fbpx
HomeBisnis PropertiInvestasi Real Estate Tanpa Harus Beli Properti ?

Investasi Real Estate Tanpa Harus Beli Properti ?

5 Trik Real Estate Investing Tanpa Beli Properti

Real estate investing namun tidak ingin membeli properti terdengar tidak mungkin. Kenyataannya, banyak pilihan selain membeli properti untuk menjalankan property cash machine Anda. Pilihan-pilihan tersebut sangat memungkinkan dan banyak orang yang sudah melakukan. Lantas, bagaimana caranya?

1. Membeli REITs atau Dana Investasi Real Estat (DIRE)

DIRE atau juga dikenal sebagai Real Estate Investment Trust (REITs) merupakan instrumen keuangan yang bisa Anda beli untuk memiliki sebagian dari properti yang diperjualbelikan asetnya. DIRE menawarkan properti komersial seperti apartemen, gedung perkantoran, rumah sakit, hotel, mal, dan lainnya.

Sebagai investor, Anda akan memiliki bagian keuntungan operasional properti yang disewakan. Investasi seperti ini cocok bagi Anda yang memiliki profil risiko kecil karena DIRE dianggap aman dan harga properti kian melambung setiap tahunnya.

2. Berinvestasi dalam perusahaan yang fokus pada real estate

Terdapat banyak perusahaan yang memiliki dan mengatur real estate tanpa bertindak seperti DIRE. Bedanya, Anda harus menggali untuk menemukannya dan mereka membayar dividen yang lebih rendah daripada DIRE.

Real estate yang diatur oleh perusahaan tersebut bisa berupa hotel, resor, atau properti komersial lainnya. Pastikan Anda menggali detail tentang perusahaan dengan baik sebelum membeli saham di mereka.

3. Meminjamkan modal kepada orang lain

Jika Anda memiliki sejumlah modal namun enggan mengurus properti, Anda bisa meminjamkan modal tersebut kepada investor real estate lain yang Anda kenal dan percaya. Dari pinjaman tersebut, Anda bisa menerima bagian keuntungan. Tentunya hal ini sangat mudah dilakukan dan investasi real estate paling mudah. Namun perlu diingat, peminjaman modal dengan orang lain ini harus Anda lakukan dengan orang yang memiliki kredibilitas yang baik dan dapat dipercaya. Jangan sembarangan meminjamkan modal pada orang lain dengan iming-iming yang menyenangkan dari mereka. Berpikir dengan perhitungan logis dan memilih partner yang tepat perlu dilakukan agar Anda terhindar dari investasi-investasi buntung.

3. Investasi real estate secara online

Anda bisa berinvestasi melalui website seperti Fundrise atau RealtyShares. Kedua website ini mengajak Anda untuk investasi di properti komersial dan tempat tinggal. Anda juga akan menerima distrubusi arus kas sebagai imbalannya.

Uang yang Anda investasikan bisa digunakan untuk membeli properti perumahan, real estat komersil, apartemen, dan lainnya. Anda akan mendapatkan manfaat dari dividen dan distribusi, serta apresiasi jangka panjang dari properti yang Anda “miliki”.

4. Investasi dengan kontraktor rumah

Anda bisa menanamkan investasi Anda dengan perusahaan kontraktor rumah. Mereka bertanggung jawab dalam membangun sebuah lingkungan baru di area metropolitan.

Lakukan evaluasi terhadap perusahaan kontraktor tersebut, apakah mereka fokus pada daerah yang performa real estate-nya rendah atau tidak, apakah mereka fokus pada perumahan high end atau low end, kemudian bandingkan dengan tren real estate yang sedang berlangsung.

Perlu diingat bahwa kinerja kontraktor rumah tergantung dengan keadaan ekonomi. Ketika pertumbuhan pekerjaan tinggi, maka orang-orang ingin membeli rumah. Ketika ekonomi sedang payah, penjualan rumah cenderung jatuh.

Membeli properti dan melakukan real estate investing sendirian cukup berisiko. Pilihan investasi tanpa membeli properti seperti di atas dapat memperbanyak portofolio real estate Anda tanpa mengeluarkan uang yang banyak.

Sebagaimana investasi lainnya, Anda tetap harus mengevaluasi berbagai pilihan sebelum memutuskan, dan yakinkan bahwa pilihan tersebut cocok dengan tujuan investasi Anda.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?