fbpx
Wednesday, October 5, 2022
HomeBisnis KostAneka Persyaratan dan Izin Usaha Kos yang Harus Diketahui

Aneka Persyaratan dan Izin Usaha Kos yang Harus Diketahui

Bagi Anda yang ingin membuka usaha kos, ada baiknya jika Anda memahami aneka persyaratan dan juga aneka izin usaha kos yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Mengingat rumah kos ini juga termasuk dalam kategori usaha, sudah pasti ada tertib administrasi yang diberikan oleh pihak pemerintah daerah setempat, dan juga pajak usaha yang juga harus disetorkan.

Syarat mendirikan tempat kos

Seperti umumnya mendirikan usaha jenis lainnya, akan ada syarat dan perizinan yang harus Anda penuhi. Demikian pula untuk rumah kos, adapun syarat mendirikan usaha kost terbilang tidak terlalu rumit, antara lain :

  1. Surat permohonan

Di dalamnya tercantum tentang surat permohonan untuk mendirikan sebuah rumah kos, dilengkapi pula dengan materai Rp .6000, untuk keabsahan dokumen. Ini akan jadi persyaratan izin rumah kost pertama yang harus Anda siapkan.

  1. Identitas pemohon

Terdiri atas fotokopi KTP pemilik rumah kos dan juga fotokopi KK. Jika dikuasakan, maka Anda membutuhkan sebuah surat kuasa, yang juga dilengkapi dengan materai Rp 6.000. Tidak lupa sertakan juga fotokopi KTP dari orang yang diberi kuasa tersebut.

  1. Persetujuan lingkungan

Ada juga surat pernyataan persetujuan dari lingkungan yang ada di sekeliling tempat kos tersebut. Mulai dari persetujuan tetangga kiri, kanan, depan dan juga belakang. Dilengkapi juga dengan KTP dari para tetangga yang bersangkutan tersebut.

  1. Fotocopy IMB
  2. Izin rumah kos yang terdahulu.
  3. Fotokopi PBB untuk tahun terakhir.
  4. Bukti pembayaran pajak hotel

Terutama bagi Anda yang mempunyai 10 kamar kos atau lebih, maka Anda harus menyertakan bukti pembayaran pajak hotel.

  1. Adanya surat pernyataan, dari pihak pemilik terkait, ketika terjadi perubahan kepemilikan atau juga pengelolaan.
  2. Adanya proposal teknis

Di dalamnya, Anda harus mencantumkan :

  • Jumlah kamar yang akan disewakan
  • Adanya penjelasan tentang jasa yang ditawarkan
  • Kisaran akan harga sewa kamar kos
  • Adanya desain bangan, lengkap dengan rincian penggunaan di setiap ruangan yang ada.
  • Adanya daftar fasilitas pada tempat kos tersebut.

Aneka perizinan mendirikan tempat kos

Selain aneka syarat, ada juga aneka izin usaha kos yang juga harus Anda persiapkan. Berikut ini adalah beberapa perizinan untuk membangun rumah kos berdasarkan Undang Undan nomor 10 tahun 2009, tentang Kepariwisataan, antara lain :

  1. Adanya IMB / Izin Mendirikan Bangunan

Adapun cara membuat IMB rumah kost tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa dokumen pembuatan IMB untuk rumah kost tersebut, seperti :

  • Formulir permohonan IMB
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi pembayaran PBB terakhir
  • Fotokopi Surat Keterangan Kepemilikan Tanah yang Sah, bisa juga berupa Sertifikat hak Milik / SHM, atau bahkan Akta Jual Beli / AJB.
  • Gambar arsitektur dan gambar situasi bangunan yang akan Anda dirikan.
  • Adanya peta rancangan kota yang sudah diperoleh.
  1. Tanda Daftar Usaha Pariwisata / TDUP

Tanda Daftar Usaha Pariwisata / TDUP akan jadi salah satu perizinan rumah kost yang perlu Anda siapkan. Karena menurut ketentuan KBLI, bisnis rumah kost, termasuk ke dalam klasifikasi KBLI 5590. Atau Penyediaan Akomodasi Lainnya, yang mencakup tempat tinggal bagi pelajar, asrama, asrama sekolah, pondok pekerja. Dimana rumah kos baik dengan makan atau tidak, sudah sesuai dengan ketentuan pasal 1,ayat 27, dari Peraturan Menteri Pariwisata nomor 18, tahun 1016, Tentang Pendaftaran Usaha pariwisata.

