fbpx
Saturday, May 28, 2022
HomeBisnis KostMau Tetap Dapat Penghasilan Setelah Pensiun? Inilah Peluang Usaha Pensiunan yang Bisa...

Mau Tetap Dapat Penghasilan Setelah Pensiun? Inilah Peluang Usaha Pensiunan yang Bisa Dipilih

Kenyataannya masa pensiun tak seenak seperti yang kebanyakan orang katakan. Pada masa pensiun banyak dilema atau bahkan masalah kehidupan yang bermunculan. Terutama pada umur yang sudah tidak muda lagi, kesempatan untuk berkarir semakin menipis sehingga menjadi penyebab dari seorang pensiunan tak mempunyai penghasilan.

Namun, ketika usia sudah tak lagi muda dan sudah tak bisa lagi bekerja, usaha atau bisnis merupakan salah satu jalan untuk dapatkan penghasilan dan tumpuan kebutuhan hidup. Anda bahkan bisa menjalankan usaha persiapan pensiun lebih dulu agar tak kaget ketika sudah masa pensiun nanti.

Sebenarnya, selain berbisnis, Anda pun bisa melakukan investasi seperti investasi saham untuk pensiun. Namun memang untuk bisa jalankan investasi pensiunan, Anda harus benar-benar mengetahui seluk-beluk tentang investasi agar tidak terjebak dalam penipuan ataupun Anda salah di dalam mengambil langkah sehingga malah merugikan.

Untuk itu, berbisnis jadi pilihan yang terbaik untuk tetap mendapatkan penghasilan setelah pensiun. Nah, berikut adalah sejumlah peluang usaha pensiunan yang bisa menjadi pilihan.

Ide Bisnis Setelah Pensiun

  1. Kontrakan atau Rumah Kos

Usaha pasca pensiun pertama cocok untuk dijalankan adalah kontrakan atau rumah kos. Sebelum memulainya, ada baiknya Anda untuk lakukan survei mengenai potensi bisnis satu ini pada lingkungan sekitar. Tempat-tempat paling ideal untuk buka kontrakan atau rumah kos, yakni daerah-daerah ramai seperti dekat dengan kampus, dekat dengan perkantoran, hingga dekat dengan pusat bisnis.

Untuk persiapkan bangunan kontrakan atau rumah kos memang dibutuhkan modal tak sedikit. Anda bisa untuk gunakan pesangon dari perusahaan atau dana tabungan untuk kebutuhan ini. Tidak perlu khawatir, Anda akan dengan segera dapatkan kembali modal dalam waktu beberapa bulan.

Nah, supaya penyewa kontrakan lebih merasa nyaman, ada baiknya Anda sediakan fasilitas-fasilitas yang baik serta memadai. Perhitungkan juga harga sewa kontrakan supaya sebanding fasilitas yang ada.

  1. Bisnis atau Usaha Waralaba

Jalankan franchise atau bisnis waralaba jadi salah satu usaha untuk pensiunan PNS yang bisa dijalankan. Menjalankan bisnis ini, Anda hanya perlu untuk pantau supaya bisnis dapat tetap hasilkan profit. Selebihnya, berbagai tugas yang lain bisa dijalakan oleh karyawan Anda.

Untuk mulai bisnis ini, awalnya Anda harus pilih dahulu bisnis yang ingin untuk dijalankan. Misalnya, apakah Anda ingin jalankan franchise minuman, franchise makanan, atau yang lainnya?

Modal yang dibutuhkan untuk jalankan bisnis ini pun cukup kecil. Pihak yang ingin bergabung jadi rekan bisnis yang akan keluarkan modal itu.

  1. Toko Kelontong

Jika Anda tinggal pada wilayah pemukiman padat serta jauh dari pusat kota atau pusat perekonomian, bisnis toko kelontong ini bisa jadi pilihan usaha bagus untuk Anda jalankan.

Target pasarnya pasti masyarakat sekitar rumah. Kebutuhan sehari-hari adalah barang-barang yang sebaiknya Anda jual pada toko kelontong. Misalnya saja, jajanan, minyak goreng, gula, garam, beras, sabun, shampoo, dan lain sebagainya.

Modal untuk mulai usaha ini relatif kecil. Agar Anda bisa lebih cepat dalam mendapatkan keuntungan, ada baiknya barang yang dijual adalah barang-barang yang memang masyarakat cari.

