3 Hal yang Wajib Dihindari Saat Memulai Bisnis Investasi Rumah

0
130

3 Hal yang Wajib Dihindari Saat Memulai Bisnis Investasi Rumah

Investasi properti merupakan ladang bisnis yang tak pernah sepi peminat. Besarnya omzet yang dapat diraih melalui model bisnis ini adalah daya tarik utama yang membuat banyak pemilik modal tergiur. Selain itu, risiko kerugian yang rendah menjadikan model bisnis ini sebagai salah satu jenis usaha yang aman dan menguntungkan.

Salah satu jenis investasi properti yang marak digandrungi adalah investasi rumah. Bisnis investasi rumah merupakan jenis investasi properti yang paling mudah karena minat pembeli terhadap properti rumah selalu besar dan harganya pun cenderung naik dengan stabil.

Meski terlihat aman, menggeluti bisnis investasi rumah juga memerlukan strategi yang jitu agar dapat menghasilkan omzet yang melimpah. Bagi Anda yang hendak terjun ke model bisnis investasi ini, ada 3 hal yang wajib dihindari, yaitu:

  1. Pembelian Properti yang Bermasalah

Membeli properti yang layak huni dan berada didaerah strategis dengan harga murah memang sangat menggiurkan. Namun apabila terdapat permasalahan tertentu pada properti tersebut seperti sengketa lahan, terindikasi terlibat dalam tindakan kriminal, atau bermasalah secara perdata (tidak disertai kelengkapan dokumen), maka sebaiknya Anda berpikir ulang sebelum membeli properti tersebut. Meski harga yang ditawarkan cenderung lebih rendah dari harga pasar, properti bermasalah kelak dapat menimbulkan persoalan yang rumit di kemudian hari. Oleh karena itu, bermainlah di sektor jual-beli properti yang aman dan bebas risiko. Carilah properti yang memang memiliki nilai rendah atau dibawah pasar, namun tidak memiliki masalah-masalah seperti yang disebutkan tadi. Jika Anda bersikeras melakukan pembelian properti bermasalah, maka Anda mungkin saja dapat mengalami masalah, mengalami banyak kerugian dan kehilangan properti Anda di kemudian hari.

  1. Membiarkan Properti Menganggur

Apabila Anda belum memiliki keinginan untuk menjual properti rumah Anda, jangan pernah biarkan properti tersebut kosong dan menganggur. Jika Anda membiarkan properti tersebut kosong dalam waktu yang lama maka bangunan properti disitu akan rusak parah atau banhkan bisa roboh. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memanfaatkan rumah Anda untuk dikelola sehingga masih terus terawat dan menghasilkan bagi Anda.

Ada berbagai hal yang dapat dilakukan sambil menunggu saat penjualan properti yang pas, mulai dari menyewakan rumah, mengubah fungsi rumah menjadi tempat usaha, hingga membuat usaha kos-kosan. Hal-hal yang disebutkan tadi akan memberikan Anda passive income secara rutin sehingga Anda tetap dapat mengeruk keuntungan di tengah usaha Anda mengembangkan investasi properti rumah.

  1. Menjual Properti Apa Adanya

Kondisi bangunan sangat memengaruhi harga jual properti rumah Anda di kemudian hari. Untuk itu, jika terdapat masalah pada rumah seperti atap bocor, tembok jebol, atau cat yang sudah mengelupas, segera benahi segala masalah tersebut sebelum melempar produk ke pasaran. Harga jual properti rumah akan naik secara signifikan apabila kondisinya terawat dan siap digunakan. Sebaliknya, kondisi properti yang “apa adanya” dan cenderung terlihat tidak terawat akan berkurang harga jualnya secara drastis. Maka selalu perhatikan properti Anda, rawat dan jadikan cantik rumah Anda agar saat melalukan penjualan, harganya properti rumah Anda bisa maksimal.

Demikianlah 3 hal yang wajib dihindari saat Anda mulai terjun ke bisnis investasi rumah. Untuk meraih keberhasilan di bisnis investasi rumah Anda membutuhkan banyak jam terbang dan pengalaman. Selain itu kemauan untuk terus belajar dan kegigihan dalam berusaha juga merupakan dua hal penting yang harus Anda miliki untuk mencapai cita-cita Anda sebagai seorang investor sukses.