Ketahui 3 Kiat Sukses Bisnis Kost di Area Kampus

0
140

3 Kiat Sukses Berbisnis Kost di Sekitar Area Kampus

Kampus adalah institusi tertinggi dalam kasta dunia pendidikan yang menjadi tujuan akhir para pelajar untuk menimba ilmu dan memperoleh gelar. Gelar ini nantinya akan menjadi modal awal karir profesional mereka yang sangat berharga. Karena itu tidak heran jika berbagai cara rela dijalani untuk dapat menempuh jenjang pendidikan yang satu ini.

Fasilitas pendidikan di Indonesia memang belum dibangun secara merata di semua daerah. Keadaan ini menyebabkan persebaran arus pelajar perguruan tinggi hanya terpusat di daerah perkotaan saja sehingga mereka yang tidak memiliki pilihan perguruan tinggi di daerahnya akan memilih merantau untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Hal ini membuat kos-kosan di sekitar area kampus menjadi ladang emas yang tak pernah sepi peminat. Meski begitu, menjalankan bisnis kost tidak bisa dilakukan secara asal, ada beberapa kiat sukses bisnis kost area kampus yang perlu Anda praktikkan demi menjamin keberhasilan Anda. Berikut adalah 3 kiat tersebut:

  1. Ambil Inisiatif untuk Memberikan Fasilitas Tambahan

Anak kuliahan biasanya lebih suka tinggal di properti kost yang dekat dengan berbagai penjual jasa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti laundry, agen isi ulang air minum, hingga minimarket.

Jika Anda memiliki lokasi kost yang strategis di dekat tempat-tempat tersebut, Anda tidak perlu khawatir, namun bagi Anda dengan properti kost yang agak jauh dari tempat-tempat di atas, Anda dapat mengambil inisiatif untuk membuka jasa antar-jemput cucian, air minum isi ulang, atau warung kecil-kecilan sebagai fasilitas tambahan para penghuni kost. Selain membuat kost laris, Anda juga dapat memperoleh penghasilan tambahan dari bisnis ini.

  1. Kenali Nilai Jual Properti Kost Anda di Mata Calon Penyewa

Setiap properti kost mesti mempunyai keunggulan tersendiri sebagai nilai jual tambahan. Misalnya lahan parkir yang luas, lokasi yang strategis, atau harga sewa yang murah. Jika Anda sudah mengenali nilai jual properti kost, Anda dapat menjadikan hal tersebut sebagai ‘senjata’ saat hendak menawarkan kost kepada para calon penghuni.

  1. Gunakan Opsi Penyewaan Tahunan

Karena durasi perkuliahan yang cukup lama, Anda perlu memberikan opsi sewa tahunan kepada para calon penghuni. Selain jumlah income yang lebih stabil, hal ini juga memberikan Anda keleluasaan untuk merencanakan pengembangan properti Anda dalam jangka panjang.

Banyak mahasiswa di sekitar area kampus karena yang umumnya lebih menyukai hunian kost tahunan dibandingkan bulanan. Jadi anda dapat melakukan opsi penyewaan tahunan dengan sejumlah fasilitas tambahan yang diberikan.

Demikianlah 3 kiat yang dapat Anda praktikkan untuk dapat meraih kesuksesan berbisnis properti kost di area kampus. Jika Anda ingin belajar lebih mengenai tips dan trik mengenai bisnis kost, Anda juga dapat bergabung dengan KSI Community. Saat masuk ke sebuah komunitas tentu Anda akan dapat menjalankan bisnis properti Anda dengan baik, akan ada banyak pembelajaran dari teman-teman yang lain juga. Semoga bermanfaat.