Mari Lakukan Persiapan Masa Pensiun dengan Bisnis Properti yang Menguntungkan!

0
20
Strategi Persiapan Masa Pensiun

Semua manusia pasti akan beranjak tua jika berhasil menjaga diri dan kesehatannya. Ketika tua, seseorang yang di masa muda selalu bekerja pasti akan merasakan pensiun. Dan masa pensiun harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin, sehingga Anda tidak kesusahan dalam hal finansial.

Melaksanakan persiapan masa pensiun dengan bisnis properti yang menguntungkan

Sebenarnya apa itu masa pensiun? Dan apa saja manfaat mempersiapkan masa pensiun sejak dini? Yuk kita ulas satu persatu jawabannya pada artikel ini!

Pengertian Masa Pensiun dan Manfaat Mempersiapkannya

Secara alami, masa pensiun akan mendatangi tiap orang yang memasuki masa lanjut usia. Namun begitu, seiring dengan perkembangan zaman pengertian dari “masa pensiun” itu sendiri sudah berubah. Yang tadinya terbatas pada usia lanjut, namun sekarang pensiun bisa dirasakan oleh seseorang yang masih muda sekalipun.

Banyak sekali yang beranggapan jika masa pensiun adalah waktu yang menyengsarakan karena dialami oleh orang yang tua. Bahkan banyak pula yang berpikiran bahwa yang pensiun adalah orang-orang yang lemah secara fisik karena faktor usia dan mulai sakit-sakitan. Padahal kini, tidak ada batas usia untuk melaksanakan pensiun.

Masa pensiun yang tadinya dinyatakan sebagai masa yang “menyengsarakan”, kini perlahan dianggap sebagai masa yang “menyenangkan”. Tentu saja masa pensiun akan menjadi masa yang menyenangkan jika Anda tahu cara memanfaatkan dan mempersiapkannya.

Mempersiapkan masa pensiun memang harus dilakukan sejak dini. Karena proses ini dilakukan dengan mempersiapkan kondisi finansial agar bisa meng-cover semua kebutuhan ketika pensiun. Berikut ini berbagai manfaat mempersiapkan masa pensiun yang perlu Anda tahu :

1. Mempersiapkan inflasi

Satu hal yang pasti akan dialami oleh masyarakat Indoneisa yaitu inflasi dalam dunia perekonomian. Inflasi adalah sebuah kondisi dimana nilai uang semakin menurun. Contohnya, dengan uang Rp 5.000 kini Anda bisa membeli 1 mangkok bakso, sedangkan sekitar 20 tahun lagi uang tersebut hampir tidak bisa digunakan untuk membeli produk dengan kualitas dan jumlah yang sama persis.

Ketika mempersiapkan masa pensiun dengan cara investasi, secara tidak langsung Anda juga mempersiapkan kondisi untuk menghadapi inflasi. Sehingga ketika harga barang-barang naik, Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan dana yang telah dipersiapkan.

2. Mempersiapkan dana darurat

Tidak selamanya Anda akan bekerja di bidang yang Anda geluti saat ini. Bahkan di masa pandemi banyak sekali fenomena PHK, sehingga banyak sekali masyarakat yang kehilangan sumber pendapatan utamanya. Namun jika Anda mempersiapkan dana pensiun, Anda tidak akan khawatir karena masih memiliki dana darurat.

Kebutuhan dana darurat memang harus dipersiapkan sejak dini, sehingga nantinya seseorang tidak perlu merasa kesusahan ketika harus berhenti bekerja. Persiapan masa pensiun hendaknya dilakukan ketika seseorang masih produktif bekerja, sehingga dana yang dikumpulkan juga semakin banyak.

3. Menghilangkan istilah generasi sandwich

Istilah generasi sandwich diperuntukkan bagi generasi yang harus membiayai kebutuhan orangtuanya serta harus mempersiapkan masa depannya sendirian. Menghentikan budaya generasi sandwich memang bukan langkah yang mudah, namun Anda bisa memulainya dari diri sendiri.

Dengan mempersiapkan dana pensiun sejak dini, Anda turut menghilangkan istilah generasi sandwich tersebut dari lingkungan keluarga terdekat Anda. Pastikan untuk tidak memberatkan keturunan Anda di masa depan, sehingga keturunan Anda bisa fokus memperbaiki masa depan mereka masing-masing.

