5 Trik Memulai Bisnis Properti Minim Modal untuk Pemula

0
128

5 Trik Memulai Bisnis Properti Minim Modal untuk Pemula

Meski kedengarannya terlalu menyenangkan dan tidak masuk akal, memulai bisnis properti tanpa atau dengan modal minim adalah hal yang sangat mungkin dilakukan.  Jika Anda paham triknya dan ulet, bisnis passive income property bisa dengan mudah diciptakan meski tanpa dana besar.

Jika Anda sudah cukup mantap dan merasa berani, 5 trik di bawah ini bisa Anda jajal jika Anda memiliki impian punya propery cash machine sendiri. Apa saja?

  1. Menjadi Makelar Rumah

Tidak semua orang bisa menjadi makelar. Butuh kejelian dan pengetahuan pasar yang luas untuk bisa melakukannya. Cobalah untuk sering berkeliling ke perumahan di sekitar Anda untuk melihat apakah ada rumah yang hendak dijual. Anda bisa juga mendatangi perumahan-perumahan baru yang belum diiklankan. Di sinilah kesempatan untuk Anda.

Temui pemiliknya dan tawarkan jasa Anda untuk menjualkan rumah tersebut dengan komisi sesuai kesepakatan, misalnya 2,5%. Anggap saja Anda berhasil menjualkan rumah seharga 200 juta rupiah maka Anda sudah bisa mengantongi 5 juta dari komisinya.

  1. Menjadi Agen Properti

Ada perumahan baru yang hendak dibuka di dekat rumah Anda? Cobalah mendaftar menjadi agen. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan informasi yang up to date mengenai potensi pasar dan harga jual rumah pada saat itu. Anda juga akan dibimbing untuk menjual properti dan bernegosiasi dengan klien. Dari sana Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan yang bisa digunakan untuk membangun bisnis properti Anda sendiri.

  1. Mengelola Homestay

Homestay atau penginapan menjadi salah satu cara investasi properti yang banyak dipilih orang. Lantas bagaimana jika Anda tidak punya propertinya? Anda tentu harus pintar mencari kesempatan dengan menemukan properti yang menganggur di sekitar tempat tinggal Anda.

Anggaplah salah satu kenalan Anda memiliki satu rumah yang selama ini dibiarkan kosong. Ia ingin membuka rumah kost atau penginapan, namun merasa tidak memiliki kemampuan mumpuni untuk itu. Cobalah tawarkan diri Anda untuk mengelola rumah tersebut untuk dijadikan homestay. Anda bisa menggunakan sumber daya yang Anda miliki seperti iklan online untuk memasarkan homestay tersebut.

  1. Membuat Situs Jual Beli Properti

Tidak punya properti namun punya skill internet yang mumpuni? Anda bisa menjadikan ini sebagai modal dasar sebelum benar-benar terjun langsung ke dunia properti. Buat situs jual beli, tips-tips dan berbagai hal yang berhubungan dengan properti. Bukan tidak mungkin ada agen perumahan yang tertarik dan mengajak Anda bekerja sama. Anda juga bisa mendapatkan komisi dari setiap properti yang berhasil terjual di situs Anda.

  1. Dapatkan Dana dari Bank

Ada beberapa cara memanfaatkan dana pinjaman bank untuk investasi properti. Bank biasanya mengucurkan kredit di bawah harga pasar yang didapat dari apraisal yang mereka lakukan. Selisih harga inilah yang akan menjadi dana lebih atau cash back untuk Anda.

Minim modal sama sekali bukan halangan bagi Anda untuk membeli property and invest. Dengan beberapa trik di atas, mulailah bisnis properti Anda sekarang juga!