fbpx
Saturday, May 28, 2022
HomeBisnis KostCara Memulai Bisnis Properti Kost

Cara Memulai Bisnis Properti Kost

Ingin mengelola bisnis, tapi tidak ingin terikat, namun menghasilkan keuntungan secara berkala dan rutin. Maka bisnis properti, dalam hal ini sewa kost, mungkin tepat untuk Anda. Kost sangat dibutuhkan untuk mereka yang membutuhkan tempat tinggal sementara, dengan berbagai alasan, mulai dari urusan pekerjaan, sekolah, hingga wisata ke tempat tertentu. Itu alasannya, lama sewa kost saat ini cukup beragam, tidak hanya tahunan atau bulanan saja. Tapi saat ini ada juga sewa kost mingguan hingga sewa kost harian. Lalu bagaimana jika Anda ingin membangun bisnis kost, mudah saja, hanya perlu mengikuti beberapa tips berikut ini:no

  1. Buat rencana bisnis secara matang

Hal pertama yang harus Anda pikirkan secara matang adalah rencana bisnis yang akan dibangun. Salah satu rancangan bisnis yang harus dipikirkan adalah Anda perlu memikirkan tentang segmentasi pasar yang hendak dibidik. Hal ini akan mempengaruhi beberapa hal, nantinya, mulai dari lokasi rumah kost, desain rumah kost, interior dalam rumah kost, kosongan atau isian, layanan yang akan diberikan, sistem sewa, dan yang lainnya.

Anda yang ingin membuat rumah kost untuk para mahasiswa misalnya maka Anda dapat membuat rumah kost yang ada di sekitar tempat kuliah. Lain halnya jika Anda ingin membidik wisatawan, maka kost harian Jogja, yang letaknya ada di sekitar tempat wisata, atau di kawasan perkotaan, yang dekat dengan tempat makan, dan alat transportasi akan jadi pilihan bijak.

  1. Segmentasi pasar

Seperti yang dibahas di point sebelumnya, Anda perlu menentukan segmentasi pasar yang akan dibidik. Untuk rumah kost ini segmentasi pasarnya cukup luas.

  • Kelas

Maksudnya diisi adalah status sosial, apakah tempat kost tersebut untuk kalangan VIP, menengah ke atas, atau kalangan umum.

  • Profesi

Yang dimaksud dengan profesi di sini apakah Anda akan membuka tempat kost untuk kalangan pekerja kantoran, pedagang, mahasiswa, atau bahkan wisatawan.

  • Status

Yang dimaksud status disini adalah, apakah Anda akan membuka tempat kost untuk wanita saja, pria saja, campuran, atau juga keluarga.

  1. Cari lokasi yang potensial

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencari lokasi yang tepat. Tentu bukan jadi rahasia lagi, kalau ingin membuka bisnis, harus mencari lokasi yang pas. Demikian pula ketika Anda ingin membuka tempat kost. Pilih tempat kost yang sesuai dengan segmentasi pasar. Misalnya saja Anda yang ingin membuka rumah kost untuk kalangan pekerja kantor yang ada di kawasan Jakarta maka, mencari kost Mangga Besar mungkin jadi solusi tepat.

  1. Cek kondisi fisik bangunan

Hal lain yang juga tidak kalah penting ketika Anda akan membuka tempat kost Permata Hijau misalnya. Sudah pasti cek kondisi fisik dari bangunan itu sendiri. Pastikan kondisi bangunan tersebut masih kokoh, dan terawat. Jika ada kerusakan segera perbaiki, hal ini dilakukan agar para penghuni kost merasa nyaman.

  1. Pastikan tempatnya selalu bersih dan nyaman

Setelah rumah atau tempat kost selesai di cek atau bahkan diperbaiki, maka berikutnya pastikan agar tempat tersebut selalu terjaga kebersihannya. Sehingga, ketika ada yang mengajukan sewa, baik itu sewa kost harian, atau bahkan bulanan, rumah / kamar selalu dalam kondisi siap. Apalagi ketika Anda mempunyai tempat kost di beberapa tempat, mulai dari kost Karet Pedurenan, atau di tempat lainnya, pastikan selalu cek kondisi rumah tersebut.