Itulah sejumlah peluang usaha pensiunan yang bisa menjadi dijalankan untuk tetap dapatkan penghasilan. Menjalankan usaha menjelang pensiun tentunya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Namun selain itu, ada beberapa alasan lain yang mendasari mengapa bisnis cocok dijalankan oleh para pensiunan. Berikut ini beberapa di antaranya:

Alasan Mulai Bisnis Bagi Pensiunan

  1. Tetap Aktif

Alasan pertama jalankan usaha masa pensiun adalah agar tetap aktif. Penelitian sudah tunjukkan jika rata-rata pensiunan akan alami masalah kesehatan secara signifikan pasca pensiun dalam waktu enam tahun, biasanya seperti depresi, penyakit jantung, hingga stroke. Tetap aktif, termotivasi, serta terhubung merupakan cara yang terbaik untuk perangi penurunan kesehatan karena penuaan.

Tidak hanya berolahraga dengan rutin tiap harinya, cara yang terbaik untuk selalu aktif adalah dengan mulai bisnis, yang libatkan berbagai kegiatan.

  1. Menambah Sumber Pendapatan

Alasan berbisnis setelah pensiun selanjutnya adalah agar dapatkan tambahan sumber penghasilan. Anda mungkin saja bisa andalkan pendapatan berkurang pasca pensiun. Suatu bisnis kecil bisa berikan dukungan finansial agar Anda tetap bisa bayar hutang, bayar tagihan, ataupun menjadi tabungan dana darurat. Anda bisa untuk teruskan karir yang sebelumnya untuk jadi pilihan. Misalnya saja jika Anda seorang chef di hotel, Anda bisa untuk memakai keterampilan tersebut untuk buka bisnis katering, rumah makan, atau bahkan Anda bisa membimbing orang yang meniti karier sama.

Seperti yang telah disebutkan di atas, jika selain investasi setelah pensiun, Anda tetap bisa dapatkan penghasilan dengan berbisnis. Namun, menjalankan bisnis seperti yang diketahui bukan hal yang mudah tapi juga tidak sesulit yang dibayangkan. Anda hanya perlu menjalankan bisnis secara tepat dan sebaik mungkin agar bisa dapatkan keuntungan.

Nah, berikut adalah sejumlah tips jalankan Bisnis Saat Pensiun

Tips Mulai Bisnis Ketika Pensiun

  1. Baca Peluang Lebih Dulu

Sebenarnya peluang untuk jadi pebisnis tentunya selalu ada serta terbuka lebar apabila Anda ingin untuk mencobanya. Jika Anda memilih untuk berbisnis, maka salah satu hal yang perlu untuk dilakukan pertama adalah melihat bagaimana peluang usaha yang akan Anda miliki di masa yang akan datang.

Apakah bisnis itu mempunyai prospek jangka panjang bagus? Apakah bisnis bisa bertahan lama? Anda perlu untuk paham tentang itu lebih dulu sebelum Anda benar-benar masuk ke dalam dunia bisnis itu. Semua bisnis pastinya mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing, tapi hal yang terpenting adalah bagaimana cara untuk kurangi kekurangan itu.

Buat perencanaan secara matang juga dengan pertimbangan sebaik mungkin sehingga mampu untuk dapatkan jawaban tentang prospek usaha untuk masa yang akan datang. Jika peluang bagus, maka apapun masalah tak akan jadi masalah yang berarti.

  1. Fokus dengan Tujuan

Sebelum Anda terjun benar-benar ke dalam dunia bisnis, Anda perlu untuk ketahui jika tiap bisnis pasti akan alami masa-masa sulit untuk dihadapi. Hal pentingnya adalah Anda harus tanamkan pikiran apabila sebenarnya suatu bisnis adalah proses. Ada masa di mana bisnis yang Anda jalankan akan berkembang dan sukses. Namun ada pula masa sulitnya.

Anda harus tetap menatap prospek ke depan walaupun sedang dalam masa yang sulit. Anda harus tetap pikirkan berbagai ide untuk lebih kembangkan bisnis yang ada di masa kesulitan. Jangan sampai karena rintangan yang kecil, Anda merasa terhalangi dan bahkan sampai hentikan langkah untuk jadi pebisnis.

  1. Memulai Usaha Bisa Kapan Saja

Anda perlu tahu jika mulai bisnis bisa kapan saja, tak perlu untuk menunggu di suatu waktu. Prinsipnya satu, Anda berani ambil kesempatan saat ada dan terbuka lebar. Terlebih lagi jika usia Anda masih cukup muda dan produktif, maka semua hal yang mempunyai kaitan dengan bisnis itu bagus. Persiapkan semua hal secara cepat selagi masih muda sehingga akan lebih banyak kesempatan untuk sukses dalam bisnis.

Demikian pembahasan tentang peluang usaha pensiunan yang bisa dicoba. Ada banyak sekali peluang usaha di luar sana yang jika dijalankan sungguh-sungguh akan sangat menguntungkan, termasuk usaha rumahan untuk pensiunan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?