6 Keuntungan Bisnis Sewa Kost di Jakarta

0
32
Bisnis Sewa Kost di Jakarta

Sebagai salah satu pilihan investasi, bisnis sewa kost di Jakarta memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemilik properti.

Investasi properti kost ini sangat terbilang menguntungkan bagi para investor / pemilik kost karena bisnis properti yang satu ini tidak terlalu rumit ketika dijalankan, tidak serumit bisnis properti kebanyakan.

Namun jangan lupa bahwa setiap bisnis memiliki resikonya masing masing. Tapi jika dari awal kita sudah memiliki pengetahuan dan persiapan yang matang pasti kita bisa terhindar dari resiko yang ada.

Bisnis kost sudah tumbuh sejak puluhan tahun lalu dan hingga kini selalu mengalami perkembangan hingga kegiatan sewa kost sendiri telah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian kalangan masyarakat.

Bisnis Sewa Kost di Jakarta

Keuntungan Bisnis Sewa Kost di Jakarta

Di Jakarta sendiri, bisnis sewa kost sudah banyak dikenal orang. Baik masyarakat umum, apalagi para pelaku bisnis investasi properti. Bisnis sewa kost di Jakarta begitu menjanjikan keuntungan yang besar karena memiliki peluang yang cukup besar bila dilihat dari berbagai aspek keuntungan yang bisa di dapat nantinnya, seperti :

  1. Peminat kamar kost sangat tinggi

Kebutuhan kamar kost  di Jakarta selalu saja bertambah dari waktu ke waktu, terutama di kota sebesar Jakarta, apalagi jika lokasi dekat dengan jalan raya, kampus, kantor, pabrik, dan tempat kerja lainnya.

Disebabkan jumlah mahasiswa dan karyawan yang selalu bertambah setiap tahunnya.

Hal ini tentunya menjadi salah satu peluang bagi anda yang hendak terjun bisnis sewa kost, peluang keberhasilannya sangat tinggi karena sangat minim resiko rugi.

Nah bagi Anda yang memiliki lahan strategis seperti dekat dengan jalan raya, kampus, kantor, pabrik, pusat perbelanjan dan lain sebagainya. Alangkah baiknya mulai merencanakan untuk terjun bisnis tersebut.

  1. Pengelolaan kost relatif mudah

Untuk menjalankan dan mengelola kost kostan bisa dibilang relatif mudah. Kesulitan yang perlu hadapi biasanya hanya akan anda alami saat diawal memulai bisnis saja.

Yaitu ketika menyiapkan kamar kost, mulai dari lahan, desain bangunan serta desain kamar, menyiapkan fasilitas tambahan seperti perabotan dan peralatan elektronik lainnya.

Kemudian anda perlu menyiapkan petugas keamanan,petugas kebersihan serta aturan yang akan berlaku di kost anda. Dan yang perlu anda lakukan berikutnya adalah mempromosikan kost kostan anda.

Setelah tahap itu anda lakukan dengan baik, anda hanya perlu menyerahkan pengelolaan lanjutan kost kostan anda kepada orang kepercayaan anda.

Jangan lupa untuk sesekali berkunjung dan memeriksa keadaan kost sewaktu waktu. Jangan lupa untuk menagih uang sewa dan membayar tagihan listrik, tagiihan air, dan gaji petugas keamanan, petugas kebersihan di kost kostan Anda.

  1. Penghasilan jangka panjang

Alasan lain mengapa bisnis kost disebut bisnis dengan peluang keberhasilan yang tinggi adalah karena anda bisa menghasilkan penghasilan tambahan secara pasif tiap bulannya.

Selama kost tetap berdiri dan selama banyak penghuni, maka anda akan terus mendapatkan penghasilan.

Penghasilan yang anda dapat juga sifatnya rutin dan jangka panjang. Selain mendapat penghasilan tiap bulan, para penghuni kost pun biasanya menyewa dengan jangka yang lama.

Jika seorang mahasiswa menyewa kamar, biasanya  ia akan menyewanya sampai beberapa tahun kedepan. Terkadang setelah lulus pun mereka memilih bekerja disekitar kota tersebut dan memutuskan untuk tetap tinggal di kost.