  1. Berikan fasilitas tambahan

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah fasilitas. Fasilitas ini diberikan sesuai dengan segmentasi pasar yang dibidik. Misalnya saja Anda akan membuat rumah atau kost exclusive Bandung sudah pasti, beberapa fasilitas seperti AC, Wifi, kamar mandi dalam dengan shower, air hangat, selama beberapa fasilitas standar lainnya ada di dalam kamar tersebut. Tentu saja hal tersebut belum termasuk fasilitas di luar kamar, seperti laundry, dapur umum lengkap dan yang lainnya.

Apabila Anda ingin membuat kamar kost untuk umum, maka fasilitas umum, seperti tempat tidur, lemari pakaian, meja belajar, atau bahkan kamar mandi dalam, adalah hal yang umum diberikan. Akan lebih baik, jika Anda bekerja sama dengan jasa desain interior untuk menata dan mendesain kamar yang akan digunakan sebagai tempat kost, yang dilengkapi dengan furniture di dalamnya. Agar penampilan tempat kost tersebut terlihat indah.

Sedikit tips untuk Anda, sediakan juga layanan kost  kosongan, terutama untuk mereka yang ingin tinggal di kost dengan harga murah. Ini akan jadi pilihan yang bijak, untuk para calon penghuni dalam memilih tempat tinggal sementara yang dirasa tepat.

  1. Pastikan tarif sewanya bersaing

Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah tarif sewa yang diberikan. Sebaiknya jangan terburu-buru membuat iklan dengan judul kost harian murah. Justru Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Cek rata-rata rumah kost dengan fasilitas yang sama.
  • Cek harga sewa rata-rata rumah kost di sekitar lokasi.
  • Cek harga sewa, berdasarkan lama sewa.
  • Cek kisaran beban rata-rata yang akan didapat, dan pengeluaran apa saja yang harus dikeluarkan.
  • Sisakan juga pengeluaran untuk pemeliharaan.

Dari informasi tersebut, sedikit banyak Anda akan mudah menentukan kisaran biaya atau tarif sewa yang harus dibayar para penghuni kost tersebut.

  1. Promosikan bisnis Anda

Baru kali ini, promosikan bisnis Anda. Untuk masalah promosi ini, dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Misalnya saja Anda mempunyai tempat atau kost Pondok Indah. Maka promosi dapat dilakukan mulai dari cara online, misalnya menggunakan website, iklan di beberapa blog rumah kost, menggunakan sosial media dan yang lainnya. Bisa juga dengan menggunakan iklan berdiri di depan rumah kost atau yang lainya.

Untuk media promosi, jika ingin cepat laku, tidak ada salahnya jika Anda bekerja sama dengan pihak marketing online atau bahkan membuat website khusus, yang dikelola oleh SEO profesional.

  1. Sisihkan hasilnya untuk mengembangkan bisnis

Yang namanya bisnis pasti ada keuntungan, tapi keuntungan sendiri, ada baiknya jangan langsung diambil semuanya. Sebaiknya buat suatu managemen keuangan khusus untuk bisnis kost tersebut. Misalnya saja dari tempat kost awal di kost Pondok Indah, Anda banyak memperoleh keuntungan. Tidak ada salahnya jika terus menyisihkan dana yang ada, untuk membangun tempat kost berikutnya, baik di tempat yang sama atau di tempat strategis lainnya. Tidak ada salahnya jika Anda sedikit belajar akuntansi, untuk menyusun anggaran pembukuan, tentang penerimaan dan pengeluaran. Walaupun terlihat sepele, namun hal ini akan menentukan keuangan dan kemajuan bisnis Anda di masa depan.

Tentunya dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk membuat sebuah tempat kost, tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari segmentasi pasar, lama sistem sewa yang diberikan (misalnya sewa kost harian, atau bahkan tahunan, dan yang lainnya), lokasi tempat kost (dalam hal ini cari yang potensial, seperti kost Kelapa Gading, atau di tempat lainnya), dan hal-hal lainnya. Agar bisnis kost Anda berkembang dan pastinya menguntungkan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?