Rumah Kost, Untung atau Buntung?

0
553

 

Analisis Usaha Rumah Kost sebelum Memulai Bisnis Kost

Di Indonesia usaha rumah kost diangggap sebagai investasi yang paling menguntungkan. Ini disebabkan properti kost memiliki keuntungan yang cukup besar dibandingkan dengan risiko yang dimilikinya.  Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana memulai usaha sebagai pebisnis kost ini, agar menguntungkan? Berikut ini analisis usaha rumah kost bagi Anda sebelum memulai investasi properti kost.

4 Hal Penting yang Harus Direncanakan dalam Memulai Bisnis Kost secara Matang

1. Survei Lokasi Bisnis Kost

Anda harus memilih lokasi yang ideal dan strategis untuk membangun bisnis kost ini. Lokasi  bisnis kost yang paling banyak dicari adalah yang dekat dengan pusat keramaian. Bisa juga Anda memilih tempat yang menawarkan daerah yang aman dan tenang.

Lokasi ini tergantung pada pangsa pasar yang akan Anda bidik, jumlah calon penghuni, serta pesaing dalam usaha kost ini. Dengan demikian, Anda dapat memiliki usaha bisnis kost di tempat strategis sesuai target market Anda.

2. Fasilitas

Fasilitas merupakan hal yang sangat signifikan dalam menentukan keberhasilan usaha dalam bisnis kost Anda. Hal ini disebabkan saat ini persaingan usaha dalam bisnis kost semakin ketat. Oleh karenanya Anda bisa mempertimbangkan menyediakan fasilitas yang lengkap dan dibutuhkan oleh penghuni kost.

Dengan demikian lebih mudah bagi Anda untuk menarik penghuni kost dan merasa betah di tempat kost. Biasanya yang banyak dicari adalah tempat kost yang menyediakan fasilitas AC, kamar mandi dalam, air hangat, wifi, laundry, tempat parkir, kantin, hingga TV kabel, dan sekuriti.

3. Rincian Biaya Modal Usaha Kamar Kos sebelum Memulai Bisnis Kost

Apa saja rincian biaya modal awal sebelum mulai membuka usaha investasi properti kost ini?

Biaya Investasi

Sebagai contoh Anda akan membangun rumah  kost di atas tanah seluas 12 x 30 meter. Kamar dibuat berhadapan dengan lorong di tengah sekaligus jalan, parkir, dan taman. Rumah kost dengan fasilitas kamar mandi, dapur, tempat cuci dan jemuran. Kamar yang dibangun maksimal bisa mencapai 17 kamar dan bila tingkat menjadi 35 kamar. Namun pembangunan kamar bisa Anda sesuaikan dengan bujet, bisa 5 kamar terlebih dahulu baru sisanya menyusul.

Selanjutnya tinggal mencari data biaya membangun kamar kost per meter kepada kontraktor bangunan, misalnya Rp2.500.000/meter termasuk upah kerja dan material. Total biaya bangunan adalah harga per meter dikalikan luas bangunan per meter. Misalnya total luas bangunan 295m2 x Rp2.500.000 = Rp737,5 juta. Biaya ini tidak langsung dikenakan, bila Anda membangun per kamar secara bertahap. Sedangkan biaya bangun per kamar adalah luas kamar dikalikan Rp2.500.000.

  • Biaya Operasional Per bulan

Adapun biaya operasional perbulan meliputi biaya air, tenaga kebersihan dan pemeliharaan, satpam dan tenaga administrasi. Sedangkan biaya listrik biasanya dibebankan kepada penghuni kost bila Anda memasang sekering di setiap kamar.

4. Omset per Bulan Usaha Kamar Kos

Apabila satu kamar kost disewakan seharga Rp1 juta / bulan, setiap bulan Anda akan mendapatkan pemasukan dari harga kamar dikalikan jumlah kamar tersebut. Inilah yang disebut dengan omset per bulan usaha bisnis kost Anda. Omset ini masih harus dikurangi biaya operasional di atas, baru Anda mendapatkan apa yang disebut dengan keuntungan bersih. Dari nilai net profit ini, Anda selanjutnya bisa memperhitungkan balik modal dari usaha kost Anda.

Nah, demikianlah perkiraan analisis usaha investasi properti kost ini. Anda bisa bergabung dengan  komunitas KSI (Kost Strategi Investing). Dengan mengikuti workshop bisnis kost KSI, Anda bisa sukses memulai bisnis kost antirugi ini. Semoga bermanfaat.