  1. Pengasilan lebih tinggi dibanding mengkontrakkan rumah

Sebuah bangunan /  rumah bisa anda manfaatkan untuk mendapat penghasilan pasif tiap bulannya. Yang bisa anda pilih diantaranya yaitu mengkontrakkan rumah, atau menjadikannya kost kostan.

Kebanyakan orang memilih untuk menkontrakkan rumahnya saja, dengan alasan tidak mau ribet. Namun penghasilan yang di dapat jika anda menjadikannya sebagai kost kostan terbilang relatif tinggi dibandingkan menkontrakkan rumah.

Walaupun pengelolaannya lebih repot, namun penghasilan yang didapat setimpal dengan pengorbanan yang dilakukan.

Belum  lagi anda bisa menyediakan fasilitas tambahan seperti laundry, katering, dan menjual pulsa atau paket internet sebagai penghasilan tambahan lainnya.

  1. Kondisi bangunan lebih terawat

Jika anda lebih memilih untuk menjadikan rumah sebagai kost kostan maka rumah anda akan lebih terawat sebab anda rutin mengontrol kondisi rumah anda tersebut.

Berbeda apabila anda memilih untuk mengkontrakkan rumah saja tanpa menjadikannya kost kostan.

Biasanya para penyewa rumah kurang memperhatikan perawatan rumah, sehingga saat masa penyewaan berakhir anda menerima rumah dalam keadaan kurang terawat, seperti bocor atau bahkan rusak parah.

sehingga anda perlu mengeluarkan biaya perbaikan atau renovasi sebelum anda menyewakan kembali rumah tersebut kepada orang lain.

  1. Capital Gain tinggi

Sebagaimana kita ketahui jika harga properti sangat cepat naik. Tapi bisnis properti yang satu ini lebih cepat lagi kenaikan harganya.

Jadi jika saja suatu saat anda ingin menjual rumah kost anda, maka harga rumah kost anda pasti lebih tinggi bila dibandingkan dengan rumah biasa.

Selain kondisi bangunan yang lebih terawat, bisnis sewa kost yang sudah berjalan juga jadi nilai tambah bagi calon pembeli rumah kost anda.

Biasanya mereka akan tertarik untuk membeli walau harganya lebih mahal, sebab mereka sudah memperhitungkan penghasilan yang akan mereka dapatkan nantinya.

Mereka pun merasa lebih untung karena hanya tinggal meneruskan pengelolaan kost yang telah anda kelola sebelumnya.

Bahkan anda bisa mewariskan investasi properti kost ini kepada keturunan Anda nantinya.

Nah, itulah keuntungan dari bisnis sewa kost yang akan anda dapatkan. Peluang bisnis kost memanglah sangat menggiurkan, namun jangan sampai lupa bahwa setiap bisnis memiliki resiko yang bisa menimpa jika tidak dipersiapkan dengan benar.

Bisnis Sewa Kost

Untuk itu, inilah beberapa tips memulai bisnis kost :

  1. Cari lokasi yang strategis

Seperti kita ketahui bahwa di kota Jakarta terdapat banyak sekolah, kantor, kampus, mall, dan fasilitas umum lainnya. Sehingga tidak sulit untuk menemukan lokasi yang tepat untuk mendirikan bangunan untuk property kost.

  1. Harga Bersaing

Mematok harga dengan benar juga adalah salah satu langkah yang perlu dilakukan agar calon penghuni mau tinggal di kost kostan anda. Untuk itu anda perlu melakukan riset agar harga sewa kamar kost yang anda tawarkan adalah harga terbaik.

  1. Promosikan kamar kost

Dengan berkembangnya teknologi, mempromosikan bisnis kost yang anda miliki pun terbilang mudah, Anda bisa mempromosikannya dengan mengunggahnya ke media social yang ada, seperti facebook, Instagram dan lain sebagainya.

Promosi yang perlu anda lakukan lainnya adalah dengan mendaftarkan kamar kost anda ke banyak website dan aplikasi pencari kost yang ada saat ini seperti papikost. Karena para calon penghuni kost saat ini lebih sering menggunakan website dan aplikasi pencari kost untuk mendapatkan informasi mengenai kamar kost yang mereka inginkan ketimbang mendatangi lokasi kamar kost satu persatu.

Nah, itulah informasi yang bisa disampaikan mengenai bisnis sewa kost di Jakarta kali ini.

Terimakasih