fbpx
HomeProperti SyariahMengenal Perbedaan Bisnis Konvensional Dan Syariah Yuk!

Mengenal Perbedaan Bisnis Konvensional Dan Syariah Yuk!

Di negara kita, dikenal dua jenis bisnis yang biasanya dikembangkan oleh para pengusaha. Jenis bisnis tersebut yaitu bisnis konvensional dan bisnis syariah. Kedua jenis bisnis ini memiliki berbagai keunggulan masing-masing. Jika Anda ingin mengenali perbedaan bisnis konvensional dan syariah, artikel berikut ini akan sangat bagus untuk Anda.

Apa Itu Bisnis Konvensional Dan Syariah?

Sebutan bisnis konvensional dan bisnis syariah diberikan pada pelaku bisnis dengan sistem tersebut. Sistem bisnis konvensional mengacu pada sistem bisnis yang dijalankan dengan mitra instrumen perbankan non syariah atau perbankan konvensional. Jenis bisnis ini sangat banyak ditemukan di lingkungan sekitar kita.

Contoh nyata dari bisnis konvensional yaitu perusahaan yang mendapatkan suntikan dana dari perbankan konvensional. Singkatnya, hampir semua jenis sektor bisnis memiliki potensi untuk mendapatkan predikat bisnis konvensional jika mitra dan peraturan yang dijalankan di dalamnya tidak bernuansa Islami.

Berbeda dengan jenis bisnis syariah, yang menerapkan berbagai aturan dan kaidah agama Islam dalam proses bisnisnya. Biasanya bisnis syariah dijalankan oleh pebisnis yang beragama Islam, sehingga proses bisnis yang dilakukan bisa digunakan untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Anda yang ingin menjalankan bisnis yang berpeluang mendapatkan ridho cukup besar, pastikan untuk menggeluti bisnis syariah.

Apa Saja Perbedaan Bisnis Konvensional Dan Syariah?

Perbedaan bisnis konvensional dan syariah

Bisnis konvensional serta bisnis syariah lumayan mudah untuk dibedakan. Ada berbagai jenis perbedaan bisnis konvensional dan bisnis syariah terutama yang ada di Indonesia. Berikut ini berbagai perbedaan jenis bisnis konvensional dan syariah yang harus Anda tahu :

1. Modal Awal

Perbedaan yang pertama ada pada modal awal yang digunakan untuk bisnis tersebut. Modal awal untuk melaksanakan bisnis konvensional bisa diambil dari mana saja. Sedangkan modal awal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis syariah harus diambil dari sumber yang halal. Selain itu jenis bisnis syariah sebisa mungkin dilakukan dengan meminimalisir modal yang didapatkan dari hasil riba.

2. Pemahaman dan dasar bisnis

Perbedaan selanjutnya dari pemahaman pelaku bisnis. Pengusaha bisnis konvensional pada dasarnya memahami bahwa dirinya berhak melakukan apapun yang benar di mata manusia. Namun pelaku bisnis syariah menyadari konsekuensi dari hal tersebut. Sehingga mereka bertindak atas dasar Hadist dan Al-Qur’an, sehingga mereka menilai segalanya dari sudut pandang Allah SWT.

3. Sistem bisnis

Yang selanjutnya, sistem bisnis adalah salah satu perbedaan yang bisa ditemui dari kedua jenis bisnis ini. Sistem bisnis konvensional tidak dilakukan dengan akad tertentu, namun tetap banyak yang menggunakan surat perjanjian yang legal. Namun dalam pelaksanaan bisnis syariah, ada akad jika ingin melakukan transaksi tertentu.

4. Proses implementasi bisnis

Dalam proses implementasi bisnisnya, bisnis konvensional pada dasarnya dilakukan dengan mematuhi aturan yang benar menurut manusia. Sedangkan implementasi bisnis syariah dilakukan dengan melakukan hal yang benar menurut kaidah agama Islam.

5. Cara mendapatkan keuntungan

Perbedaan berikutnya, cara mendapatkan keuntungan yang dilakukan oleh pebisnis konvensional bisa dilakukan dengan mengambil bunga (untuk perbankan). Selain itu, bisa juga dilakukan dengan melakukan hal-hal yang menurut masyarakat Indonesia benar. Akan tetapi bisnis syariah mendapatkan keuntungan dengan cara bagi hasil.

Di Indonesia sendiri ada berbagai jenis bisnis yang bernuansa syariah dan dikembangkan oleh masyarakat. Dalam bisnis properti pun Anda bisa menerapkan kaidah Islam agar nantinya bisnis properti Anda disebut sebagai bisnis properti yang sesuai syariah. Keuntungan pelaksanaan bisnis ini tentu saja ada pada ridho Allah atas semua proses bisnis yang Anda lakukan. Semoga bermanfaat!

 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?