Tips Desain Ruangan Kost Eksklusif

0
102

Tips Desain Ruangan dalam Bisnis Kost Eksklusif

Anda berencana ingin membangun sebuah kost eksklusif? Tidak sekadar membangun ruangan-ruangan saja. Namun, ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam mendesainnya. Simak tips desain ruangan dalam bisnis kost eksklusif berikut ini.

  1. Perencanaan Konsep

Jika ingin meminimalkan bujet dan menyesuaikan dengan harga sewa kost, ada baiknya untuk memilih konsep ruangan minimalis. Walaupun disebut minimalis, bukan berarti ruangan menjadi sempit dan sesak. Ini adalah konsep tentang membuat ruangan kecil menjadi terasa luas dan nyaman.

Mungkin saja Anda ingin membuat kost dengan konsep modern. Atau bisa juga konsep klasik yang sederhana namun elegan. Tapi, jangan lupa untuk memikirkan kenyamanan dan keamanan dari kost. Seperti membuatkan jendela dan ventilasi udara yang cukup dan tidak mudah dirusak.

  1. Tata Letak

Apakah kost hanya berisi kamar saja? Atau ingin menambahkan ruangan lainnya? Dengan konsep ruangan minimalis, Anda bisa menambah kamar mandi, dapur, dan ruang tamu. Tata letak yang baik dan tepat akan menghasilkan ruangan kost yang nyaman dan luang. Selain itu, tata letak yang minimalis bisa menjadi nilai tambah bagi bisnis kost eksklusif.

Kelebihan dari dapur dan kamar mandi di dalam ruangan adalah mengutamakan kenyamanan dari penghuni kost. Tentu saja rasanya tak nyaman jika harus berbagi kamar mandi umum dan dapur umum dengan penghuni kost lainnya. Apalagi, jika itu menjadi salah satu faktor keterlambatan jadwal rutin mereka.

Tidak hanya di dalam ruangan, ada baiknya untuk memperhatikan area luar, misalnya area parkir dan teras. Area parkir yang memadai akan menjadi salah satu alasan penyewa kost untuk tertarik pada kost Anda. Jangan pula membangun teras yang terlalu sempit, sehingga tidak bisa digunakan untuk ruang tamu tambahan ketika ruangan dalam kost penuh.

  1. Perabotan

Jika Anda hanya ingin membiarkan kamar kosong tanpa perabot, itu tak menjadi masalah. Namun, ada baiknya untuk mengisi ruangan kost dengan perabot-perabot utama seperti ranjang tidur dan lemari pakaian. Sehingga, penyewa kost tidak perlu repot-repot membawa dipan yang berat saat memindahkan barang ke kost mereka.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan pendingin ruangan, seperti kipas angin yang dipasang di atas ruangan atau AC. Tak ada salahnya memberikan imbauan terhadap penggunaan pendingin ruangan tak berlebihan sehingga membebani tagihan listrik. Menyediakan jaringan WiFi di sekitar kost juga menjadikan para penghuni semakin betah untuk tinggal di kost Anda.

  1. Warna

Sesuaikan warna dinding kamar kost dengan konsep desain Anda. Lebih baik untuk memilih warna-warna lembut seperti biru, kuning gading, dan warna-warna pastel. Jika Anda mengizinkan penghuni kost untuk mengecat ulang ruangannya, tentu tidak masalah. Namun, untuk menjaga konsep, Anda bisa memberikan mereka pilihan warna yang tepat yang tidak terlalu kontras dan juga nyaman dipandang.

Itulah artikel mengenai tips desain ruangan untuk bisnis kost eksklusif yang penting untuk diketahui. Apakah Anda sudah siap dengan ide desain dan menerapkannya pada bangunan kost? Semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat ya.