Apa Pentingnya Membayar Pajak Kos?

0
218

Seberapa Penting sih Membayar Pajak Kos? 

Dari situs pajak.go.id, bisa disimpulkan bahwa pajak adalah kontribusi wajib sebuah badan atau perorangan terhadap negara. Kontribusi ini bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, tanpa adanya imbalan secara langsung, melainkan untuk sebesar-besarnya kepentingan rakyat.

Bisa dikatakan bahwa manfaat pajak akan kembali pada diri kita melalui berbagai fasilitas umum seperti taman bermain, jalan raya, rumah sakit, dan lain-lain. Dengan begitu kesejahteraan akan semakin tinggi. Untuk itu, perlu ditanamkan dalam diri bahwa membayar pajak adalah bagian penting yang harus dilakukan sebagai warga negara.

Meskipun membayar pajak kos tergolong sederhana, namun hal ini sama pentingnya dengan jenis pajak yang lain. Membayar pajak kos adalah suatu kewajiban sebagai warga negara.

Untuk mengetahui seberapa pentingnya membayar pajak, berikut ini 5 kegiatan elementer yang dananya bersumber dari pajak:

Dana Subsidi

Dengan membayar pajak, secara tidak langsung Anda sudah membantu mengurangi beban mereka yang lebih membutuhkan bantuan pemerintah. Seperti subsidi kebutuhan pokok atau BBM yang sangat bermanfaat bagi banyak orang. Tanpa subsidi, harga kebutuhan pokok tidak mampu ditekan dan akan berdampak sangat besar bagi prekonomian dan masyarakat menengah ke bawah.

Dana Pemilu

Setiap kali penyelenggaraan pemilihan umum, Indonesia membutuhkan dana trilyunan. Seperti pada tahun 2014 silam, pemerintah menganggarkan dana sebesar 14 trilyun demi kesuksesan pemilu. Dengan membayar pajak kos, Anda turut andil menyukseskan pemilu dengan tujuan melahirkan pemimpin yang bertanggung jawab dan amanah.

Kelestarian Lingkungan hidup dan Budaya

Berkontribusi dalam melestarikan lingkungan hidup dan budaya dapat Anda lakukan dengan membayar pajak tepat waktu. Semakin banyak payak yang Anda bayarkan, maka penanganan terhadap kelestarian alam akan lebih cepat karena dana yang tersedia cukup besar.

Pengembangan Fasilitas Umum dan Infrastruktur

Fasilitas umum dan infrastruktur seperti jalan, jembatan, rumah sakit, perkantoran, gedung pemerintahan, lampu penerangan jalan, dan lain-lain dibangun dengan menggunakan dana pajak yang Anda setor ke pemerintah. Jadi semakin rajin membayar pajak, secara langsung akan menjamin fasilitas umum dapat terpenuhi dengan baik. Dampaknya sangat besar bagi perkembangan perekonomian daerah.

Pengembangan Transportasi Umum

Salah satu upaya penanganan masalah kemacetan adalah dengan menciptakan transportasi umum yang aman dan nyaman. Untuk turut berkontribusi, Anda diwajibkan membayar pajak. Hanya dengan menyisihkan sedikit saja dari keuntungan, Anda akan merasakan manfaat yang besar bagi perkembangan daerah, khususnya di sektor transportasi.

Membayar pajak kos dampaknya sangat besar, bukan hanya untuk Anda tetapi juga negara dan setiap elemen di dalamnya. Jadi Ingatlah bahwa pajak itu penting bagi Negara dan semua elemen didalamnya. Pajak semata-mata diperuntukkan untuk kepentingan masyarakat dan bersama. Maka taatilah peraturan pembayaran pajak dan menjadi warga negara yang baik yang memajukan masyarakat lewat konstribusi bersama yaitu pajak.

Dengan berbagai penjelasan tersebut, apa Anda masih bertanya seberapa penting membayar pajak kos? Sudah jelas jawabannya sangat penting, karena banyak sekali manfaat dari dana pajak yang bahkan saat ini sudah kita rasakan. Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk segera membayar pajak.