Ingin Memulai Bisnis Kos-Kosan? Ini Modal Awal yang Perlu Anda Miliki

0
25

Modal sering kali menjadi penghambat utama ketika sesorang ingin memulai suatu bisnis, tidak terkecuali bisnis kos-kosan. Namun, modal tidak berarti harus berupa materi. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda bisa memulai bisnis kos tanpa modal sama sekali. Simak artikel berikut untuk mengetahui modal apa saja yang perlu Anda miliki ketika ingin membuka usaha kos-kosan

Modal Bisnis Kos-Kosan

Bagi Anda yang berencana untuk membuka usaha rumah kos, setidaknya ada dua modal penting yang perlu Anda meliki, yaitu modal tekad dan modal dana.

Tekad

Modal awal yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha adalah tekad. Dengan memiliki tekad yang kuat, Anda akan mampu mengatasi segala macam rintangan dan tantangan yang akan Anda temui dalam perjalanan mengembangkan bisnis.

Nah, modal tekad ini bisa Anda kembangkan dengan terus menambah pengetahuan dan berada di lingkup pergaulan bisnis kos. Oleh sebab itu, terus gali ilmu lebih mengenai bisnis kos dengan cara membaca buku atau mengikuti seminar dan pelatihan. Bergaul dengan para pengusaha kos-kosan juga penting agar Anda bisa mendapat cerita sukses dan menggali lebih banyak pengalaman terkait suka dan duka ketika menjalankan usaha kos-kosan.

Dana

Di samping modal tekad, modal usaha kos-kosan berikutnya yang tak kalah penting adalah dana. Dalam hal ini, ada tiga sumber dana yang bisa membantu Anda untuk memulai bisnis properti kos, yaitu dari dana pribadi, meminjam dari teman atau keluarga, atau kredit di bank.

1.Dana Pribadi

Apabila Anda memiliki simpanan uang dalam jumlah yang cukup banyak, tak ada salahnya untuk menginvestikan uang Anda untuk memulai bisnis properti kos. Hasil yang akan Anda peroleh dari menjalankan usaha kos-kosan tentunya akan jauh lebih besar dibanding bunga tabungan atau deposito. Namun, ketika menggunakan dana pribadi untuk modal usaha kos-kosan, pastikan Anda telah menyiapkan dana cadangan untuk kebutuhan mendesak karena jangka waktu balik modal bisnis kos-kosan terbilang cukup lama.

2. Meminjam dari Keluarga atau Teman

Apabila dana pribadi Anda belum cukup untuk memulai usaha kos-kosan, Anda juga bisa mencari sumber modal tambahan dengan cara meminjam uang dari keluarga atau teman. Jika dibandingkan bank, meminjam ke orang terdekat ini lebih aman karena bunga dan jangka waktu pengembaliannya bersifat lunak. Namun, sebaiknya buat perjanjian terlulis untuk menghindari kesalahpahaman atau pertengkaran di kemudian hari.

3.Meminjam dari Bank

Pilihan terakhir untuk mendapat modal usaha kos-kosan adalah dengan meminjam ke bank. Adapun skema umum yang biasa digunakan pihak bank untuk memberi pinjaman adalah dengan sistem KPR, gadai, atau kredit usaha. Sementara, yang dijadikan anggunan adalah rumah yang Anda tempati atau yang akan Anda jadikan kos-kosan. Sebelum melakukan pinjaman, perhitungkan dengan matang besarnya uang yang akan Anda ajukan, jangka waktu pelunasan, besaran bunga dan denda, serta cicilan per bulan.

Jadi, itulah modal utama yang perlu Anda miliki ketika akan memulai bisnis kos-kosan. Semoga bermanfaat.