fbpx
Wednesday, October 5, 2022
HomeBisnis KostAnda Ingin Memulai Bisnis Indekos? Tapi Khawatir Tentang Modal Bisnis Kos Kosan?...

Anda Ingin Memulai Bisnis Indekos? Tapi Khawatir Tentang Modal Bisnis Kos Kosan? Tenang, Cukup Lakukan Cara-cara Berikut ini!

Salah satu kendala yang sering dikeluhkan banyak orang dalam memulai bisnis kosan adalah modal bisnis kos kosan. Harus diakui bahwa untuk menjalankan bisnis kos kosan memang memerlukan modal yang cukup tinggi, mulai dari membeli rumah dengan banyak kamar, mempersiapkan perabotan dan peralatan elektronik, serta gaji petugas keamanan dan ART.

Keuntungan Bisnis Kos Kosan

Sebelum memulai bisnis kos kosan, ada baiknya anda mengetahui apa saja keuntungan yang akan anda dapatkan ketika berbisnis kosan, antara lain:

  1. Bisa dijadikan guest home atau penginapan harian

Sama dengan guest home, kosan juga bisa anda jadikan sebagai penginapan harian. Khususnya untuk pelancong atau backpaper yang mencari penginapan dengan harga murah. Peluang tersebut, dapat anda ambil bila ada kamar kos yang kosong. Dengan begitu kentungan anda akan bertambah.

  1. Mudah dijual kembali

Indekos termasuk dalam jenis properti komersial, dan kebanyakan orang membeli rumah kos dengan tujuan untuk sebuah usaha daripada aset semata. Sehingga untuk menjual kembali kosan bukanlah sesuatu yang sulit.

  1. Menjadi passive income

Dengan memiliki usaha kost atau kontrakan, maka setiap bulannya anda akan menerima pendapatan rutin dan tetap dari hasil sewa indekos. Untuk besar kecilnya pendapatan tergantung dari banyaknya kamar yang anda miliki.

  1. Tidak pernah sepi peminat

Kosan bisa dikatakan sebagai jenis properti yang paling dicari dan tidak pernah sepi peminat. Karena tiap bulannya ada saja orang yang mencari kamar kos sebagai tempat tinggal. Sasaran bisnis ini juga sangatlah luas, yakni karyawan, mahasiswa atau individu yang sedang merantau ke suatu kota.

  1. Biaya perawatannya terjangkau

Biasanya kamar kos memiliki ukuran yang cukup kecil, sehingga kerusakan yang terjadi juga tidak terlalu besar. Anda cukup memastikan keamanan pintu gerbang, berfungsinya saluran air, listrik dan fasilitas lain, misal Wi-Fi tetap.

  1. Capital gain yang besar

Keuntungan kos kosan selanjutnya adalah mempunyai capital gain atau timbal balik modal yang relatif lebih besar jika dibandingkan jenis properti lainnya. Diperkirakan modal yang anda keluarkan bisa kembali dalam kurun waktu 5-10 tahun. Untuk ukuran bisnis properti, waktu tersebut terbilang cepat.

  1. Semakin banyak fasilitas semakin mahal harga sewa yang ditawarkan

Umumnya, kos kosan yang disewakan sudah dilengkapi beberapa fasilitas pendukung seperti lemari, tempat tidur, jaringan internet, TV kabel dan yang lainnya. Semakin lengkap fasilitas yang anda sediakan, semakin mahal pula harga sewa yang bisa anda tawarkan.

  1. Merupakan bisnis yang praktis dan mudah dijalankan

Berbeda dengan bisnis penginapan yang memiliki banyak syarat dan izin khusus, maka bisnis kosan tidak membutuhkan itu, sehingga terkesan lebih simple dan mudah.

Kelebihan Bisnis Kos Eksklusif

Namun, saat ini bisnis kos di masa pandemi ada sedikit perbedaan, yaitu banyak penghuni indekos yang memilih pulang ke kampung halamannya. Mengapa? karena seluruh perguruan tinggi dan sekolah menerapkan study from home.

Tidak sebatas mahasiswa saja, karyawan juga diharuskan work from home, sehingga mau tidak mau mereka harus kembali ke rumah masing-masing. Nah, untuk mempertahankan bisnis kos kosan, sebaiknya anda beralih ke bisnis kos eksklusif.

Salah satu kelebihannya adalah tidak terlalu memengaruhi modal bisnis kos kosan. Adapun kelebihan lainnya:

  1. Cukup tingginya kebutuhan karyawan akan tempat kos aman dan nyaman, sehingga bisnis kos eksklusif tidak terlalu merasakan dampaknya.
  2. Kos eksklusif cenderung menarik perhatian pihak-pihak yang sedang melakukan perjalanan bisnis atau dinas, alasannya karena memiliki harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan hotel.
  3. Meskipun selama pandemi sektor pariwisata menurun, namun tidak terlalu signifikan. Jadi kos eksklusif masih tetap eksis karena tertutup oleh pelanggan yang mengambil hunian bulanan.

