Yang Perlu Anda Tahu Tentang Bisnis Kos Kosan Untuk Pemula !

0
125

Walaupun bisnis kosan ini terlihat sepele, tapi tetap saja, yang namanya bisnis harus ada sistem pengelolaan yang terpadu. Jadi untuk menjalankan bisnis kos kosan untuk pemula kali ini Anda harus mempelajari beberapa tips berikut, agar bisnis tersebut sukses, dan mampu meraup keuntungan seperti yang diinginkan, antara lain :

  1. Mempelajari seluk beluk bisnis kosan 

Tips pertama pada bisnis kos kosan untuk pemula adalah jangan pernah meremehkan bisnis kos kosan itu sendiri. Walaupun terlihat simpel, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik, agar para calon penghuni merasa nyaman, demikian pula dengan calon penghuni lainnya.

Dalam hal ini Anda sebaiknya memperhatikan tentang target market, desain bangunan, biaya pembangunan, renovasi, sistem pengelolaan keuangan, fasilitas yang akan diberikan, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan bisnis kos tersebut.

  1. Melakukan promosi secara berkala

Setelah mengetahui tentang seluk beluk bisnis kos, dan bahkan Anda sudah membuat tempat kos tersebut. Maka langkah berikutnya adalah melakukan promosi. Dalam hal ini ada beberapa media promosi yang dapat Anda pilih dan gunakan, mulai dari :

  • Membuat website kos sendiri, dengan menggunakan SEO yang tepat.
  • Melakukan promosi melalui beberapa sosial media, seperti facebook, instagram, twitter, dan yang lainnya.
  • Melakukan promosi secara offline, seperti membuat neon box, membuat kanopi dengan logo atau informasi tentang rumah kost Anda, atau yang lainnya.

Atau melakukan promosi dengan cara lainnya, seperti menggunakan link referal, dan yang lainnya. Promosi, dan iklan penting untuk menjaga keberlangsungan tempat kos Anda. Hal ini dilakukan untuk lebih memperkenalkan pada para calon penghuni kost akan layanan serta fasilitas tempat kos yang dimiliki.

  1. Memperhatikan harga pasar

Ketika Anda akan membuat bisnis kost kostan, jangan lupa untuk memperhatikan harga pasar kost yang ada. Anda dapat membandingkan dengan harga kost di tempat sekitar, atau harga kost dengan fasilitas sama atau tidak jauh beda dengan yang Anda berikan.

Hal ini penting, baik sebagai pembanding, serta memberikan informasi pada para calon konsumen, bahwa harga kos yang diberikan bersaing.

  1. Mengelola bisnis secara profesional   

Maksudnya adalah mengenal bisnis ini secara profesional. Tidak dapat dipungkiri, bahwa bisnis kos kosan ini juga termasuk sebuah bisnis, yang harus Anda kelola sistem keuangannya dengan baik, melakukan manajemen pemasaran secara tepat, memilih target market, memperhatikan dan memilih layanan yang diberikan, dan hal-hal lainnya.

Anda mungkin bisa melakukan semuanya sendiri, namun untuk memperoleh hasil yang maksimal, tidak ada salahnya jika Anda mencari seorang mentor yang berpengalaman dalam bidang bisnis kos tersebut.

Jadi dari ulasan di atas, menjalankan bisnis kos kosan untuk pemula ternyata tidak terlalu sulit, jika Anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Bahkan bisnis ini bisa jadi bisnis pasif yang sangat menguntungkan !