Punya Properti di Yogyakarta? Yuk Jadikan Sebagai Peluang Bisnis Menguntungkan

0
235

Punya Properti di Yogyakarta? Ini 5 Alasan untuk Menjadikannya Sebagai Peluang Bisnis

Yogyakarta dikenal sebagai Kota Pelajar karena kota ini memiliki banyak perguruan tinggi. Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Kelembagaan IPTEK dan DIKTI, jumlah perguruan tinggi di Yogyakarta saat ini mencapai 106, yang terdiri atas universitas, akademi, sekolah tinggi, institut, dan politeknik.

Dampaknya, jumlah mahasiswa di Yogyakarta sangat banyak. Sebagian besar mahasiswa tersebut berasal dari luar daerah. Pengaruh langsung dari kondisi ini adalah menjamurnya bisnis rumah kost, terutama di sekitar area kampus. Bagi yang jeli memanfaatkan kesempatan, ini adalah peluang bisnis properti yang menggiurkan. Berikut 5 alasannya.

  1. Bisnis kost adalah bisnis yang bisa dimulai dengan modal seadanya

Sederhananya, jika Anda memiliki rumah yang dekat dengan area kampus, Anda berpeluang menjadi seorang pemilik kost. Cukup sediakan satu atau beberapa ruang kosong yang layak huni untuk disewa, baik secara bulanan maupun tahunan. Sebagai permulaan, cara ini sangat memungkinkan. Selanjutnya, Anda bisa membeli properti tambahan untuk menjadi rumah kost yang menghasilkan lebih banyak keuntungan.

  1. Bisnis kost tidak ada matinya

Bisnis, terutama yang memiliki tren, lama kelamaan pasti tidak bisa berkembang lagi ataupun mati. Namun untuk bisnis kost hal ini tidak berlaku. tren bisnis kost selalu ada tiap tahunnya, walaupun kadang akan terjadi pasang surut pada sedikit banyaknya jumlah penyewa setiap bulan. Namun, selama Anda memberikan fasilitas terbaik, para calon penyewa akan terus berdatangan setiap saat, apalagi jika lokasi properti Anda berada di wilayah strategis seperti kantor, kampus, pusat perbelanjaan, pusat wisata, dan lain sebagainya. Bisnis ini bisa dibilang tidak ada matinya. Anda akan dapat menikmati hasilnya dari bulan ke bulan karena para penyewa baru akan terus datang.

  1. Pusat kota dan sekitarnya menyimpan peluang yang besar

Sebagian besar kampus di Yogyakarta terletak di pusat kota yang luasnya tidak seberapa. Jika Anda memiliki properti di lingkungan tersebut, ini berarti peluang bisnis properti kost terbuka sangat lebar. Bahkan, bukan hanya mahasiswa, Anda juga bisa menjangkau para karyawan perkantoran yang sebagian di antaranya memilih tinggal di rumah kost demi alasan kepraktisan.

  1. Meskipun sewa kost tergolong murah, biaya operasional juga cukup terjangkau

Memiliki bisnis kost di Yogyakarta cukup menguntungkan karena biaya operasional yang harus dikeluarkan tergolong murah. Anda hanya perlu menyediakan fasilitas-fasilitas standar yang dibutuhkan oleh penghuni kost. Jika diperhitungkan, masih ada margin yang cukup besar dengan biaya sewa yang ditetapkan. Anda juga dapat mngatur sendiri harga yang disesuaikan dengan fasilitas yang Anda tawarkan kepada penyewa kost. Semakin bagus, lengkap fasilitas serta lokasi strategis ditengah kota atau dekat pusat keramaian, maka Anda dapat menawarkan harga kamar yang cukup tinggi. Dengan begitu margin atau profit yang akan Anda peroleh pun dapat bertambah banyak.

  1. Adanya peluang bisnis sampingan yang bisa dikembangkan

Selain membangun bisnis kost, Anda juga berpeluang membuka bisnis sampingan yang mendukung kebutuhan penghuni kost, seperti laundry, warung makan, dan toko kelontong. Cara ini akan semakin meningkatkan keuntungan yang diperoleh dari peluang bisnis properti berupa rumah kost. Banyak sekali penyewa yang mencari fasilitas laundry dan tempat makan. Oleh karena itu, bisnis tambahan tersebut dapat membantu menambah pundi-pundi penghasilan Anda.

Nah, namun jika Anda pusing dan tidak ingin mengurus bisnis ini secara langsung, Anda bisa memanfaatkan jasa manajemen dan pengelolaan rumah kost, yaitu CBD Manajemen. Dengan sistem bagi hasil, tidak perlu bingung lagi mengurus marketing kost Anda. Menarik, bukan?