3 Tips Manajemen Rumah Kost Antirugi di Daerah Perkotaan

0
240

3 Tips Manajemen Rumah Kost Antirugi di Daerah Perkotaan

Bisnis rumah kost adalah jenis bisnis properti yang tak pernah lekang dimakan zaman. Sekalipun saat ini ada banyak sekali model bisnis lain yang berkembang, kost tetap menjadi salah satu model usaha yang tak akan pernah sepi dari peminat.

Selain karena jumlah permintaan pasar yang besar terhadap hunian kost, bisnis ini juga sangat menguntungkan karena tidak memerlukan modal besar dan relatif aman dari risiko kerugian. Harga jual propertinya pun stabil sehingga dapat dijual dengan harga tinggi secara cepat apabila Anda sedang memerlukan dana ekstra.

Salah satu tantangan dalam mengembangkan bisnis properti kost adalah soal pengelolaannya yang sedikit merepotkan. Tak hanya soal pengelolaan properti bangunan, kost juga membutuhkan pengelolaan yang baik dari segi manajemen keuangan serta pelayanan terhadap para penghuninya yang mencakup soal kebersihan, keamanan, dan kenyamanan lingkungan.

Apabila tidak dilakukan dengan teliti dan penuh perhitungan, hal-hal tersebut dapat menyulitkan Anda sebagai pemilik kosan secara finansial. Bukannya meraih untung, usaha kost Anda bisa jadi malah merugikan untuk diljalankan.

Untuk mencegah hal tersebut, berikut adalah 3 tips manajemen rumah kost antirugi yang dapat dipraktikkan, khususnya bagi Anda yang memiliki usaha rumah kost di daerah perkotaan:

  1. Tetapkan Biaya Operasional Bulanan

Membuat planning biaya operasional bulanan adalah langkah sangat efektif dalam memaksimalkan pengelolaan properti kost Anda. Melalui rencana yang detail dan menyeluruh, Anda dapat memprediksi secara kasar besaran biaya yang harus ditanggung setiap bulannya. Apabila dilakukan dengan benar, metode ini juga dapat digunakan untuk memprediksi pengeluaran dan penghasilan Anda setiap tahunnya lho!

Tanpa perencanaan biaya operasional yang jelas akan ada berbagai pengeluaran tidak penting yang lama kelamaan dapat mengurangi omzet bisnis rumah kost Anda.

  1. Jangan Ragu untuk Menaikkan Tarif Sewa Apabila Diperlukan

Tidak dapat dimungkiri saat ini harga berbagai kebutuhan primer mulai dari bahan makanan, bahan bakar, hingga listrik terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini secara langsung dapat mempengaruhi pengelolaan bisnis properti kost Anda dalam jangka panjang.

Untuk itu, jangan ragu untuk menaikkan tarif sewa bulanan atau tahunan apabila memang diperlukan. Mengingat lokasi properti Anda berada di daerah perkotaan, kenaikan tarif tahunan biasanya adalah hal yang wajar dan lumrah dilakukan oleh para pemilik properti.

  1. Buat Peraturan yang Jelas bagi Para Penghuni Kost

Sebagai elemen penting dari pengelolaan usaha properti kost, penghuni juga memiliki andil dalam hal manajemen rumah kost secara tidak langsung. Dengan membuat peraturan yang jelas Anda dapat memaksimalkan pengelolaan kost tanpa perlu membuang banyak biaya.

Sebagai contoh, Anda dapat membuat peraturan yang melarang penghuni kost tinggal lebih dari satu orang per kamar, atau bagi penghuni kost yang tinggal berdua/bersama dengan orang lain harus membayar sejumlah biaya tambahan yang disesuaikan dengan tarif sewa kost per tahun.

Kebijakan ini akan memberikan Anda keleluasaan dalam mengatur biaya operasional karena penambahan jumlah penghuni kost pastinya akan berpengaruh pada keseluruhan biaya yang Anda keluarkan.

Demikianlah 3 tips manajemen rumah kost antirugi di daerah perkotaan yang ampuh untuk dilakukan. Jika Anda tak mau repot mengurusi pengelolaan kost yang ribet, Anda dapat memanfaatkan jasa pengelola kost profesional melalui BLL Management.

Tak cuma menyediakan jasa pengelolaan kost yang ditangani oleh praktisi berpengalaman, BLL Management juga akan memastikan Anda meraup omzet setiap bulannya tanpa perlu bersusah payah mengurusi masalah manajemen seperti laporan keuangan atau penyediaan sumber daya manusia.