fbpx
HomeBisnis KostTips Design Kamar Kost Anak Kuliahan Paling Praktis dan Nyaman

Tips Design Kamar Kost Anak Kuliahan Paling Praktis dan Nyaman

Anak kuliahan membutuhkan space terbaik untuk berkegiatan di dalam kost-nya. Mahasiswa dan mahasiswi juga sebagian besar terdiri dari anak rantau, yang membutuhkan ruang yang nyaman untuk beristirahat.

Tips Design Kamar Kost Anak Kuliahan Paling Praktis dan Nyaman

Tentu saja membuat sebuah ruangan yang nyaman untuk berkegiatan, belajar, tugas, hingga istirahat itu gampang-gampang susah. Nah, di bawah ini akan kami berikan tips design kamar kost anak kuliahan yang praktis dan mudah diterapkan bagi pebisnis kos.

Perlu Anda ketahui, desain memegang peran penting bagi pemilik usaha kos-kosan. Desain kamar yang salah akan membuat penyewa kamar merasa tidak betah berada di kamar tersebut. Sedangkan desain kamar yang simpel namun nyaman akan membuat penyewa betah dan tidak akan pindah kost lain.

Lalu bagaimana tips design untuk kamar kost paling praktis serta nyaman? Caritahu jawabannya pada artikel berikut ini ya!

Perilaku Mahasiswa dan Pengaruhnya Terhadap Design Kamar Kos 

tips design kamar kost

Mahasiswa atau anak kuliahan adalah para peserta didik di sebuah institusi pendidikan tinggi di negara kita. Mereka banyak yang berasal dari daerah sendiri, maupun berasal dari luar daerah, luar pulau, bahkan luar negeri (mahasiswa asing). Para mahasiswa yang merantau di suatu daerah pasti akan membutuhkan homestay seperti kost nantinya.

Jika Anda ingin berbisnis kos-kosan, yang perlu Anda lakukan adalah “menyediakan kebutuhan mereka”. Sengaja kami tekankan kalimat tersebut agar Anda tidak lupa tujuan membangun kos-kosan tersebut. Hal ini dikarenakan banyak pebisnis kos yang mendesain kamar kos mereka sesuai dengan keinginan pemilik, dan jarang mempertimbangkan kebutuhan penyewa.

Untuk itu bagi Anda yang ingin membangun kos-kosan, pastikan untuk membuat perencanaan pembangunan kost serta memperhitungkan target pasar. Jika target pasar Anda adalah para mahasiswa atau anak kuliahan, pastikan untuk membangun kamar kos dan mendesain interiornya dengan properti yang sesuai.

Perilaku mahasiswa atau anak kuliahan bermacam-macam. Ada yang sangat suka berkegiatan di luar kost karena sibuk berorganisasi di kampus, ada juga yang sangat suka berdiam di kost dan melakukan berbagai kegiatan di dalamnya. Anda pasti bingung akan menggunakan patokan perilaku mahasiswa yang mana untuk mendesain kamar kost.

Kuncinya, ambil parameter yang ada di tengahnya. Sehingga kost yang Anda buat adalah yang membuat nyaman mahasiswa yang sering berkegiatan di luar kost maupun di dalam kost. Selain itu, buatlah kamar kost yang Anda sewakan menjadi lebih nyaman bagi semua kalangan mahasiswa.

Tips Design untuk Kamar Kost Anak Kuliahan serta Item Yang Direkomendasikan

Bagi Anda yang ingin membuat kamar kost yang nyaman untuk anak kuliahan, pastikan untuk terlebih dahulu melakukan riset di lingkungan sekitar. Buatlah kamar kost yang bisa menjadi unit kos paling baik di daerah tersebut. Berbagai kriteria kost terbaik yaitu sebagai berikut :

  • Harganya terjangkau
  • Desainnya sederhana
  • Menyediakan berbagai properti cukup lengkap
  • Fasilitas air dan listrik lancar
  • Lampu kamar kost yang cukup terang
  • Menyediakan ruang gerak yang cukup
  • Kebersihan sampah terjaga
  • Kamar mandi luar dan dalam yang steril
  • Keamanan lingkungan kost terjaga
  • Sistem pembayaran kost yang mudah

Jika kost Anda memenuhi berbagai kriteria tersebut, pasti kost Anda termasuk dalam salah satu kost paling diinginkan di lingkungan tersebut. Akan tetapi tetap saja jika desainnya masih kurang pas di hati, penyewa juga akan tidak betah menyewa kamar tersebut.

