Tips Mengelola Bisnis Kos Kosan Saat Pandemi !

0
124

Pandemi Covid 19, seperti sekarang ini memang cukup memberikan dampak bagi berbagai macam sektor, salah satunya adalah sektor bisnis, dalam hal ini bisnis kos kosan. Anda yang mempunyai kosan di dekat kampus, kost karyawan dan yang lainnya, sedikit banyak terkena imbas dari kondisi yang saat ini terjadi. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar bisnis kos kosan saat pandemi bisa tetap berjalan, yaitu :

  1. Tetap melakukan promosi

Walaupun bisnis kos kosan saat pandemi terlihat lesu, namun tetap saja promosi atau iklan yang Anda lakukan untuk tempat kost yang dimiliki bisa jadi investasi menarik, di kemudian hari. Jadi ketika membaca iklan atau promosi tersebut, orang yang membutuhkan tempat kost akan ingat pada tempat kost yang Anda tawarkan.

Apalagi saat ini tidak semua tempat kost terkena imbas dari pandemi tersebut. Jadi dalam hal ini, Anda tetap dapat melakukan promosi, karena Anda tidak akan pernah tahu, kapan calon penghuni kost akan datang ke tempat Anda.

  1. Menggunakan media promosi yang tepat

Untuk melakukan promosi secara tepat, tentunya ada berbagai macam cara yang dapat Anda lakukan. Mulai dari :

  • Menggunakan referal member get member, maksudnya, ketika ada seorang member dari tempat kost Anda berhasil membawa orang lain, baik teman, saudara atau yang lainnya untuk tinggal di tempat kost Anda, maka member tersebut akan memperoleh beberapa keuntungan, baik itu berupa diskon harga kost, gratis kamar kost selama beberapa bulan, atau kentungan lainnya.
  • Memasarkan secara online, ini adalah salah satu yang cukup umum dilakukan belakangan ini. Kali ini Anda dapat memasarkan kamar kost yang dimiliki di salah satu sosial media, baik itu facebook, Instagram, Papi Kost, Twitter, atau yang lainnya.
  • Memasarkan secara offline, maksudnya Anda dapat membuat sebuah neon box, atau poster, atau kanopi yang mengungkapkan secara tidak langsung akan tempat kost Anda. jadi orang yang lewat ke tempat tersebut, tahu akan usaha tersebut.
  1. Memberikan diskon 

Untuk menarik minat para calon konsumen dalam hal ini penghuni kamar kost. Sebaiknya berikan diskon spesial, terutama untuk tempat kost yang sedikit terdampak pandemi, seperti tempat kost dekat dengan kampus, dekat dengan tempat wisata, dan yang lainnya.

  1. Memberikan layanan yang lebih baik 

Selain memberikan diskon, Anda juga sebaiknya menaikkan standar kenyamanan pada bisnis kost kostan tersebut. Hal ini dilakukan agar penghuni kost merasa nyaman, dan betah untuk tinggal di tempat tersebut. Bahkan akan lebih baik, jika berhasil membawa serta orang lain untuk tinggal di tempat kost Anda tersebut.

  1. Melakukan sosialisasi protokol kesehatan   

Satu hal yang penting, selalu gaungkan akan protokol kesehatan, dan selalu sediakan aneka perlengkapan protokol kesehatan di tempat kost Anda, mulai dari sabun tangan dan tempat mencuci tangan di teras depan, serta hal-hal lainya yang berhubungan dengan kebersihan. Agar para penguni kost atau orang dari luar kost tidak membawa atau tidak tertular virus tersebut.

Demikianlah beberapa tips penting yang harus diperhatikan dalam menjaga dan mengelola bisnis kos kosan saat pandemic seperti sekarang ini, yang harus Anda ketahui.