Bingung Memilih Bisnis yang Menguntungkan? Yuk Lihat Peluang Usaha Rumah Kost

0
248

Bingung Memilih Sebuah Bisnis? Coba Simak Peluang Usaha Rumah Kost Berikut Ini

Seiring dengan harga kebutuhan pokok yang terus meningkat, untuk memenuhi keperluan sehari-hari tak cukup bila hanya mengandalkan gaji bulanan. Oleh sebab itu, banyak orang yang mulai terjun ke dunia bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu sektor bisnis yang sedang digandrungi adalah investasi rumah kost.

Bila Anda tertarik dan ingin menggeluti bisnis properti ini, coba simak ulasan mengenai peluang usaha rumah kost berikut ini:

  1. Tidak Pernah Sepi Peminat

Di zaman modern seperti sekarang, kebutuhan akan pendidikan sangatlah tinggi. Hal ini tentu saja beriringan dengan kebutuhan tempat tinggal yang tinggi pula, khususnya bagi mereka yang datang dari luar kota atau pulau.

Kondisi tersebut menjadi sebuah kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan. Salah satunya dengan membuka bisnis rumah kost. Keuntungan bisnis kost sendiri terbilang cukup besar apalagi jika Anda menyediakan fasilitas memadai seperti Wi-Fi dan ruang belajar khusus, maka Anda dapat menaikkan harga sewa sebanyak 10-15 persen dari harga pasaran.

Selain mendirikan usaha rumah kost di kawasan universitas, daerah perkantoran juga menjadi lokasi bisnis rumah kost yang paling menguntungkan. Lebih dari itu, bisnis rumah kost akan tetap diminati di kota-kota besar yang menjadi pusat arus urbanisasi seperti Jakarta.

  1. Memberikan Penghasilan Rutin

Penghasilan rutin menjadi jaminan keuntungan yang diperoleh ketika seseorang memiliki usaha rumah kost. Namun, hal ini tergantung pada bagaimana sistem pembayaran yang Anda tetapkan, apakah pembayaran dilakukan setiap bulan atau setiap tahun.

Katakanlah Anda menerapkan sistem pembayaran tiap satu bulan. Jika Anda memiliki 10 kamar kost dengan masing-masing harga sewa kamar sebesar Rp700.000. Bisa dipastikan, dalam satu bulan Anda bisa menerima passive income sebesar 7 juta atau dengan kata lain 84 juta per tahunnya.

  1. Memiliki Capital Gain dan Cap Rate yang Tinggi

Dibanding dengan investasi tanah kosong dan rumah, bisnis kost memiliki capital gain dan cap rate yang lebih tinggi. Capital gain adalah kenaikan harga sebuah properti. Sedangkan cap rate adalah perbandingan antara harga properti dengan penghasilan yang diperoleh dari sebuah properti tersebut.

Bila cap rate investasi rumah umumnya berkisar 3-5%, cap rate bisnis rumah kost bisa mencapai angka 5-7%. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan bisnis kost tak hanya menjual bangunan fisik semata, namun juga menjual jasa kepada penghuni kost seperti jasa pembersih kamar, cuci setrika, dan penjualan perlengkapan sehari-hari.

  1. Membuka Peluang Binis Lain

Selain mendapat keuntungan dari biaya sewa yang dibayarkan oleh penghuni kost, masih banyak hal lain yang bisa Anda eksplorasi agar bisa meraih keuntungan lebih. Bagaimana caranya? Coba perhatikan kebutuhan dari para penghuni kost.

Misalkan saja menyediakan jasa cuci baju dan katering bagi penghuni yang memiliki jadwal padat serta mobilitas tinggi. Daripada mereka harus mencuci baju atau membeli makanan di luar yang mungkin harganya jauh lebih mahal, Anda bisa menawarkan jasa tersebut dengan harga yang lebih terjangkau.

Selain itu, Anda bisa meminta biaya tambahan di luar harga sewa kost kepada penghuni yang menggunakan fasilitas tertentu seperti AC dan televisi.

  1. Pengelolaan Relatif Mudah

Menjalankan bisnis rumah kost terbilang susah-susah gampang. Susahnya terjadi hanya di awal bisnis, ketika Anda harus repot menyiapkan model dan desain bangunan. Setelah tahapan itu berlalu, selebihnya Anda sudah bisa mengelolanya secara mandiri atau memilih untuk menyerahkan kegiatan bisnis ke pihak yang lebih profesional seperti BLL Management yang menyediakan jasa pengelolaan manajemen kost.

Itulah penjelasan singkat mengenai peluang usaha rumah kost yang sangat menjanjikan. Meskipun modal awal yang dikeluarkan cukup besar, namun hal tersebut sebanding dengan keuntungan yang didapat. Terlebih, waktu yang dibutuhkan untuk balik modal terbilang cepat dengan jangka waktu paling lama yakni sepuluh tahun.