Yuk Lakukan Tips Promosi Ini Agar Bisnis Kos Anda Untung Maksimal

0
107

Kost-kostan Sepi? Lakukan Promosi Ini agar Investasi Properti Kost-kostan Anda Bisa Menguntungkan

Jika Anda memiliki bisnis kost-kostan, tentu yang bisa menentukan sukses tidaknya bisnis Anda adalah para penyewa. Mengingat kost-kostan membutuhkan biaya pemeliharaan, Anda pun akan sangat mengandalkan uang sewa bulanan. Jika kost-kostan sepi, sudah pasti Anda akan rugi.

Adapun salah satu cara untuk menjaga agar kost-kostan Anda tidak sepi adalah dengan melakukan promosi. Promosi tidak cukup dilakukan dengan memasang tulisan ‘terima kost’. Anda harus memikirkan cara yang lebih kreatif untuk menarik perhatian para calon penyewa.

  1. Jangan andalkan koran

Ketika berencana mempromosikan bisnis kost, menggunakan jasa iklan di koran pasti terlintas di pikiran Anda. Namun, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum menyewa sebuah kolom di koran. Media promosi ini termasuk mahal. Selain itu, jika sasaran pasar Anda adalah para mahasiswa atau eksekutif muda, koran bukanlah media yang tepat karena mereka lebih akrab dengan gawai ketimbang media cetak.

  1. Sebarkan iklan kost di wilayah kampus

Jika sasaran pasar utama Anda adalah mahasiswa, promosikan bisnis kost Anda di daerah kampus karena mahasiswa menghabiskan banyak waktunya di sana. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis kost di daerah kampus, seperti membagi-bagikan brosur. Namun, Anda harus turun langsung ke lapangan atau mempekerjakan seseorang untuk melakukannya.

Cara lain adalah menempelkan poster di papan pengumuman di setiap jurusan. Akan tetapi, Anda harus terlebih dahulu meminta izin pada pihak kampus untuk melakukannya. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat dan nomor kontak di poster tersebut.

  1. Terapkan sistem referral

Beberapa bisnis besar menerapkan sistem referral sebagai media promosi. Sistem promosi ini mengandalkan informasi yang disebarkan dari mulut ke mulut. Caranya adalah membiarkan penghuni kost Anda untuk mempromosikan bisnis kost tersebut. Jika orang yang ia ajak bersedia untuk menyewa kamar kost, ia akan diberi imbalan. Imbalan yang diberikan bisa berbentuk uang tunai atau diskon untuk sewa kost di bulan depan.

  1. Memanfaatkan media sosial

Media sosial sudah menjadi bagian penting bagi kebanyakan anak muda, terutama mahasiswa. Promosi bisnis kost bisa dilakukan melalui berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Banyak kampus juga sudah memiliki akun media sosial sendiri dan Anda bisa ikut promosi di sana dengan biaya tertentu.

Selain menyebarkan iklan sendiri dan meminta bantuan dari akun media sosial kampus, sekarang sudah banyak situs web yang dibuat khusus untuk memasarkan kamar kost. Dengan menggunakan media sosial, informasi tentang bisnis kost Anda bisa lebih mudah menyebar dan Anda bisa mendapatkan pasar yang Anda inginkan.

Nah itulah tadi beberapa cara untuk mempromosikan bisnis kost Anda. Sebenarnya masih banyak tips dan trik yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan banyak penyewa. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa mengikuti berbagai workshop seputar bisnis kost atau bergabung dengan KSI Community.

KSI Community adalah sebuah komunitas untuk saling berbagi ilmu seputar bisnis kost, bisa diikuti oleh semua kalangan, baik pebisnis baru atau yang sudah berpengalaman. Anda mungkin bisa mendapatkan lebih banyak info seputar promosi bisnis kost di sana.