fbpx
Wednesday, April 17, 2024
HomeBisnis KostStrategi Bisnis yang Tepat Membuat Bisnis Kos di Masa Pandemi Tetap Berjalan,...

Strategi Bisnis yang Tepat Membuat Bisnis Kos di Masa Pandemi Tetap Berjalan, Apa saja?

Pandemi yang terjadi 2 tahun terakhir ini memang cukup berdampak pada berbagai bisnis, termasuk salah satunya adalah bisnis kos. Banyak kos-kosan yang kosong karena ditinggal penghuninya, terlebih saat pelajar, mahasiswa dan karyawan memilih pulang ke rumah masing-masing saat pembelajaran maupun pekerjaan dilakukan secara online. Hal ini membuat bisnis kos di masa pandemi terasa begitu berat.

Strategi Bisnis Kos-kosan

Beruntungnya, meskipun masa pandemi belum tuntas sepenuhnya, saat ini kondisi mulai membaik dan banyak yang sudah kembali ke kosan, bahkan dengan mulainya pembelajaran tatap muka dan karyawan yang kembali bekerja di kantor, permintaan akan kebutuhan kamar kos jumlahnya semakin bertambah.

Meskipun begitu, Anda sebagai pemilik bisnis kos-kosan harus bisa menggunakan strategi yang tepat agar bisnis tersebut bisa tetap bertahan hingga tahun-tahun ke depan. Berikut ini beberapa strategi yang bisa Anda lakukan.

  1. Lakukan promosi baru

Untuk menarik penghuni baru, Anda perlu melakukan beberapa penawaran yang menarik saat melakukan promosi. Misalnya memberikan tarif sewa kos dengan harga yang sama seperti sebelumnya, tetapi dengan fasilitas yang semakin lengkap. Tentu hal ini selain bisa membuat penyewa lama tetap kembali ke kosan Anda, tetapi juga menarik penghuni baru.

  1. Tambah fasilitas yang belum ada

Anda juga bisa menambahkan fasilitas yang bisa menarik calon penyewa, karena semakin lengkap fasilitas suatu kosan, semakin banyak pula calon penyewa yang tertarik. Seperti contohnya menambahkan wifi, peralatan memasak, dan yang lainnya.

  1. Ubah mekanisme pembayaran

Tentu ada beberapa penghuni kos yang masih meninggalkan barangnya di kamar kos saat pulang ke rumah masing-masing, akan tetapi jika dibebankan biaya full padahal mereka tidak menempati kamarnya tentu akan sangat memberatkan. Agar pembayaran tetap lancar dan bisnis kos di masa pandemi tetap berjalan, Anda bisa memberikan tarif setengahnya untuk penghuni kos yang masih meninggalkan barangnya. Jadi kedua pihak sama-sama tidak merasa dirugikan.

  1. Berikan jaminan keamanan

Anda juga harus bisa memberikan jaminan keamanan tidak hanya bagi penghuni kos saja, tetapi juga untuk barang-barang yang ada di kosan tersebut. Tawarkan juga jasa perawatan untuk barang-barang yang ditinggalkan, sehingga penyewa kos akan semakin betah tinggal di kosan Anda.

  1. Tawarkan jasa yang dibutuhkan penyewa

Untuk meningkatkan pelayanan, Anda bisa menawarkan jasa yang sekiranya dibutuhkan oleh penghuni kos, seperti jasa catering, jasa laundry, atau yang lainnya.

Dengan modal bisnis kos-kosan yang tidak terlalu besar, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan, akan tetapi bisnis tersebut bisa juga tidak mengalami perkembangan jika tidak diarahkan dengan baik, untuk itu Anda perlu bergabung dengan KSI Community dan bisa belajar secara langsung berbagai hal yang berkaitan dengan bisnis properti kos.

Bisnis kos di masa pandemi masih bisa berjalan dengan lancar jika Anda melakukan strategi yang tepat. Jadi tunggu apalagi, investasikan income Anda ke bisnis properti kost, dan join bersama KSI community dapatkan berbagai ilmu yang berguna dan menguntungkan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?