Beli Kost Second Atau Bangun Dari Nol

0
26
Bisnis persiapan pensiunan

Bisnis kos yang semakin diminati dari hari ke hari memang sangat menarik untuk dibahas. Selain karena bisa mendatangkan passive income, bisnis kos juga bisa dijual lagi nantinya ketika Anda sedang benar-benar membutuhkan uang. Pertanyaannya, jika kita memiliki sejumlah dana, apakah lebih baik beli kost second (bekas) atau yang benar-benar membangun dari nol?

Kedua hal tersebut cenderung membingungkan memang bagi para pebisnis kos pemula. Ada berbagai pertimbangan yang harus dilakukan, dan Anda tidak boleh sembarang memilih. Untuk itu, Anda perlu berbagai pertimbangan seperti berikut.

Pertimbangan Sebelum Membeli Atau Bangun Kos

Strategi investasi properti

Membeli kost second atau membangun sejak awal memang memiliki persamaan, terutama dalam hal keuangan. Jika Anda memang memiliki uang sejumlah 1 milyar, memang mudah untuk membeli kost second secara langsung. Berbeda halnya jika Anda belum punya modalnya, Anda perlu memperhatikan berbagai tips seperti yang akan kami berikan di bawah ini.

Berikut ini berbagai perhitungan dan analisis yang harus dilakukan sebelum membeli kost second atau membangun kost sejak awal :

1. Kapasitas keuangan Anda

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi keuangan Anda. Kapasitas keuangan bisa menjadi patokan berapa Anda harus mengeluarkan biaya per bulan setelah pendapatan dikurangi oleh kewajiban-kewajiban bulanan. Jika kapasitas keuangan Anda kecil, sesuaikan juga dengan pengeluaran yang harus dilakukan untuk membeli / membangun kos tersebut.

2. DP / uang muka

Selanjutnya, yang harus diperhatikan adalah masalah DP atau uang muka. Ketika Anda sudah memiliki modal, pastinya proses beli kos second atau membangun yang baru sedari awal bisa menjadi lebih mudah. Akan tetapi jika Anda belum punya modal, pertimbangkan untuk menabung atau meminjam modal dari pihak yang sangat terpercaya. Sesuaikan pula hutang tersebut sesuai dengan kapasitas keuangan Anda.

3. Nilai properti

Selanjutnya, ada nilai properti yang harus diperhitungkan sebelum Anda membeli atau membuat kos-kosan sedari awal. Nilai properti tersebut harus diseimbangkan dengan pendapatan yang Anda miliki.

Nah, khusus untuk Anda yang ingin membangun kos sejak awal pun ada berbagai hal yang pelru dipertimbangkan. Berikut ini berbagai hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda ingin membangun kos sejak awal :

1. Lingkungan sekitar

Ketika Anda ingin membangun kos-kosan, Anda akan membangun sebuah bisnis yang akan bisa dilihat oleh orang-orang di lingkungan tersebut. Jika Anda membangun kos tanpa ijin dari kepala desa atau warga sekitar, tentu saja hal itu akan menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk itu, Anda harus satu persatu menghubungi lingkungan sekitar terkait pembangunan kos agar nantinya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

2. Estimasi waktu

Jika sudah dapat ijin, pastinya Anda membutuhkan estimasi waktu pembangunan agar nantinya proses bangun kos tidak terus menerus mengganggu warga. Estimasi waktu tersebut harus dirembug dengan pihak kontraktor yang Anda sewa nantinya. Untuk bisa membangun kos dengan waktu cepat, akan dibutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak. Akan tetapi nantinya hal ini juga membutuhkan biaya yang banyak pula.

3. Estimasi biaya

Masalah biaya sudah kita singgung berkali-kali, adalah sebagai salah satu aspek penting pembangunan kost maupun pembelian kost second. Nah, estimasi biaya dan cadangan biaya harus dihitung sejak dini agar nantinya jika ada rencana yang meleset, Anda masih bisa merampungkan proses bangun kos tersebut hingga selesai.

Dengan memperhatikan berbagai aspek tersebut, tentunya proses membangun kos baru atau membeli kost second bisa berjalan dengan lebih lancar. Jika Anda butuh konsultasi lebih lanjut, segera hubungi pihak kami melalui komunitas KSI atau situs www.yukbisniskost.com. Semoga bermanfaat!