Bisnis Kost VS Bisnis Hotel Mana yang Lebih Menarik?

0
32
Bisnis Kost VS Bisnis Hotel

Hallo! Sobat kostpreneur. Jumpa lagi dengan kami di website Yukbisniskost, yang berfokus pada pembahasan bisnis properti kost. Dimana Anda akan disuguhkan dengan pembahasan-pembahasan seputar dunia bisnis properti kost.

Berbagai tips-tips serta rahasia sukses membangun usaha dalam kost akan Anda dapatkan disini. Baik untuk Anda selaku pengusaha pemula, maupun bagi pengusaha senior.

Selain itu, kami juga sering mengadakan berbagai even acara seperti pelatihan bisnis properti kost, workshop properti kost, konsultan, dan lain-lain. Tak hanya sampai disitu, kami juga membuat komunitas KSI, dimana Anda akan mendapatkan materi-materi terbaru dan ter-upgrade mengenai dunia bisnis properti kost yang ditangani langsung oleh Pak Iwan Kenrianto.

Nah, jika Anda ingin join dengan kami di KSI Comunity, Anda bisa bergabung di chanel telegram yang telah kami sediakan.

Bisnis Hotel & Bisnis Kost Mana yang Lebih Bagus?

Bisnis Kost VS Bisnis Hotel

Pada pembahasan artikel ini, kami akan mengulas sedikit tentang bisnis hotel atau bisnis peroperti kost? Pertanyaa ini terkadang membuat banyak orang bertanya-tanya, mana yang lebih baik dari keduanya, dan bisa jadi termasuk Anda yang sedang membaca artikel ini juga mempertanyakan hal yang sama kepada kami.

Nah, kami akan menjelaskan sedikit dari keduanya. Jadi seperti ini, apabila Anda bertanya “jika seandainya saya berinvestasi kepada bisnis hotel, apakah itu bagus atau tidak?” Maka kami jawab, itu hal yang bagus, apabila akupansinya melebihi dari 70%.

Kenapa kami katakan minimal akupansi harus sekitar 70% hingga 80%, karena kami memiliki beberapa member di KSI community, dimana mereka setelah berbisnis hotel dan ketika ikut bergabung dengan kami di KSI community, ternyata mereka lebih tertarik pada bisnis properti kost daripada bisnis hotel.

Nah pertanyaannya, apa alsan mereka lebih menarik bisnis properti kost?

Tiga Alasan Bisnis Properti Kost Lebih Menarik daripada Bisnis Hotel.

Setidaknya ada tiga alasan kenapa mereka lebih tertaring dengan bisnis properti kost. Di antara ketiga alasan tersebut ialah sebagai berikut:

Pertama cashflow.

Yang namanya investasi yang harus kita perhatikan adalah berapa lama uang yang akan kembali apabila kita berinvestasi di bisnis hotel, kost, maupun bisnis lainnya. Tentu yang namanya investasi kita harus menghitung berapa lama ritel kita.

Di bisnis properti kost, ritel itu lebih besar dibanding dengan bisnis hotel, karena kenapa? Karena imvesmennya pun lebih kecil dibandingkan bisnis hotel.

Yang kedua biaya operasional.

Nah, masalah yang kedua adalah mengenai operasional. Jika Anda mengelola sebuah bisnis kost, Anda hanya membutuhkan sumber daya manusia tidak banyak ketimbang bisnis hotel.

Jika Anda bisnis hotel maka sudah dipastikan Anda harus mengeluarkan sumber daya manusia yang jauh lebih banyak ketimbang bisnis properti kost. Hal tersebut karena pada bisnis hotel, Anda harus membukanya selama 24 jam, sedangkan pada bisnis kots tidak demikian.

Yang ketinga kost semi hotel.

Saat ini bisnis properti kost mulai bersaing dengan bisnis hotel, dimana dengan bantuang berbagai layanan yang sangat memudahkan di era teknologi seperti sekarang ini, Anda bisa mengubah bisnis properti kost semi hotel. Anda bisa menjual properti kost dengan sewa harian.

Nah dengan demikian tentunya sangat memudahkan dan menguntungkan bagi Anda para pemilik properti kost. Dan pastinya cashflow Anda akan jauh lebih meningkat dari sebelumnya. Tetapi dengan catatan, Anda perlu ingat, bahwa mungkin bisa saja hari ini Anda hanya memiliki bisnis properti kost.

Namun dengan berjalannya waktu dan bertransisi pindah ke hotel, Anda perlu mengupgrade ijin dari bisnis properti Anda semua. Jangan sampai operasional menjadi sebuah kendala yang dapat mengantarkan bisnis Anda kepada jurang kebangkrutan akibat tidak memiliki ijin legal.

Dan pada akhirnya, bukannya mendapatkan uang, malah menjadi menghabiskan uang. Nah, hal tersebut pastinya Anda tidak menginkannya bukan? Oleh karenanya, selalu hati-hati dan waspada dalam melakukan tindakan sekecil apapun, untuk upaya menghindari dari hal-hal yang kurang diinginkan.

Baik, mungkin hanya itu saja pembahasan pada kali ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan bisa memberikan manfaat untuk sobat kostpreneur semua. Sampai jumpa di lain kesempatan.