Rahasia Membangun Passive Income. Temukan Di sini..

0
180

5 Rahasia Membangun Passive Income dari Bisnis Properti Kost

Anda bisa memperoleh banyak keuntungan dengan memiliki usaha kos-kosan. Salah satu keuntungannya adalah passive income yang masuk ke rekening setiap bulan. Namun, tidak semua bisnis kost selalu mendatangkan profit. Hal ini tergantung dari manajemen pengelolaannya. Berikut ada lima rahasia dalam membangun passive income dari bisnis properti kost.

1. Pastikan Keadaan Sekitar Lokasi Kost dan Calon Target Penyewa dengan Survei Langsung

Anda bisa memulai dengan meninjau lokasi pembangunan kost secara langsung. Amati kondisi lingkungan sekitar kost akan dibangun; bagaimana penduduk yang tinggal di sana, keamanannya, serta fasilitas penunjang lain yang sudah tersedia seperti warung makan atau minimarket. Dengan mengunjungi tempat bisnis kost, Anda bisa tahu siapa calon target penyewa dan merencanakan fasilitas apa yang mereka butuhkan.

2. Temukan Tim Kontraktor yang Tepat

Memasuki tahap pembangunan kost, Anda harus bisa menemukan tim kontraktor yang tepat dan andal. Pasalnya, jika tim salah dalam memperhitungkan pembangunan terutama masalah bahan, kerugian akan menimpa Anda dan penghuni kost.

Keadaan kost yang tidak sesuai harapan bisa membuat penghuni tidak nyaman, seperti cat dinding cepat mengelupas padahal baru dihuni sebentar, genteng bocor ketika hujan, atau ubin cepat rusak. Akhirnya, Anda harus memperbaiki dan pengeluaran pun melebihi dari yang direncanakan.

Maka, pilihlah tim kontraktor yang tepat sebelum melakukan pembangunan. Dengan begitu, passive income dapat masuk sesuai keinginan tanpa ada pengeluaran dadakan berlebih.

3. Kembangkan Bisnis Properti Kost yang Dimiliki

Ketika bisnis kost sudah maju dan berjalan dengan baik tanpa perlu perhatian khusus lagi, Anda bisa mulai mengembangkan sayap. Membangun bisnis serupa di tempat lain dalam satu kota atau berbeda kota.

Untuk melakukan pengembangan, Anda bisa mencari investor ketika modal belum mencukupi. Mengikuti seminar atau bergabung bersama komunitas pebisnis properti kost bisa menjadi solusi untuk menemukan investor yang tepat. Pasalnya, di sana Anda akan bertemu banyak orang dari berbagai background dan pengalaman. Jika investor tidak diperoleh, setidaknya Anda mendapatkan banyak ilmu baru.

4. Hindari Tutup Lubang Gali Lubang

Sebaiknya Anda tidak terlalu serakah ketika keuntungan sudah di tangan. Jangan tergoda membangun usaha lain yang berbeda jauh dari bisnis properti kost, tanpa perhitungan yang matang.

Jika bisnis kedua berjalan lancar, pundi-pundi uang akan bertambah di rekening. Namun, jika gagal, Anda harus memikirkan cara menutup kerugian yang ada. Uang yang didapat dari bisnis kost pun akan terpakai untuk menutup kerugian bisnis kedua. Hasilnya, Anda hanya melakukan gali lubang tutup lubang, tanpa ada satu sen pun keuntungan masuk ke tabungan.

5. Lakukan Manajemen yang Baik

Sekecil apa pun bisnis yang dibangun, perencanaan dan pengelolaan menjadi kunci utama kesuksesan bisnis yang tengah digeluti. Sekalipun itu bisnis kost.

Tanpa manajemen kost yang baik, usaha akan berjalan di tempat. Tidak banyak penyewa yang datang. Akhirnya, Anda rugi karena terus mengeluarkan biaya listrik dan perawatan, sementara penghuninya tidak sesuai target.

Manajemen di sini bisa mencakup penataan fasilitas yang akan diberikan kepada penyewa; memperhitungkan keuntungan dan pengeluaran; memikirkan cara promosi dan publikasi yang tepat, seperti membuat pamflet, melakukan pariwara melalui digital marketing, atau memberi hadiah untuk penyewa tercepat. Jika pengelolaan tidak dirancang dengan matang, maka kost tidak akan berjalan sesuai yang diharapkan.

Itulah ulasan singkat mengenai 5 rahasia dalam membangun passive income pada bisnis properti kost. Selamat mencoba.