Kos Selalu Sepi Penghuni?

0
232

Kos Masih Sepi? Coba Alih Pemasaran Via Website

Kesalahan manajemen dalam pengurusan usaha kos-kostan bisa menjadikannya tidak berkembang alias jalan di tempat. Keuntungan yang didapat habis untuk memenuhi kebutuhan biaya listrik dan perbaikan. Hal ini tidak sepadan dengan pemasukan yang kian menipis karena berkurangnya jumlah penyewa yang datang. Pesaing pun mulai berdatangan membangun bisnis kos di lokasi yang sama.

Untuk dapat memenangkan persaingan, Anda membutuhkan sebuah strategi baru dalam hal pemasaran. Salah satunya dengan mulai memanfaatkan fungsi internet secara maksimal di samping menggunakan promosi konvensional, contohnya menggunakan website bisnis.

Ketika sudah memutuskan untuk melakukan strategi dengan website, Anda bisa mulai mencari jasa website kos dari kenalan atau internet. Pilihlah ahli jasa yang terbaik agar website yang dihasilkan dapat membantu mendongkrak pemasaran. Anda pun perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum website launching ke pasaran, seperti:

1. Tentukan Branding Website Bisnis Anda

Dalam hal ini, Anda harus sudah menentukan tujuan pembuatan website tersebut dan brand yang akan dibawakan. Misalnya, brand dari kos Anda adalah ‘murah dengan fasilitas lengkap’.

Untuk membuat pengunjung percaya, Anda bisa mencantumkan apa saja fasilitasnya, didukung teknik penjualan yang halus agar tidak terkesan promosi. Dari brand inilah, mereka akan mengenal tempat kos tersebut dan menyebarkannya pada khayalak.

2. Tentukan Target Pengunjung Website

Target pengunjung nantinya berkaitan dengan konten yang akan masuk dalam website tersebut. Contohnya, jika target yang Anda incar adalah semua kalangan—mahasiswa, pekerja, maupun umum yang tengah mencari kamar kos, maka konten yang ditulis bisa berupa tips-tips dalam mencari tempat kos yang baik atau ajakan untuk merawat sebuah kamar. Info mengenai pembelian peralatan yang dibutuhkan anak kos pun bisa dimasukkan dalam konten.

3. Lakukan Komunikasi yang Intens dengan Pengunjung

Anda bisa mulai melakukan pendekatan dengan calon konsumen melalui komunikasi. Dalam hal ini, membalas komentar yang mereka layangkan. Semakin cepat Anda menanggapi pertanyaan mereka, semakin berminat pula mereka untuk mengunjungi website tersebut. Pada akhirnya, mereka akan langsung mengingat tempat kos Anda ketika membutuhkan info mengenai kamar kos.

4. Buatlah Iklan yang Unik

Contoh iklan yang menarik seperti: Dapatkan hadiah 1 unit mobil dengan menyewa kamar kos di sini! Harga mulai Rp100.000,00 per kamar.

Hal pertama yang terlintas dalam benak mereka ketika membaca iklan tersebut ialah menghubungi kontak yang tertera dalam pariwara. Mereka akan bertanya mengenai hadiah serta detail harga. Selanjutnya tergantung kepiawaian Anda dalam menggiring mereka untuk menyewa kamar kos.

5. Berikan Tampilan yang Menarik dan Responsif untuk Semua Gadget

Desain website dapat berpengaruh pada tingkat konsumen yang berkunjung.  Semakin menarik desainnya, orang akan semakin betah berkunjung. Hingga akhirnya membuka semua menu yang ada.

Anda dapat mendiskusikan hal ini dengan pihak jasa website kos terkait. Pastikan desain yang dipakai responsif untuk semua gadget, sehingga pengunjung tidak akan mengeluh kesusahan dalam mengakses website tersebut.

Selamat mencoba!