fbpx
Wednesday, October 5, 2022
HomeBisnis Kost5 Strategi Bisnis Kos – Kosan Yang Akan Mendatangkan Cuan

5 Strategi Bisnis Kos – Kosan Yang Akan Mendatangkan Cuan

Saat ini peluang bisnis kos kosan menjadi salah satu bisnis yang menarik dan bisa menjadi lahan untuk investasi jangka panjang. Kos-kosan ini juga bisa menjadi sebuah pilihan bagi Anda yang ingin memulai bisnis properti kost, asalkan Anda dapat menemukan strategi bisnis kos-kosan yang tepat.

Seperti yang sudah diketahui, usaha kos kosan tanpa modal adalah salah satu kebutuhan yang memang akan dibutuhkan oleh mahasiswa maupun pekerja yang berasal dari luar daerah. Walaupun terlihat menarik dan mempunyai keuntungan yang lumayan besar, bisnis rumah kos kosan sekarang ini sudah cukup kompetitif. Pada saat ini, sudah ada setidaknya 2000 kost yang ada di kota Jakarta saja.

Strategi Bisnis Kost – kostan Untuk Pemula

Jika Anda masih pemula dan ingin menjalankan usaha kos kosan modal kecil ini, Anda harus memastikan terlebih dahulu jika bisnis tersebut akan berjalan dengan baik dan juga memikirkan strategi bisnis kos-kosan secara matang, agar Anda bisa mendapatkan keuntungan. Berikut ini adalah strategi bisnis untuk memanfaatkan peluang bisnis kos kosan tersebut :

  1. Mengenal Properti yang Dimiliki

Apabila Anda mempunyai properti yang luas seperti rumah maupun tanah, sebaiknya Anda terlebih dahulu memahami dan mengenal terlebih dahulu properti tersebut untuk memastikan bahwa properti akan cocok untuk dijadikan sebuah kosan. Misalnya, Anda mempunyai rumah dengan tanah belakang yang lumayan luas, Anda dapat melakukan renovasi pada bangunan agar rumah tersebut terlihat lebih luas, sehingga bisa menampung lebih banyak orang untuk dijadikan kos-kosan.

Selain itu, untuk membuat sebuah kos-kosan, Anda harus mengetahui ukuran standar kamar kosan. Agar Anda bisa mengetahui rumah tersebut cocok atau tidak, Anda bisa menghitung luas seluruh rumah dibagi dengan luas standar pada kamar. Berdasarkan hasil hitung-hitungan tersebut, Anda akan bisa mendapatkan berapa jumlah kamar yang nantinya bisa Anda buat nantinya.

  1. Pilih Bangunan yang Paling Tepat

Jika Anda tidak mempunyai properti pribadi, Anda dapat membeli bangunan kosan yang sudah jadi. Saat ini, Anda bisa menemukan banyak sekali pilihan info usaha kos kosan tanpa modal  yang nanti dapat Anda jadikan bahan pertimbangan agar bisa membeli bangunan baru maupun membeli bangunan lama. Jika Anda memilih untuk membeli sebuah bangunan baru, sebaiknya terlebih dahulu memperhatikan sertifikat properti yang nantinya akan Anda dapatkan.

Sedangkan untuk bangunan lama, selain harus memperhatikan sertifikat, Anda juga harus memperhatikan kondisi bangunannya. Jika Anda terlebih dahulu tidak mengecek kondisi bangunan, Anda nanti bisa mengeluarkan uang yang jauh lebih banyak untuk melakukan renovasi bangunan ke kondisi yang optimalnya.

  1. Memilih Lokasi yang Ramai

Jika lokasi untuk kos-kosan Anda ramai, maka akan semakin tinggi keuntungan usaha kos kosan yang bisa Anda dapatkan pada setiap bulannya. Mempunyai properti kosan dengan lokasi yang strategis akan penting untuk menetapkan biaya bisnis kos kosan.

Lokasi yang strategis, dekat dengan fasilitas publik seperti kampus, perkantoran, sekolah sampai pusat transportasi bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk membuat sebuah kos-kosan. Hal tersebut disebabkan karena banyak orang yang memang mencari kosan dengan lokasi paling dekat dimana mereka sering banyak melakukan aktivitas.

Sebaliknya, membangun sebuah kos-kosan dengan jarak dan juga lokasi yang dekat dengan berbagai fasilitas publik justru bisa membuat modal cenderung lebih sedikit dan terkadang tidak akan berputar dengan baik.

