

Berbeda cerita jika misalkan, ini icomenya lumayan. Misalkan cicilannya 10 juta, dan setelah kita bagi dan diperhitungkan dengan baik, ternyata masih ada sisa 1 juta dari para investor atau dari para patner Anda ini boleh Anda ambil. Kenapa? Karena ini cash flownya sudah bagus. Terus ditambah dengan posisinya cukup lumayan stategis, sehingga capital gainnya itu bisa Anda dapatkan.

Jadi kalau menurut istilah kami hal ini menjadi combo, karena Anda fokus terhadap cash flownya tetapi capital gain sebagai bonus. Jangan sampai terbalik. Anda mengincar capital gain tetapi lupa dengan cash flownya, akhirnya Anda harus berkorban untuk nombokin utang cicilan.

Dan pada akhirnya nanti, bisnis utama Anda habis tergerus akibat harus menyuntik cicilan. Nah ini yang paling banyak terjadi pada terhadap sobat kostpreneur pemula.

Dengan mengetahui hal ini setidaknya Anda lebih berhati-hati kembali dalam melakukan tindakan-tindakan yang berakibat sangat fatal pada bisnis properti kost. Oke, sekian artikel sharing ini. Sampai jumpa dilain waktu.