Siap Beli Dan Investasi Properti Kos

0
26
Investasi properti kost

Seiring dengan berjalannya waktu, properti kos menjadi salah satu objek bisnis yang digemari oleh kaum milenial. Banyak orang yang ingin membeli atau menginvestasikan uangnya untuk properti kos, akan tetapi masih memiliki berbagai kelemahan dalam prosesnya. Akibatnya, dalam proses membeli atau menginvestasikan dana tersebut, seseorang bisa mengalami kerugian.

Inilah pentingnya mengenali berbagai penyebab kegagalan serta tips ampuh untuk investasi properti agar nantinya bisa mendatangkan keuntungan bagi para pebisnis. Pada artikel ini, akan kami singgung beberapa hal yang menyebabkan seseorang cepat gagal ketika berinvestasi serta tips ampuh untuk sukses berinvestasi properti.

Mengenali penyebab kegagalan ketika berinvestasi

Berinvestasi apapun itu, pasti akan gagal jika Anda tidak memiliki rencana keuangan yang baik di masa depan. Hidup akan percuma ketika digunakan untuk bekerja dan menghabiskan uangnya ketika telah mendapatkan untung, bukannya malah berinvestasi. Selain itu, orang yang telah merencanakan pengeluarannya pun juga belum tentu bisa sukses berinvestasi.

Karena dalam berinvestasi, hasil hanya akan diperoleh jika Anda mau berusaha untuk mewujudkannya dengan cara-cara tertentu. Anda tidak bisa hanya duduk berdiam diri jika ingin mendatangkan keuntungan besar. Dan tentu saja dalam proses prakteknya tersebut Anda tidak bisa asal aksi karena hal itu bisa mendatangkan kerugian.

Nyatanya, orang yang bisa menggabungkan poin mindset, skill, dan juga action-lah yang bisa meraih kesuksesan. Dengan kata lain, orang dengan pola pikir yang benar, kemampuan yang mumpuni, serta keberanian bertindak-lah yang nantinya bisa survive dalam berinvestasi apapun itu, termasuk investasi bisnis kos-kosan.

Lalu Bagaimana Agar Kita Cepat Siap Berinvestasi Properti Kos?

Strategi investasi properti

Bisnis kos-kosan memang sangat diminati karena bisa mendatangkan cashflow besar, mengingat kos adalah tempat penginapan yang sangat diperlukan oleh para perantau. Jenis bisnis yang satu ini memang juga dianggap bisa mendatangkan passive income dalam jumlah besar walaupun kita tidak memiliki pendapatan lain.

Untuk bisa dikatakan sebagai seorang pebisnis kos, seseorang harus bermental baja dan berkeinginan kuat. Karena nyatanya bisnis kos-kosan tidak semudah yang Anda perkirakan. Harus ada usaha nyata untuk menjalankan dan mengelola sistemasi kos tersebut agar nantinya Anda bisa berkuasa penuh terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Untuk bisa menjadi seorang Kostpreneur (pebisnis kos), Anda harus menghentikan beberapa mindset yang salah dari bisnis properti ini. Beberapa mindset yang keliru tersebut diantaranya adalah :

  • Punya ilmu pasti bisa aksi : karena belum tentu ketika seseorang memiliki wawasan luas terhadap bisnis ini, mereka juga bisa melakukan aksi mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi terhadap bisnis kos-kosan mereka.
  • Sistem menabung lalu beli properti : yang tidak sepenuhnya salah, akan tetapi tentu saja hal ini kurang efektif. Hal ini dikarenakan seiring berjalannya waktu, ketika Anda sibuk menabung, harga properti yang Anda targetkan bisa saja semakin naik.

Nah, untuk mengantisipasi berbagai hal-hal yang tidak diinginkan, kami merangkum beberapa poin penting sukses berbisnis kos yang didapat dari video sumber milik owner KSI :

1. Pahami kesalahan umum investasi properti

Ketika berinvestasi properti, tentu saja ada beberapa kesalahan yang dianggap sepele oleh para investor pemula atau yang sudah senior sekaligus. Kesalahan tersebut jika dibiarkan begitu saja bisa membuat rugi investor itu sendiri. Sehingga penting bagi Anda mengenali berbagai kesalahan tersebut, sebagai berikut :

  • Terlalu senang ketika bisa membeli properti dengan harga murah, terutama harganya jauh berada dari rentang harga pasaran. Padahal selalu ada alasan mengapa sebuah properti kos dijual dengan harga murah, bisa jadi karena kosnya tidak
  • Tidak menganalisis data ketika ingin berinvestasi kos, termasuk menghimpun data tentang properti yang akan diinvestasikan. Dalam kata lain, seseorang ingin berinvestasi namun ia masih “buta” terhadap kondisi sebenarnya di masyarakat.
  • Tidak membangun sistem kost sendiri, sehingga dirinya mudah tertipu oleh lingkungan di sekitarnya. Contohnya, tertipu oleh orang yang dipercaya untuk menjaga kos tersebut, atau tertipu oleh pihak operator kost.
  • Fokus pada konsep properti tanpa modal dan cepat ingin mendapatkan kekayaan. Padahal semua jenis bisnis memerlukan modal, terutama bisnis kos yang memerlukan modal yang tak sedikit.

2. Perhatikan masalah strategi pemasaran

Tips berikutnya, cobalah untuk memperhatikan masalah strategi pemasaran kos. Proses pemasaran kos ini harus memperhatikan berbagai hal, contohnya target pasar, metode promosi yang dilakukan, hingga perlu tidaknya bekerjasama dengan operator kost. Dengan begitu, bisnis kos yang Anda miliki nanti bisa dikenal oleh orang-orang di sekitar Anda.

3. Fokus belajar bisnis kos

Tips terakhir, Anda harus banyak belajar dari para ahlinya yang telah sukses berinvestasi properti selama bertahun-tahun. Dengan belajar ilmu investasi bidang properti dari ahlinya, Anda akan bisa praktek berinvestasi properti tanpa harus salah langkah terlebih dahulu.

Anda yang ingin serius berbisnis investasi properti, akan sangat disarankan untuk bergabung dengan KSI atau komunitas di situs yukbisniskost.com agar nantinya bisa memperoleh wawasan luas terkait bisnis ini. Semoga bermanfaat!