Strategi Bisnis Kos Kosan Agar Penghasilan Meningkat

Selain itu, anda juga membutuhkan beberapa strategi demi kemajuan bisnis kontrakan atau kos kosan yang sedang anda jalankan:

  1. Meningkatkan keamanan

Penghuni kos pasti menjadikan tingkat keamanan suatu kos kosan sebagai pertimbangan dalam memilih kamar sewa. Dalam rangka meningkatkan keamanan, anda bisa memasang CCTV, atau mengerjakan satpam.

  1. Menambah fasilitas

Fasilitas yang disediakan memang memengaruhi harga sewa, namun tidak ada salahnya jika anda menambah fasilitas atau menyediakan paket lengkap, seperti kulkas, water heater, shower, AC, hingga balkon. Selain untuk menarik perhatian calon penyewa, juga turut serta menaikkan harga sewa.

  1. Menambah layanan (opsional)

Cara membangun kos kosan sebagai penghasilan tambahan, anda bisa menambah layanan atau service, contohnya menyediakan layanan laundry, membersihkan kamar, menawarkan catering kepada penghuni kos, antar jemput dan lain-lain.

Cara Memulal Bisnis Kos Kosan Tanpa Modal Besar

Bagaimana cara memulai bisnis kosan tanpa modal yang besar? Di bawah ini cara-cara yang bisa anda terapkan, yaitu:

  1. Menjadi pengelola kos

Jasa pengelola kos ini umumnya dibutuhkan oleh pemilik kosan yang tinggal jauh dari rumah kos. Dalam bekerja anda tidak harus mengerjakan semuanya sendiri, karena anda juga bisa mempekerjakan asisten rumah tangga untuk membersihkan kos.

Selain itu, anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan, misalnya dengan menjual air minum, pulsa, mie instan dan keperluan sehari-hari lainnya.

  1. Menyewa rumah untuk dijadikan tempat kos

Analisa bisnis kos kosan tanpa modal yang besar, anda bisa memulainya dengan menyewa rumah yang dekat dengan kampus atau perkantoran untuk dijadikan rumah kos. Walaupun membutuhkan modal, tetapi dana yang dibutuhkan tidak sebanyak dana untuk membeli rumah kos.

Biasanya sistem pembayaran sewa rumah adalah per tahun, namun anda bisa menegosiasikannya dengan pemilik rumah agar pembayaran dilakukan per bulan atau per tiga bulan.

Dengan tujuan, agar pembayarannya terasa lebih ringan dan dana lain yang anda miliki bisa digunakan untuk memasarkan bisnis kos kosan.

  1. Menyewakan kamar kosong yang ada di rumah anda

Apabila rumah adan banyak kamar yang kosong, tidak ada salahnya anda menyewakan kamar tersebut. Untuk jangka sewanya bia menggunakan sistem harian, sehingga kamar kos tersebut hanya bisa ditawarkan ketika kamar dalam keadaan kosong.

Meskipun usaha ini kerap dipandang sebelah mata, namun mampu memberikan penghasilan tambahan untuk membayar tagian, seperti listrik, air dan telepon, atau bisa juga anda tabung untuk modal membangun kos kosan.

  1. Membeli rumah di pingiran kota

Sudah bukan rahasia lagi, jika properti di desa atau pinggiran kota harganya lebih terjangkau daripada harga properti dipusat kota. Kemudian, cari rumah yang berlokasi didekat kampus, pabrik, perkantoran atau pusat perbelanjaan.

Apabila anda merasa kesulitan dalam mengontrol properti, anda bisa mencari orang yang bisa dipercaya, baik teman atau keluarga yang tinggal di area tersebut.

Demikian pembahasan mengenai indekos, terutama keuntungan, strategi bisnis kosan agar penghasilan meningkat, dan cara mudah untuk membangun kos kosan tanpa modal terlepas dari anda yang masih pemula. Serta, memahami apa saja yang dibutuhkan dalam modal bisnis kos kosan.

Bagi anda yang berminat untuk membeli atau berinvestasi kos kosan dalam waktu dekat, tidak perlu lagi susah-susah mencari. Karena melalui Bisnis Franchise Bisnis Kost, keinginan anda akan terpenuhi.

Jika anda tertarik untuk membangun bisnis properti kost, anda bisa belajar dan mengikuti KSI Community, dimana anda akan belajar 2 hari di kelas seminar dan 1 hari praktik beli properti kost langsung di lapangan serta mengunjungi properti kost milik mentor kami.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?