Strategi Matang, Penghasilan Besar dari Bisnis Kost

0
420

Cara Pintar agar Dapat Penghasilan Besar dari Bisnis Kost-kostan

Salah satu investasi properti yang banyak diminati para pebisnis pemula adalah bisnis kost-kostan. Bisnis ini memang terbilang cukup menjamur, terutama di daerah sekitar kampus. Meskipun termasuk bisnis yang stabil dan menguntungkan, bukan berarti Anda bisa memulai bisnis kost-kostan begitu saja. Di bawah ini adalah beberapa tips pintar agar bisnis kost-kostan Anda bisa menguntungkan.

1. Tentukan Lokasi yang Strategis

Untuk menentukan lokasi yang pas, Anda harus mengetahui terlebih dahulu pasar yang Anda incar. Jika Anda mengincar pasar mahasiswa, pilihlah daerah kampus. Jika Anda mengincar pasar para karyawan, pilihlah lokasi di sekitar daerah perkantoran atau pusat perbelanjaan.

Biasanya, para mahasiswa dan karyawan akan mencari kost-kostan yang dekat dengan kampus atau tempat mereka bekerja karena bisa menghemat uang transportasi. Akses mudah ke berbagai fasilitas dan transportasi umum juga bisa menjadi faktor pendukung laris tidaknya kost-kostan Anda.

2. Lengkapi Kamar Kost dengan Fasilitas yang Baik

Kebersihan dan fasilitas tempat kost bisa menjadi penentu apakah bisnis kost Anda bisa berkembang atau tidak. Lagi-lagi, Anda harus mengenal pasar yang Anda incar terlebih dahulu. Umumnya, jika pasar Anda adalah mahasiswa, fasilitas yang harus ada di dalam kamar adalah tempat tidur, meja, lemari, dan lebih baik lagi jika ada Wi-Fi. Jika pasar Anda adalah karyawan eksekutif, mungkin Anda perlu memfasilitasi kamar kost dengan AC dan water heater. Namun, sudah pasti Anda bisa menyesuaikan harga sewanya.

3. Tentukan Harga yang Pas

Menentukan harga kamar kost memang cukup rumit. Yang paling penting adalah Anda harus bisa menyesuaikan harga yang dipatok dan fasilitas yang ditawarkan. Jika memang lokasinya sudah strategis dan fasilitas setiap kamar terbilang komplet, Anda bisa mematok harga yang lumayan tinggi. Namun, akan lebih baik jika Anda menyediakan beberapa jenis kamar dengan harga yang bervariasi, mulai dari kamar berfasilitas standar hingga berfasilitas kelas eksekutif.

4. Lakukan Proses Screening pada Calon Penyewa

Faktor keempat ini sering dilupakan oleh banyak pemilik kost. Padahal, keberhasilan bisnis kost juga ditentukan oleh para penyewanya. Jika orang yang menyewa kamar kost memiliki riwayat yang kurang baik, reputasi tempat kost Anda juga bisa menjadi taruhannya.

Maka dari itu, perlu diadakan screening agar Anda bisa menyewakan kamar kost ke orang yang tepat tanpa ada masalah. Proses screening tidak perlu terlalu serius. Yang penting, Anda bisa mengetahui latar belakang orang tersebut.

Keempat hal di atas adalah langkah-langkah awal dalam memulai bisnis kost. Selanjutnya, Anda harus rajin menggali informasi dan melakukan riset untuk mengetahui tips dan trik mengelola bisnis kost. Untuk mengetahui seluk-beluk bisnis kost, Anda bisa bergabung di KSI Community. Komunitas ini adalah wadah untuk saling berbagi ilmu dan informasi mengenai bisnis kost.

KSI Community juga sering mengadakan workshop yang membahas seluk-beluk investasi bisnis kost yang tentunya lebih lengkap dan terperinci. Dengan bekal keilmuan yang cukup mengenai strategi investasi di bidang kost, Anda bisa mewujudkan impian untuk mendapat penghasilan besar dari bisnis properti yang satu ini.