Untuk memperoleh TDUP tersebut, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Dimana syarat yang harus dipenuhi untuk perorangan atau badan usaha tentunya berbeda. Setelah aneka persyaratan atau kelengkapan dokumen sudah dicek, maka nanti akan diterbitkan TDUP oleh PTSP. Dimana isi TDUP sendirian akan berlaku, selama pelaku bisnis memang menyelenggarakan bisnis rumah kos tersebut.

  1. Izin Usaha Perpondokan & Izin Pemanfaatan Tanah / IPT

Izin Usaha Pemondokan atau IUP akan jadi izin mendirikan kost berikutnya yang harus Anda urus. Terutama ketika Anda akan mendirikan setidaknya 10 kamar kos. Dimana, masing masing daerah sudah mengeluarkan produk hukum khusus, untuk masalah perizinan IUP tersebut.

Selain IUP, ketika Anda mempunyai setidaknya 10 kamar atau lebih, maka Anda juga perlu mengurus IPT atau Izin Pemanfaatan Tanah. Dengan membuat surat izin yang satu ini, maka akan mengubah status tanah yang dimiliki jadi tanah usaha.

Adapun cara mengurus ITP ini tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu melengkapi formulir permohonan dan menyerahkannya pada pemerintah setempat. Tidak lupa lampirkan juga dokumen pendukung seperti fotokopi KTP, fotokopi NPWP, surat kepemilikan tanah site plan, dan juga fotocopy izin lokasi.

  1. Sertifikat Laik Fungsi / SLF

Dalam izin usaha kosan, ada juga Sertifikat Laik Fungsi / SLF, seperti Peraturan Pemerintah pasal 1 angka 18, nomor 16, tahun 2021, yang isinya tentang Peraturan Pelaksanaan Undang Undang no. 28, tahun 2002,  Tentang Bangunan Gedung. Dimana SLF ini berupa sertifikat yang akan menyatakan kelayakan fungsi bangunan atau gedung sebelum digunakan

  1. Izin Operasional

Izin operasional juga perlu Anda buat, untuk menghindari sanksi dari pemerintah. Adapun cara mengurus izin kos kosan ini tidak terlalu sulit. Anda dapat mengurusnya melalui RT, RW setempat, untuk nantinya memperoleh surat izin usaha kost.

  1. Dokumen lingkungan dan site plan

Dokumen lingkungan dan juga site plan juga termasuk dari beberapa izin mendirikan kos kosan yang juga harus Anda penuhi. Untuk dokumen lingkungan, berupa dokumen yang akan melindungi lingkungan sekitar, dari berbagai dampak yang terjadi akibat kegiatan usaha kos kosan tersebut.

Sedangkan untuk site plan, adalah detail yang jelas tentang bangunan dan juga interaksinya dengan lingkungan yang ada di sekitarnya, mulai dari rencana jalan, listrik, air, fasilitas sosial dan yang lainnya.

Bisnis kos dan investasi

Menjalankan bisnis rumah kos ini ibarat melakukan investasi jangka panjang. Mengingat sampai saat ini peminat tempat kos ini terus meningkat. Dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya, bisnis tempat kos ini terbilang lebih simple, namun mampu menghasilkan keuntungan yang konstan.

Walaupun terbilang simple, tapi ada yang jauh lebih simple, untuk menjalankan bisnis rumah kos tersebut. Yaitu dengan melakukan investasi pada bisnis franchise kost autopilot. Jika pada bisnis tempat kos umumnya, Anda sendiri yang akan mengelola, atau menunjuk seseorang yang akan mengelola, maka tidak dengan investasi pada Bisnis Franchise, terutama Bisnis Kost. Dimana Anda hanya perlu menyerahkan sejumlah uang, untuk diinvestasikan, dan nanti akan ada bagi hasil yang jelas, seperti umumnya sistem investasi.

Bisa dibilang bisnis franchise ini, akan jadi jenis bisnis rumah kos yang terbilang simple, dan tidak ribet. Dimana Anda tidak harus mempersiapkan berbagai macam hal, termasuk diantaranya masalah perizinan tersebut.

Demikianlah beberapa informasi untuk Anda, terkait syarat dan aneka izin usaha kos, yang harus Anda persiapkan, sejak awal, ketika akan membuka usaha tempat kos.

Jika anda tertarik untuk membangun bisnis properti kost, anda bisa belajar dan mengikuti KSI Community, dimana anda akan belajar 2 hari di kelas seminar dan 1 hari praktik beli properti kost langsung di lapangan serta mengunjungi properti kost milik mentor kami.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?