Itulah ketiga manfaat mempersiapkan masa pensiun sejak dini yang perlu Anda tahu. Yang pasti, mempersiapkan masa pensiun sejak dini sangat diperlukan sejak dini. Jika Anda ingin melakukan persiapan masa pensiun, cobalah untuk menggeluti bisnis properti.

Persiapan Masa Pensiun dengan Bisnis Properti

bisnis properti kost

Bisnis properti merupakan jenis bisnis yang akan sangat menguntungkan jika ditekuni sejak sekarang. Jenis bisnis yang satu ini terbukti sangat menguntungkan, dan terbukti mampu mendatangkan penghasilan pasif bagi para pelakunya. Berikut ini berbagai contoh properti yang biasanya dijadikan objek bisnis properti :

1. Kos-kosan

Kos-kosan merupakan salah satu jenis hunian yang biasanya disewakan oleh para penyewa kamar kos. Satu unit kamar kos biasanya berbentuk sebuah kamar yang dilengkapi dengan properti tertentu. Ada yang memiliki kamar mandi di dalam, ada pula yang dilengkapi dengan kamar mandi di luar.

Sebuah unit kos memiliki target pasar yang beragam, mulai dari karyawan hingga para perantau yang berstatus pelajar atau mahasiswa. Ada unit kos bebas yang bisa digunakan untuk pasutri, ada pula yang berupa unit kamar kos khusus untuk putri atau khusus putra.

Kos tidak pernah diperjualbelikan, sehingga hanya bisa disewakan oleh pemilik kos pada pihak penyewa kamar. Harga sewa kos biasanya cukup terjangkau, akan tetapi ada yang dibebani biaya operasional dan ada juga yang tidak dibebani biaya selain biaya sewa.

2. Rumah atau tanah

Jenis properti lain yang biasanya dijadikan objek bisnis properti yaitu rumah atau tanah. Bisa juga berupa rumah dan tanah, yang harganya akan semakin tinggi. Unit rumah dan tanah bisa diperjualbelikan, dan bisa juga disewakan pada pihak lain. Para pebisnis properti yang ingin untung dalam jangka panjang pasti akan menyewakan rumah serta tanahnya.

Akan tetapi yang membutuhkan dana dalam jangka waktu cepat akan menjual rumah dan tanahnya dengan harga lebih tinggi. Anda yang ingin terlibat dalam bisnis jual rumah atau tanah tidak perlu memiliki objek propertinya sendiri. Sebaliknya, Anda bisa berperan sebagai agen properti yang menjualkan properti milik orang lain pada klien.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan yang telah dibicarakan dengan pemilik properti. Keuntungan menjualkan rumah serta tanah orang lain sangat besar, lho. Bahkan nilainya bisa mencapai puluhan juta rupiah!

3. Apartemen

Unit apartemen memiliki bentuk dan citra yang lebih eksklusif dibandingkan dengan rumah pada umumnya. Apartemen hampir mirip seperti kos, akan tetapi memiliki ruangan seperti rumah pada umumnya. Sebuah unit apartemen biasanya tergabung dengan gedung yang sama dengan unit apartemen lainnya.

Unit apartemen bisa disewakan atau diperjualbelikan pada klien. Harga apartemen pun juga hampir sama dengan harga rumah atau tanah, yaitu cenderung naik dari tahun ke tahun. Sehingga membeli apartemen bisa dijadikan sarana berinvestasi yang menguntungkan, terutama untuk mempersiapkan masa pensiun.

Agar bisa mendapatkan unit apartemen terbaik, Anda pun harus mempertimbangkan banyak hal. Termasuk luas apartemen, developer apartemen, hingga lingkungan apartemen yang mendukung pertumbuhan nilai investasi properti Anda.

Penutup

Sejatinya, masih ada banyak lagi jenis properti yang biasanya dijadikan sebagai objek bisnis properti dalam rangka mempersiapkan masa pensiun. Jika Anda ingin mengalami masa pensiun yang menyenangkan, segera lakukan persiapan masa pensiun dengan bisnis properti yang menguntungkan. Sehingga masa pensiun bisa dijalani dengan baik tanpa ada hambatan dari segi finansial. Semoga bermanfaat!