Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membeli Rumah Tua untuk Bisnis Properti Kost

0
207

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah Tua untuk Bisnis Properti Kost

Salah satu bisnis properti yang dapat menghasilkan keuntungan besar dalam waktu yang cepat adalah bisnis properti kost.  Namun, modal awal untuk membangun rumah indekos juga tidak sedikit. Karenanya, para pelaku bisnis properti kost umumnya lebih memilih membeli rumah tua untuk kemudian direnovasi dan disewakan sebagai kost-kostan.

Mencari rumah tua untuk dijadikan indekos pun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan agar bisnis kost-kostan Anda bisa sukses dan mendatangkan keuntungan yang maksimal. Nah, berikut adalah lima pertimbangan yang penting untuk Anda perhatikan sebelum membeli rumah tua untuk bisnis properti kost.

1. Lokasi

Tips bisnis properti kost dengan membeli rumah tua adalah memilih lokasi yang strategis. Lokasi kost yang strategis adalah yang dekat dengan kampus, pusat bisnis, fasilitas publik, serta dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi ataupun alat transportasi umum. Jika properti kost Anda memenuhi semua hal tersebut, bisa dipastikan peminat kost Anda akan semakin besar. Di samping itu, Anda juga bisa menawarkan harga sewa yang jauh lebih mahal.

2. Harga

Harga juga wajib menjadi pertimbangan sebelum Anda membeli rumah tua. Sebaiknya, survei terlebih dahulu harga pasar di suatu daerah agar Anda memiliki patokan dalam melakukan tawar-menawar.

3. Kondisi Fisik

 

Sebelum membeli rumah tua untuk dijadikan bisnis properti kos, Anda sebaiknya juga mengecek kondisi fisik rumah.  Apabila rumah tersebut pernah direnovasi, tanyakan kepada pemiliknya kapan terakhir kali rumah tersebut direnovasi.

Selain itu, beberapa hal lain yang juga harus Anda tanyakan adalah kualitas bahan, struktur dan pondasi bangunan, serta kualitas pengerjaannya. Sebab, semakin tua usia rumah, kualitasnya pasti juga akan semakin turun. Apabila Anda membeli rumah tua yang mengalami banyak kerusakan, Anda tentu akan memerlukan dana yang lebih banyak untuk merenovasinya.

4. Kelengkapan Legalitas

dokumen

 

Dalam membeli rumah lama, pastikan Anda telah memeriksa dokumen-dokumen seperti sertifikat rumah dan tanah, Surat Hak Milik (SHM), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), bukti pembayaran pajak PBB, dan lain sebagainya.

Selain itu, perhatikan juga nama yang tercantum dalam dokumen-dokumen tersebut. Apabila namanya tidak sama dengan orang yang menjual rumah, segera minta balik nama atau surat jual beli dengan pemilik rumah sebelumnya. Hal ini sangat penting karena menyangkut hukum kepemilikan rumah dan tanah. Bila Anda mengabaikannya, bisa jadi Anda akan mengalami masalah di kemudian hari.

5. Perencanaan Pembangunan

Tips bisnis properti kos dengan membeli rumah lama yang juga tak kalah penting adalah mengetahui seberapa besar rencana pembangunan pemerintah setempat ataupun swasta di daerah tersebut. Misalnya jika ke depannya di daerah tersebut akan didirikan pusat bisnis atau area perkantoran, tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda.

Jadi, itulah beberapa tips bisnis properti kos dengan membeli rumah tua. Apabila Anda ingin belajar lebih jauh mengenai bisnis properti kost, Anda bisa bergabung di KSI Community, sebuah komunitas yang berisikan para pebisnis kost dan investor kost yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat.