Trik Memulai Bisnis Kost yang Profitabel Tanpa Modal

0
44

3 Trik Memulai Bisnis Kost Profitable Tanpa Modal

Bisnis properti kost adalah salah model bisnis properti yang paling aman untuk dijalani. Dengan tidak adanya peraturan dan izin yang merepotkan terkait pendirian kost di seluruh daerah di Indonesia, bisnis kost menjadi salah satu komoditas panas di antero bisnis properti yang terkenal mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah secara rutin.

Banyak orang yang enggan untuk terjun ke bisnis ini karena merasa tidak memiliki modal atau properti yang dapat digunakan, padahal sebenarnya ada berbagai cara untuk terjun di dunia bisnis properti kost tanpa mengeluarkan modal. Asal memiliki keyakinan dan semangat yang tangguh maka bukan tidak mungkin memulai bisnis kost tanpa modal. Tentu saja caranya tidak instant namun bukannya tidak mungkin Anda dapat memulai bisnis kost tanpa modal. Cara-cara ini sangat ampuh dan terbukti dapat menghasilkan omzet yang profitable bagi para pelakunya.

Berikut ini adalah 3 trik membuka bisnis kos-kosan tanpa modal yang bisa Anda coba:

  1. Manfaatkan Relasi Terdekat seperti Kerabat dan Keluarga

Cara yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan relasi yang Anda punya. Jika kerabat atau keluarga Anda memiliki properti kosong atau rumah yang masih memiliki ruang untuk disewakan, Anda dapat memanfaatkan properti tersebut sebagai lokasi kost. Jangan biarkan tanah properti saudara atau relasi Anda kosong. Ajukan saran untuk memanfaat properti tersebut dan mengelola kost di area tersebut. Hal itu akan menguntungkan bagi pemilik lahan dan Anda juga dapat memulai bisnis kost tanpa mengeluarkan modal uang.

Berbisnis dengan cara ini cenderung lebih aman dan menyenangkan karena kerja sama yang Anda lakukan adalah dengan orang-orang terdekat/saudara Anda sehingga pembagian untung atau pemberian komisi dapat disepakati secara kekeluargaan.

  1. Menjalin Kerja Sama dengan Pemilik Properti

Anda dapat mendatangi daerah dengan jumlah properti kost yang banyak seperti di sekitar kampus dan area perkantoran untuk menawarkan kerja sama dengan pemilik properti. Anda dapat mendata jumlah kamar kosong yang tersedia kemudian menawarkan properti tersebut kepada para calon penyewa potensial. Adapun keuntungan yang Anda dapatkan bisa diperoleh melalui sistem bagi hasil atau komisi sesuai dengan jumlah kamar yang berhasil Anda sewakan.

Cara ini sangat mudah dilakukan, terutama di area sekitar kampus karena mahasiswa yang masih menerima uang dari orang tua cenderung tidak mau repot mencari kos-kosan sebagai tempat tinggal.

  1. Menawarkan Jasa Sewa secara Kreatif melalui Jaringan Internet

Di zaman sekarang, Anda dituntut untuk selalu kreatif agar bisa berhasil. Dalam kaitannya dengan bisnis kost tanpa modal, Anda dapat membuat blog, website, atau bahkan akun media sosial yang berisi penawaran tentang properti kost yang terdapat di daerah tertentu.

Dalam mengembangkan cara ini, sebaiknya Anda sering memperbarui harga properti yang disewakan dari waktu ke waktu. Harga sewa kamar kost, khususnya dengan sistem bulanan, kerap berubah secara cepat. Oleh sebab itu Jika penawaran yang Anda berikan di internet tidak sesuai dengan harga sewa aslinya, reputasi blog atau website Anda akan menurun dan calon penyewa akan enggan menggunakan jasa Anda di kemudian hari.

Dari ketiga trik di atas, dapat dilihat bahwa bisnis properti kost dapat dilakukan dengan mudah tanpa modal materi. Cukup dengan kemauan yang tinggi serta kerja keras tanpa kenal lelah, niscaya semua usaha Anda akan membuahkan hasil manis di kemudian hari.