Kesalahan Fatal Yang Sering Dilakukan oleh Pebisnis Properti

0
213

Ini 6 Kesalahan Fatal yang Kerap Menggagalkan Impian Sukses Pebisnis Properti Pemula

Bisnis properti kost memang menjanjikan keuntungan besar. Mengingat, kebutuhan tempat tinggal yang terus meningkat. Hanya saja, tidak semua orang yang berkecimpung di bisnis ini bisa langsung menjadi orang kaya. Banyak pula seorang pebisnis pemula yang harus meneguk pil pahit karena harus merugi ratusan juta atau bahkan miliaran rupiah.

Setidaknya, ada 6 kesalahan fatal yang kerap dilakukan oleh para pelaku bisnis properti kost saat memulai usahanya. Enam kesalahan tersebut adalah:

1. Target pasar yang salah

Kesalahan fatal pertama yang kerap dilakukan oleh pelaku bisnis properti kost yang pertama kesalahan dalam memilih target pasar. Wilayah yang sebelumnya dianggap potensial, ternyata tidak berhasil menarik perhatian pelanggan. Alasannya beragam, mulai dari lokasi yang terlalu dekat jalan raya, keamanan, hingga kondisi lingkungan yang bising.

2. Menggunakan jasa konstruksi yang tak kompeten

Acuh dalam memperhatikan kualitas bangunan juga kerap jadi permasalahan yang dialami pebisnis properti pemula. Kesalahan ini biasanya berawal dari penggunaan jasa konstruksi secara asal, tanpa memperhatikan reputasi perusahaan konstruksi tersebut. Akibatnya, bangunan kost yang didirikan tidak sesuai dengan keinginan, baik dari segi bentuk ataupun kualitasnya.

3. Kehabisan uang

Kesalahan fatal berikutnya adalah buruknya kemampuan memperhitungkan pengeluaran selama menjalankan bisnis properti. Hasilnya, uang yang sedianya dipakai untuk pembangunan dan pengoperasian kost habis sebelum waktunya. Ada dua alasan yang kerap menyebabkan hal ini terjadi, yaitu:

  • Tak memperhitungkan biaya pemeliharaan
  • Tak memperhitungkan pengeluaran modal (capital expenditure) berikutnya

4. Menggunakan dana utang dalam jumlah besar

Memilih menggunakan dana utang sebagai modal memulai bisnis properti kost juga kerap jadi kesalahan fatal para pebisnis pemula. Apalagi, kalau jumlahnya sangat besar. Di sisi lain, pemasukan yang didapatkan tidak sanggup dipakai untuk membayar cicilan pinjaman tersebut.

5.Tak mampu menilai harga sewa dengan tepat

Ketidak mampuan menilai harga sewa bisnis properti kost dengan tepat juga kerap menjadi kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula. Hanya saja, untuk memperoleh kemampuan ini, seorang pengusaha memang butuh pengalaman yang panjang. Di samping itu, kehadiran seorang mentor juga sangat membantu dalam mengatasi masalah ini.

6. Tidak menjalankan usaha secara profesional

Kesalahan terakhir adalah tidak mampu menjalankan bisnis properti kost secara profesional. Hal ini akan terlihat jelas saat ada teman atau keluarga yang memutuskan untuk menempati kost. Ketika terjadi masalah, pemilik kost biasanya tak bisa memecahkannya secara profesional. Bahkan, terkadang malah memperburuk hubungan pribadi.

Sejatinya, semua kesalahan tersebut bisa dengan mudah diatasi kalau Anda berada di lingkungan yang tepat. Oleh karena itu, bergabung dengan Komunitas Kost Strategi Investing (KSI) bakal sangat membantu. Tidak hanya itu, Anda juga akan memperoleh strategi efektif untuk menjalankan bisnis kost dengan keuntungan yang besar. Asyik, kan?