Semua Properti Cocok Untuk Investasi Jangka Panjang? Kata Siapa?!

0
176

Kriteria Properti yang Cocok untuk Investasi Jangka Panjang

Beberapa pebisnis selalu bilang kalau membeli rumah, kos, atau bangunan adalah cara terbaik untuk investasi properti. Namun, apakah dengan membeli saja keuntungan bisa didapatkan secara instan? Jawabannya adalah tidak, investasi properti tidak semudah itu karena ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan.

Berikut kriteria properti yang cocok untuk investasi jangka panjang.

1. Pusat Keramaian

yukbisniskost mall activities
idea district

Jika harus memilih properti kost di kawasan sepi dengan harga murah dengan properti di kawasan ramai tapi harga cukup mahal, Anda akan memilih mana? Tentu kawasan ramai.

Dengan memiliki properti di kawasan ramai, Anda akan bisa meningkatkan nilai sewa dari bangunan. Selain itu, kawasan ramai khususnya bisnis dan perdagangan memiliki banyak pekerja. Nah, pekerja inilah target pasar yang besar untuk menyewa properti kost yang Anda miliki.

Kalau Anda memiliki properti di kawasan sepi, siapa yang akan menyewa? Kalau pun ada yang menyewa, apa semua kamar kost akan disewa. Apakah penghasilan pasif bulanan bisa berjalan dengan lancar? Jawabannya, sulit terjadi.

2. Lokasi yang Strategis

pinterest

Lokasi adalah hal krusial yang harus diperhatikan dan tidak boleh disepelekan begitu saja. Maksud dari lokasi yang strategis di sini adalah akses masuk atau keluar bangunan kost mudah. Selain itu, kost juga harus dengan kawasan publik seperti terminal, bandara, sekolah, pasar, dan kantor pemerintahan.

Pemilihan lokasi ini harus diperhatikan dengan saksama agar properti yang dimiliki bisa berkembang dan jadi investasi masa depan.

3. Lokasi Aman

security guard course

Mari kita membuat ilustrasi, kira-kira masyarakat lebih menyewa bangunan yang aman dekat dengan fasilitas umum atau yang tidak aman karena banyak preman? Tentu jawabannya adalah bangunan atau properti yang lingkungannya aman dan nyaman.

Sebelum membeli properti pertimbangkan lagi faktor ini. Kalau lokasi aman, penyewa akan datang dan silih berganti sehingga bisa jadi penghasilan tetap setiap bulan atau tahunnya.

4. Dokumen Lengkap dan Tidak Sedang Sengketa

dokumen
info study luar negri

Salah satu kesalahan terbesar dari pemilik properti yang ingin melakukan investasi jangka panjang adalah dokumen dari bangunan dan tanah.

Agar properti bisa dimanfaatkan dengan baik, pastikan dokumennya jelas, siapa pemilik tanah dan bangunan sebelum dijual. Selanjutnya, jangan membeli properti yang sedang dalam sengketa.

5. Memiliki Potensi Jangka Panjang

Karena tujuannya adalah investasi jangka panjang, Anda juga harus memperhatikan masa depan properti. Misal membuat perkiraan apakah kawasan di sekitar kost akan terus berkembang dengan pesat. Jika, jawabannya “ya” properti bisa terus bertahan dan harganya meningkat.

Nah, kalau di masa depan ada kemungkinan terjadi pergeseran lokasi keramaian, Anda harus mempertimbangkan lokasi lain untuk investasi lanjutan.

Inilah kriteria properti yang bisa digunakan untuk investasi jangka panjang. Semoga apa yang tertulis di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan sebelum melakukan investasi properti yang menguntungkan.