Lalu bagaimana tips design untuk kamar kost anak kuliahan agar praktis dan nyaman dihuni? Berikut ini kami berikan tipsnya:

1. Buat kamar yang cukup luas dan rapi

Anak kuliahan membutuhkan ruang gerak yang cukup luas, terutama ketika mereka sering mengundang teman untuk datang ke kamar kos untuk berbagai keperluan. Pastikan untuk membuat sebuah kamar yang cukup luas serta rapi. Pastikan tempat tidur dan berbagai properti lain sudah ada di dalamnya ketika calon penyewa melakukan survei lokasi.

Biasanya penempatan properti di dalam kost akan sangat mempengaruhi keleluasaan penyewa. Misalnya tempat tidur yang ditempatkan di pojokan kamar akan lebih nyaman dibandingkan dengan yang berada di tengah ruangan. Selain itu, kasur dengan ranjang akan lebih rapi dibandingkan dengan tempat tidur tanpa ranjang.

2. Sediakan meja dan kursi belajar

Para mahasiswa sangat membutuhkan meja dan kursi untuk keperluan belajar maupun bekerja freelance (bagi yang memiliki pekerjaan sampingan secara online). Nah, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menyediakan meja dan kursi belajar yang nyaman di kamar.

Meja serta kursi yang nyaman digunakan belajar pasti akan lebih membuat betah para penyewa. Alangkah baiknya jika Anda menempatkan properti yang seragam pada setiap kamar kos yang Anda miliki. Tidak perlu menyediakan meja yang terlalu mahal, asalkan meja serta kursi tersebut nyaman digunakan untuk proses belajar.

3. Sediakan lampu penerangan dan lampu belajar

Komponen lain yang merupakan bagian dari desain kamar kost default atau harus ada yaitu lampu penerangan maupun lampu belajar. Berikan lampu penerangan di kamar yang cukup terang bagi penyewa. Usahakan untuk menyediakan lampu sesuai dengan kebutuhan agar pengeluaran kost bisa lebih terkontrol.

Bagi Anda yang ingin menyediakan fasilitas ekstra bagi para penyewa kos yang berasal dari kalangan anak kuliahan, berikan lampu belajar di kamar mereka. Lampu belajar bermanfaat untuk membantu penyewa kost belajar ketika malam hari tanpa menyalakan lampu penerangan utama.

4. Tempatkan stop kontak cukup rendah

Tips design untuk kamar kost anak kuliahan selanjutnya yaitu tempatkan stop kontak dengan daerah jangkauan cukup rendah. Hindari pemasangan stop kontak dengan jarak cukup tinggi dari lantai. Nantinya pemasangan stop kontak yang cukup rendah dari tanah akan memudahkan penyewa ketika berkegiatan dengan perangkat elektronik mereka.

5. Sediakan tempat penyimpanan pakaian

Berikutnya, pastikan untuk menyediakan tempat penyimpanan pakaian untuk para penyewa kamar tersebut. Para mahasiswa atau penyewa kamar kost umumnya membawa banyak barang. Mereka akan membutuhkan tempat penyimpanan pakaian yang longgar agar bisa leluasa menata pakaian mereka di sana.

Biasanya kost terbaik akan menempatkan tempat penyimpanan barang dan pakaian yang terbuat dari kayu pada masing-masing kamar. Hal ini dilakukan agar menghemt biaya pengeluaran properti. Akan tetapi pastikan lemari pakaian yang Anda sediakan tersebut tidak mudah dimakan rayap.

Penutup

Itulah beberapa tips design kamar kost anak kuliahan yang bisa langsung Anda praktekkan di kehidupan sehari-hari. Yang pasti, jika Anda mendesain kamar kost untuk anak kuliahan seperti yang telah kami beritahukan di atas. Nantinya para penyewa kost akan betah berada di kost tersebut hingga masa kuliah mereka habis.

Jadi pastikan untuk mendesain kamar kost Anda yang diperuntukkan bagi anak kuliahan dengan desain dan items terbaik. Semoga bermanfaat!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?