Temukan 5 Rahasia Investasi Properti yang Profitabel

0
189

5 Rahasia Investasi Properti Profitabel di Indonesia

Investasi properti kian menjelma menjadi salah satu model bisnis yang digemari. Besarnya laba yang dihasilkan serta risiko kerugian yang kecil, menjadikan bisnis yang satu ini selalu menjadi buruan para pemilik modal di sektor riil.

Jika Anda adalah seorang “pemain baru” di bidang investasi properti di Indonesia, ada beberapa rahasia yang perlu Anda ketahui sebelum terjun langsung ke dalam bisnis ini. Berikut kami rangkum rahasia-rahasia tersebut tersebut ke dalam 5 poin utama.

  1. Low-risk Bukan Berarti Risk-free!

Salah satu keunggulan investasi properti dibandingkan jenis investasi lain seperti Forex atau saham adalah risiko kerugiannya yang relatif kecil. Meski begitu, Anda harus tetap waspada saat hendak membeli properti. Jangan membeli sembarang properti tanpa pertimbangan yang matang hanya karena harga murah yang ditawarkan. Pikirkan juga faktor lainnya seperti lokasi properti, keamanan lingkungan, kondisi ekonomi dan sosial masyarakat sekitar, serta kualitas properti yang dijual.

  1. Perbanyak Opsi Pembelian Anda

Persebaran penduduk di Indonesia saat ini berpusat pada daerah perkotaan saja, padahal ada banyak sekali tanah-tanah kosong di daerah-daerah berkembang yang kurang mendapat perhatian sehingga harga jualnya menjadi lebih murah. Hal ini dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda. Tak perlu memaksakan diri untuk berinvestasi di kota-kota besar. Perluaslah opsi pembelian Anda hingga ke daerah-daerah berkembang. Ingat bahwa bisnis investasi properti merupakan bisnis jangka panjang. Jika Anda jeli melihat peluang, hal ini dijamin akan memberikan keuntungan berlipat ganda!

  1. Jangan Tergesa-gesa Menjual

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, h merupakan model bisnis investasi jangka panjang. Oleh karena itu, jangan pernah tergesa-gesa menjual properti yang sudah Anda beli meskipun harga jualnya sudah naik. Sebagai komoditi yang tak akan usang dimakan usia, properti seperti bangunan permanen atau tanah cenderung dapat mempertahankan nilai jualnya untuk waktu yang cukup lama. Dengan hanya bermodalkan kesabaran, Anda akan menghasilkan keuntungan penjualan yang berlimpah.

  1. Berdayakan Aset Properti Anda

Sambil menunggu harga properti Anda naik, berdayakanlah aset yang Anda punya dengan memanfaatkan lahan yang ada. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki properti dalam bentuk rumah, Anda dapat membuat indekos atau menyewakan rumah tersebut. Sebisa mungkin upayakan agar aset Anda tidak bersifat pasif.

  1. Belajar dari Mereka yang Lebih Berpengalaman

Bermain di sektor properti memerlukan kelihaian untuk menaksir prospek sebuah objek komersial dalam jangka panjang. Visi seperti ini biasanya dimiliki oleh mereka yang sudah kaya akan pengalaman jual-beli properti. Oleh sebab itu, jika Anda hendak menekuni bisnis ini secara serius, ada baiknya untuk selalu berkonsultasi dan belajar dari ahlinya. Cobalah bergabung dengan komunitas KSI (Kost Strategi Investing) untuk mendapatkan insight mengenai kegiatan jual-beli properti langsung dari para pakar.

Demikianlah 5 rahasia investasi properti profitabel untuk Anda. Pada akhirnya, sama seperti jenis-jenis bisnis lainnya, bermain di sektor properti pun memerlukan ketekunan, kesabaran, dan kerja keras. Apabila Anda mampu melakukan itu semua, dijamin profit berlimpah akan datang pada waktunya.