7 Keuntungan Bisnis Kost yang Wajib Anda Ketahui

0
471

 

Ini 7 Keuntungan Bisnis Kost yang Perlu Anda Ketahui  

Bisnis kost menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan, terutama bila lokasinya berada di kawasan yang potensial seperti kampus, rumah sakit, mal, pabrik, dan perkantoran. Tentunya lokasi tersebut dianggap menggiurkan bagi komunitas pebisnis kost, karena banyak mahasiswa, karyawan, serta pekerja pabrik yang membutuhkan tempat tinggal.

Meskipun demikian, tidak sedikit orang yang meragukan potensi dari bisnis kost ini. Hal ini disebabkan bisnis kost memerlukan modal yang sangat besar. Seorang pebisnis kost harus memiliki modal tinggi untuk membeli lahan dan membangun rumah kost yang memadai. Ini belum termasuk modal pembelian perabot rumah kost, serta perlengkapan mahal seperti televisi, AC, dan kulkas.

Nah, kenyataannya banyak keuntungan dari bisnis kost ini, yang bila dijabarkan adalah sebagai berikut.

1. Bisnis Rumah Kost Merupakan Usaha yang Dapat Balik Modal dengan Cepat.

Perputaran uang dalam bisnis rumah kost termasuk cepat. Meskipun membutuhkan modal yang terbilang cukup besar, namun perlu diketahui bahwa bisnis rumah kost ini bisa balik modal dalam waktu cukup cepat.  Diperkirakan dalam waktu sepuluh tahun, seluruh modal Anda bisa dipastikan kembali ditambah keuntungannya.

2. Investasi yang Antirugi

Harga tanah dan bangunan tidak pernah turun dan terus naik setiap tahunnya. Apalagi bila rumah kost Anda memiliki fasilitas lengkap, harga sewanya tentu akan naik hingga 10 – 15 persen dibandingkan harga pasaran.

3. Rumah Kost Memberi Penghasilan Rutin dalam Jangka Panjang

Setiap bulan sebagai pemilik rumah kost, Anda akan menerima penghasilan rutin dalam jangka waktu hingga beberapa tahun. Penyewa kost yang sebagian besar adalah mahasiswa perantau, akan menghuni rumah kost Anda selama masa kuliah. Bahkan setelah lulus kuliah, sebagian mahasiswa tidak pulang ke kota asal, melainkan bekerja dan tetap tinggal di  tempat kost.

4. Pendapatan Lebih Tinggi dibanding Rumah Kontrakan

Dibandingkan dengan menyewakan rumah Anda, rumah kost akan lebih menguntungkan. Meskipun menyewakan rumah dianggap lebih praktis dan bisnis kost lebih rumit, namun keuntungannya sepadan. Apalagi bila diimbangi dengan fasilitas yang memadai, keuntungan rumah kost bisa jauh lebih tinggi.

5. Peminat Rumah Kost Cukup Tinggi

Rumah kost Anda tidak akan pernah sepi penghuni, disebabkan banyak perantau membutuhkan rumah kost. Oleh karena jumlah mahasiswa dan karyawan semakin banyak, kebutuhan akan rumah kost ini juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Terlebih bila lokasi rumah kost sangat strategis dan dekat dengan pusat keramaian seperti kampus, mal, perkantoran, dan fasilitas umum lainnya.

6. Mendapatkan Peluang Bisnis Baru

Sudah menjadi rahasia umum bagi komunitas pebisnis kost, usaha kost akan memberikan peluang bisnis baru. Anda bisa mendirikan kantin, jasa laundry, layanan fotokopi, atau sekadar menyewakan ruangan kosong untuk bisnis tersebut.  Ini semua menjadi peluang bisnis potensial yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan lebih.

bisnis laundry

7. Capital Gain yang Tinggi

Saat Anda ingin pensiun dari mengelola rumah kost dan ingin menjualnya, tentu saja harga jual kembali rumah kost Anda akan dihargai lebih tinggi. Anda tidak hanya menjual rumah biasa yang tidak menghasilkan. Jadi rumah kost menjadi investasi  jangka panjang dalam bidang jasa yang prospektif. Penghasilan rutin yang akan diterima oleh pembeli rumah kost, tentu menjadi alasan meningkatnya harga jual rumah Anda.

Nah, itulah 7 keuntungan dari bisnis kost yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan maksimal dari properti kost Anda, bisa  bergabung dengan komunitas KSI dan mengikuti workshop bisnis kost, Kost Strategi Investing. Komunitas KSI ini  berisi komunitas pebisnis kost yang siap berbagi ilmu dan kiat-kiat serta menjadi networking Anda, sehingga bisnis kost Anda menguntungkan hingga 90-100%.