  1. Buat Desain Kos yang Fungsional dan Juga Estetik

Sekarang ini akan sangat mudah untuk menemukan kos-kosan yang akan menawarkan desain kamar kosan dengan konsep unik dan modern. Oleh sebab itu, jika Anda menginginkan kosan yang dimiliki di incar oleh banyak para calon penghuni, sebaiknya Anda merenovasi kosan dengan tema tertentu dan juga estetik.

Selain estetik, Anda juga harus memastikan bahwa ruangan pada kosan Anda ini dilengkapi dengan furnitur yang fungsional misalnya lemari pakaian, meja kerja, tempat tidur, dan berbagai furnitur lainnya yang bisa meningkatkan estetika dan ruang penyimpanan. Harus selalu di ingat, kos-kosan yang mempunyai desain estetik dan fungsional akan sangat menguntungkan karena pasti banyak dicari orang. Ketika seseorang tinggal di kosan, mereka akan membawa banyak sekali barang dan memerlukan tempat penyimpanan yang banyak.

  1. Berikan Pelayanan yang Terbaik

Cara membangun kos kosan tanpa modal selanjutnya yaitu memastikan penghuni kos merasa nyaman ketika mereka berada di kosan tersebut. Saat ini, hampir seluruh kos-kosan akan menyediakan fasilitas WiFi gratis karena memang kebutuhan para penghuni kos-kosannya. Jika kos-kosan Anda tidak mempunyai fasilitas tambahan, akan sedikit sulit bagi Anda untuk menarik para calon penghuni kos.

Anda nantinya dapat bersaing dengan cara menambahkan bukan hanya untuk layanan WiFi gratis, tetapi juga menambahkan fasilitas seperti layanan laundry, bersih-bersih, dan juga layanan katering untuk para penghuni kos.

  1. Miliki Branding yang Kuat

Berdasarkan banyak pengalaman bisnis kost setelah nantinya mempersiapkan bangunan kos-kosan, tentunya juga harus melakukan promosi bisnis Anda. Coba mulai dengan cara mempromosikannya lewat sosial media maupun dengan menempelkan brosur pada tempat-tempat yang nantinya dapat dikunjungi target market Anda.

Anda nantinya juga dapat memberikan promosi maupun diskon untuk beberapa penghuni yang pertama, karena langkah yang satu ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kos-kosan milik Anda. Selain itu, Anda juga dapat menonjolkan nilai-nilai yang lebih dari kosan tersebut, seperti pada dekorasi kamar, fasilitas, dll.

  1. Harga Yang Kompetitif

Jika Anda sudah mempertimbangkan keseluruhan faktor yang ada di atas, pada akhirnya, para calon penghuni nanti akan memutuskan untuk tinggal pada kos-kosan Anda berdasarkan harga yang diberikan. Agar nantinya kos-kosan Anda selalu ramai dan juga penuh, coba untuk memberikan harga sewa yang sesuai dengan target beserta fasilitas yang dimiliki oleh kos – kosan yang Anda miliki.

Anda juga dapat melakukan survei kecil-kecilan pada harga kos yang terdapat di sekitar lokasi supaya memberikan harga yang bersaing. Jangan lupa, Anda harus menyesuaikan harga yang diberikan dengan fasilitas yang Anda, serta memfaktorkan lokasi properti milik Anda sendiri.

Itulah beberapa cara bisnis kos kosan tanpa modal maupun dengan modal yang mendalam dan bisa membantu Anda jika ingin memulai bisnis kos-kosan. Memulai peluang bisnis kos kosan ini tentunya tidak akan mudah dan bisa memakan modal yang besar, tetapi jika Anda melakukannya dengan benar dan teliti, maka pastinya tidak harus mengkhawatirkan banyak hal. Hal ini karena memang sudah memiliki strategi yang matang sejak awal ingin memulai bisnis kost tersebut.

Anda juga bisa mencari informasi yang lebih mendalam lagi terkait dengan bisnis properti tersebut melalui majalah tentang properti, internet, website dan lain sebagainya untuk menambah wawasan Anda terkait dengan bisnis tersebut sehingga Anda bisa menjalankannya dengan baik.

Jika anda tertarik untuk membangun bisnis properti kost, anda bisa belajar dan mengikuti KSI Community, dimana anda akan belajar 2 hari di kelas seminar dan 1 hari praktik beli properti kost langsung di lapangan serta mengunjungi properti kost milik mentor kami.

Jika Anda ingin punya bisnis kost tanpa harus ribet yang penting cuan. Anda bisa investasi dan beli franchise bisnis kost karena sistem autopilot jadi Anda tidak usah ribet tapi passive income jalan terus.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?